Pulau Sambu Batam - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Sambu Batam – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Sambu terkenal sebagai pulau penyulingan minyak di Batam yang menarik untuk dijelajahi pesonanya. Pulau kecil di dekat Singapura ini menawarkan berbagai aktivitas seru dan fasilitas wisata terbaik.

Biaya kunjungan: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjungsari, Kec. Di belakang Padang, kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Batam merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam pantai yang indah dan pasti siap untuk dikunjungi. Di Batam juga banyak terdapat pulau-pulau kecil yang ramah bagi pengunjung dan menarik untuk dikunjungi, walaupun terkadang pulau tersebut belum terkenal karena akses menuju tempat-tempat tersebut sulit.

Salah satunya adalah Pulau Sambu. Pulau ini merupakan bagian dari gugusan pulau di kepulauan Riau. Hanya ini yang berbeda, pulau ini pasti memiliki daya tarik yang berbeda dengan pulau lainnya. Pulau-pulau lain memiliki wisata bahari yang indah dan membuat pengunjung ingin mengunjunginya, namun cukup berbeda dengan daya tarik pulau ini.

Di antara sekian banyak pulau kecil di sekitar wilayah Batam, pulau ini merupakan pulau yang sangat bersejarah. Karena Pulau Sambu digunakan sebagai tangki penyimpanan minyak buatan perusahaan minyak Royal Dutch Shell dari tahun 1927.

Atraksi Pulau Sambu

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau SambuKredit gambar: Google Maps Hendra Gunawan

Banyak penduduk Pulau Sambu yang pindah dan tidak lagi tinggal di pulau yang sudah tidak berfungsi lagi. Pulau ini dulunya merupakan lokasi kilang minyak, kini sudah tidak beroperasi lagi dan menyisakan banyak bangunan dan rumah kosong yang berarsitektur Melayu.

1. Lokasi strategis

Batam merupakan salah satu kota yang memiliki letak strategis karena Batam terletak di jalur pelayaran internasional. Kota yang memiliki luas 3.990 km2 ini bisa dilihat bahwa tempat ini memiliki pelabuhan internasional terbanyak di Indonesia.

Beberapa di antaranya Pelabuhan Ferry Harbour Bay, Sekupang International, Batam Center, Noangsa Pura, International Waterfront. Menariknya, pelabuhan ini juga menawarkan fasilitas bebas visa bagi pengunjung dari beberapa negara.

2. Bangunan kosong yang indah

Tidak hanya rumah-rumah peninggalan penduduk, pulau ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti masjid, bioskop, gedung secajar, pagoda selamat datang, losmen bahkan kantor pos di pulau dari Sambu. Dari masjid juga menawarkan pemandangan yang sangat bagus karena terletak di dataran tinggi.

Bangunan juga yang membuat pengunjung tertarik untuk mengunjunginya. Meski tidak ada penghuninya, namun gaya dan desain bangunannya sangat memikat sebagian pengunjung. Dari atas pulau ini Anda juga bisa melihat kapal-kapal yang datang dari Singapura karena jaraknya yang dekat.

Alamat, lokasi, rute dan perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Sambu

Alamat Pulau SambuKredit Gambar: Google Maps The Ray Official

Pulau Sambu terletak di seberang Batam, tepatnya di utara Sekupang. Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus naik perahu motor atau biasa disebut pemenggalan kepala dari pelabuhan Sekupang. Lokasi Pelabuhan Sekupang tepat sebelum pintu masuk Terminal Feri Internasional, dan Anda belok kiri untuk menuju pelabuhan.

Biaya untuk mendaki mutiara ini untuk sampai ke pulau ini adalah 15.000 rupee (tahun 2016) dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke sana. Sebelum masuk untuk melihat-lihat area pulau ini, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak keamanan di sana.

Anda bisa mengunjungi Pulau Sambu tanpa tiket masuk yang biasanya gratis. Karena di pulau ini tidak ada yang menjual tiket masuk ke pulau ini. Anda juga bisa mengunjungi tempat ini tanpa harus khawatir dengan jam buka dan tutupnya. Karena tidak ada batasan waktu untuk datang ke pulau ini. Pulau yang menawarkan nilai sejarah dan arsitektur yang bagus tanpa biaya masuk ke sana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sambu

Aktivitas Menarik di Pulau Sambu BatamKredit gambar: Google Maps Abdul Rafik

1. Jelajahi Rumah Kosong

Di Pulau Sambu, banyak rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya pada tahun 1990-an akibat ditutupnya operasi kilang minyak. Banyak penduduk pulau pindah ke Batam dan meninggalkan gedung.

