Umbul Sigedang, pemandian alam yang menyegarkan di Klaten - WisataHits
wisatahits

Umbul Sigedang, pemandian alam yang menyegarkan di Klaten

Umbul Sigedang adalahn atraksi berupa mandi hidup di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kejernihan Air Kolam renang alami ini kondusif untuk permainan air dan berenang di area yang teduh dan suasana yang tenang.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Umbul Sigedang merupakan salah satu destinasi wisata di Klaten. Konon, tempat ini merupakan tempat mandi para putri kerajaan. Air di wisata ini sangat jernih dan bersih, jauh dari pencemaran oleh limbah dan bahan kimia lainnya. Oleh karena itu mendapat julukan kolam air mineral.

Sebelum menjadi tempat wisata hits seperti sekarang ini, Umbul Sigedang merupakan tempat pemandian warga sekitar. Hingga hari ketika banyak yang mengunggah panorama indah mereka di jejaring sosial. Sejak itu, wisata ini memiliki banyak pengunjung yang datang. Meski tempatnya relatif sempit, Anda tetap bisa berwisata dengan nyaman.

Selain airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah dan beragam. Baik dari segi flora maupun faunanya. Dari segi flora, tempat ini memiliki pepohonan hijau yang rindang dan bisa dijadikan tempat berteduh, seperti pohon beringin. Fauna ikan berenang luar biasa.

Daya Tarik Umbul Sigedang

Atraksi Umbul SigedangKredit gambar: Google Maps Joel nova

1. Memiliki air yang sangat jernih

Umbul Sigedang memiliki air yang sangat jernih dan bersih meskipun sering dibuat untuk mandi. Meski jernih, air tersebut dimanfaatkan sebagai air mineral oleh salah satu perusahaan ternama di daerah tersebut. Jadi saat mandi di sana akan terasa seperti mandi menggunakan banyak air.

Jadi, air di tempat ini sangat sejuk dan bisa membuat Anda merasa bugar dan segar kembali. Oleh karena itu, ketika Anda berlibur di tempat ini, Anda harus bisa menjaga kebersihannya. Misalnya, jika Anda mencuci rambut, jangan membuang sampo plastik ke dalam kolam agar tetap alami dan bersih.

2. Pemandangan ikan yang menenangkan

Tempat ini juga memiliki ikan yang berenang dengan indah. Mereka juga tampak betah berenang di sana karena airnya sangat bersih dan jernih. Biasanya ikan ini bersembunyi di bawah bebatuan di dasar Umbul.

Ada beberapa penelitian yang mengatakan menonton ikan berenang bisa menghilangkan stres. Jadi sangat cocok untuk kamu yang sedang berlibur setelah lelah bekerja atau mungkin berlibur bersama teman sekelas setelah ujian.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berenang bersama ikan-ikan ini. Anda juga bisa bermain petak umpet dengan ikan ini, karena terkadang mereka bersembunyi di bawah bebatuan di dasar Umbul. Agar anda lebih santai selama liburan di tempat wisata di Umbul Sigedang ini.

Namun, ikan di lokasi ini tidak boleh terpancing atau diganggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan menjadi nilai tambah bagi pemandian Sigedang ini.

3. Mitos yang menarik

Seperti tempat alam lainnya, tempat ini juga memiliki mitos. Pemandian atau Umbul ini konon merupakan pemandian yang digunakan oleh putri kerajaan. Tak heran jika pemandian ini selalu bersih meski sering digunakan untuk mandi.

Bahkan sangat bersih sehingga tidak ada awan. Selain itu, pemandangannya juga asri dan rindang. Tak heran jika Princess Royal sangat betah berendam di pemandian Umbul ini.

4. Pemandangan alam yang indah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat ini memiliki panorama yang sangat menawan. Pepohonan rindang tumbuh indah di kawasan Umbul Sigedang. Pepohonan ini juga membuat suasana tenang, segar dan asri. Kealamian yang terjaga dengan baik membuat pepohonan tumbuh subur dan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai tempat berteduh.

Terutama beringin yang tumbuh di sana. Akar-akar yang berada di pinggir umbul sangat indah dan asri. Sehingga akarnya sering dijadikan sebagai background spot foto pengunjung. Tempat ini juga menjadi salah satu spot foto terpopuler di media sosial. Anda tidak ingin melewatkan tren ini bukan?

Alamat dan Arah Lokasi Umbul Sigedang

Alamat Umbul SigedangKredit gambar: Google Maps Umbul Sigedang-Kapilaler

Pemandian alami ini terletak di perbatasan antara Solo dan Yogyakarta. Namun lebih detailnya, tempat ini berada di Dusun Umbulsari, di Desa Ponggok. Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten di Provinsi Jawa Tengah.

Akses wisata ketika tiba di desa ini hanya bisa dilakukan dengan sepeda motor dan mobil. Karena jalan ini kecil. Jika Anda ingin berolahraga, Anda juga bisa berjalan kaki.

Namun demikian, tempat ini memiliki kelangkaan yang cukup. Jadi anda bisa menggunakan smart phone anda terutama untuk Google Maps untuk mengetahui arah mana yang harus anda tuju ke destinasi wisata Umbul Sigedang.

Adapun rute menuju tempat ini harus terlebih dahulu berada di sebelah barat jalan raya Solo – Jogja. Jaraknya sekitar 6 km. Namun, jika Anda dari Boyolali bagian barat, lanjutkan ke Tulung dan kemudian Ponggok. Untuk Boyolali bagian utara, ke Janti kemudian lanjutkan ke Cokro.

Sesampainya di Cokro, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir yaitu Ponggok. Sedangkan untuk arah timur dari Solo tinggal melanjutkan ke Delanggu. Setelah itu Anda bisa menuju ke selatan dan melewati Yogyakarta, kemudian ke Klaten terus ke Karanganom dan terakhir Ponggok.

Harga tiket masuk dan jam buka Umbul Sigedang Klaten

Tiket Spanduk SigedangKredit gambar: Google Maps Umbul Sigedang-Kapilaler

Pemandian Sigedang menarik tiket masuk yang sangat terjangkau untuk semua orang. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Dengan harga tersebut, Anda bisa menikmati keindahan kolam alami ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Namun, ini tidak termasuk toilet dan biaya parkir. Jadi untuk menggunakan toilet Anda dikenakan biaya sebesar Rp 2000. Sedangkan biaya parkir dikenakan sesuai kendaraan anda, biasanya kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 per motor, untuk roda empat Rp 5.000 per mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pemandian Sigedang

Aktivitas di Umbul SigedangKredit gambar: Google Maps sapto nugroho

1. Bermain air dan berenang

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam yang indah ini tentu saja berenang. Air jernih Umbul yang merupakan produk dari air mineral ini seperti berenang di galon yang dikelilingi oleh tanaman yang indah.

Apalagi jika Anda snorkeling di dasar Umbul, pasti akan membuat Anda takjub dengan bebatuan yang disembunyikan oleh ikan. Tapi jangan khawatir jika Anda tidak bisa berenang. Anda juga bisa berendam di pinggiran Umbul atau menggunakan ban. Karena di tempat ini juga menawarkan persewaan ban untuk berenang.

2. Perburuan foto yang menarik

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para milenial saat traveling saat ini adalah hunting foto. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka berfoto. Karena ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu temukan.

Diantaranya adalah pohon beringin yang bentuknya seperti gua. Pohon itu terbentuk secara alami dan menjadi spot foto paling ikonik. Anda akan merasakan suasana alam walaupun hanya melihat melalui foto.

Apalagi jika Anda berfoto sambil berenang. Pasti akan terlihat memukau karena berpadu dengan jernihnya air Umbul Sigedang yang membuatnya terlihat biru.

Tak hanya itu, kamu juga bisa berfoto bersama ikan-ikan di bawah panji, lho. Anda tidak perlu khawatir dengan gambar yang buram, karena airnya tidak keruh walaupun sedang hujan. Sangat unik bukan?

Tetapi Anda perlu menyiapkan kamera tahan air atau case tahan air untuk ponsel Anda. Jangan lupa kacamata renang untuk menyelam di Umbul.

3. Bersantai dan menikmati pemandangan

Umbul Sigedang juga memiliki fasilitas untuk relaksasi. yaitu banyak belvedere. Anda akan dapat menikmati kesegaran alam di sekitar pemandian. Ini juga merupakan alternatif bagi Anda yang tidak suka berenang.

Ada solusi lain bagi Anda yang tidak suka berenang tapi ingin bisa bersantai. yaitu tangga yang berfungsi untuk menuju air umbul. Anda dapat menggunakan tangga sebagai tempat duduk kemudian meletakkan kaki Anda di kolam renang. Anda juga akan merasakan sejuknya air Umbul Sigedang.

Fasilitas yang tersedia di Umbul Sigedang Klaten

Fasilitas Umbul SigedangKredit gambar: Google Maps Wisnu Harjianto

Destinasi wisata yang satu ini sudah memiliki fasilitas yang memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Fasilitas tersebut antara lain toilet, ruang flushing, tempat parkir, mushola, dan ruang ganti. Sangat komprehensif bukan? Anda juga tidak perlu khawatir jika sudah waktunya sholat atau ingin berganti pakaian setelah bermain air di sini.

Biasanya setelah berenang, perut akan terasa lapar, karena energinya berkurang karena olahraga yang telah dilakukan. Tak perlu bingung, tempat ini juga memiliki warung dengan menu yang berbeda-beda. Makanan ringan dan berat.

Ada gazebo untuk Anda duduk dan beristirahat sambil makan. Selain itu, di tempat wisata Umbul Sigedang juga terdapat persewaan tikar untuk anda duduk-duduk dan beristirahat. Siapa tahu gazebonya sudah penuh dengan pengunjung lain, sehingga karpet menjadi alternatif lain untuk beristirahat.

Umbul Sigedang di Klaten memang sangat populer dan harga tiketnya sangat terjangkau. Apalagi fasilitasnya juga memadai dan cukup lengkap untuk berwisata di tepi pantai. Flora dan fauna yang menambah keindahan panorama wisata ini. Dengan cara ini, tempat ini cukup cocok untuk liburan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button