2. Mengunjungi Masjid Al-Muhajirin

Bisa dikatakan suasana di Pulau Sambu sangat tenang dan tentram akibat hiruk pikuk aktivitas manusia. Sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur ke suatu tempat yang aman, damai dan tenang. Anda dapat mengunjungi masjid yang kokoh dan terawat di pulau itu, masjid tersebut bernama Masjid Al-Muhajirin.

3. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Di pinggir jalan pantai hanya ada deretan rumah kayu terlantar dan terbengkalai. Namun, pantai di Pulau Sambu masih cukup bersih dan indah karena tidak ada sampah yang dibuang ke laut.

Dan juga kita bisa melihat dari jauh keadaan Singapura yang sangat jelas karena dekat dengan pulau ini. Jalan-jalan di pantai yang memiliki suasana asri ditemani semilir angin laut yang berhembus dan mendengarkan suara ombak laut yang tenang membuat liburan Anda semakin sempurna.

4. Ambil foto untuk kenangan

Di Pulau Sambu banyak terdapat bangunan yang memiliki gaya arsitektur melayu yang sangat cocok untuk kamu jadikan spot foto yang keren dan juga instagramable. Di pulau ini, dengan banyak rumah dan bangunan kosong, tidak membuat kesan menakutkan, melainkan dijadikan spot foto unik oleh pengunjung.

5. Petik mangga

Anda tidak diperbolehkan memetik mangga sembarangan di Pulau Sambu, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari petugas yang sedang bertugas saat itu di pulau ini. Di pulau yang indah ini memang banyak buah mangga yang bergelantungan di tanah, yang tidak tahu milik siapa. Karena itu, agen akan memberi Anda izin untuk memetik mangga di sana.

Akomodasi Murah Terdekat ke Pulau Penyulingan Minyak

Akomodasi di Sambu di pulau BatamKredit gambar: Google Maps Abdul Rafik

1. KTM Resort Batam

Resor santai ini terletak di tepi Selat Singapura, sekitar 3 km dari Terminal Feri Internasional Sekupang. Tempat ini memiliki suasana yang tenang dan damai, cocok untuk anda yang menyukai ketenangan. Dan juga KTM Resort Batam ini memiliki hamparan tanaman yang hijau dan tanaman yang siap menyambut Anda.

Fasilitas KTM Resort Batam sangat lengkap. Di sini terdapat spa, Wi-Fi gratis, kolam renang luar ruangan, restoran, bar, resepsionis 24 jam, pusat bisnis, kamar ber-AC, parkir luas dan gratis, layanan kamar dan akses mudah ke pantai.

2. Hotel Gloris

Hotel berbintang tiga ini memiliki harga yang cukup murah namun nyaman untuk menginap sementara Anda. Hotel ini terletak di Kompleks Pusat Kota Nagoya, Blok I No. 8, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Hotel Gloris ini memiliki fasilitas yang cukup baik untuk harga hotel yang relatif murah. Hotel ini ramah anak, selain itu hotel ini memiliki kamar ber-AC, serta resepsionis 24 jam.

3. Holiday Inn Resort Batam

Holiday Inn Resort Batam adalah hotel bintang 4 yang terletak di dekat Pulau Sambu. Hotel ini memiliki suasana yang sejuk dan damai karena tempatnya yang cukup luas dan juga jarang orang yang menginap disini karena harganya yang agak mahal. Tapi walaupun harganya mahal, hotel ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Fasilitas di hotel ini meliputi parkir gratis yang cukup luas, kolam renang, spa, Wi-Fi gratis, restoran, bar, layanan kamar, lapangan golf, resepsionis 24 jam, layanan kamar, layanan binatu mandiri, layanan pramutamu, kolam renang luar ruangan dan dalam ruangan kolam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sambu Batam

Fasilitas Pulau Sambu BatamKredit gambar: Google Maps Budi Surya Nugraha

Pulau Sambu saat ini masih memiliki penduduk yang tinggal di sana. Meski berjumlah lebih dari 200 orang, sebagai pengunjung Anda tetap bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di kawasan pulau tersebut. Di sini ada tempat makan yang sudah disediakan oleh warga.

Di Pulau Sambu, masih ada masjid yang berfungsi dengan baik untuk Anda beribadah atau sekedar istirahat sejenak. Nanti juga akan ada rumah-rumah penduduk yang akan membantu Anda karena tidak semuanya ditinggalkan pemiliknya untuk pindah ke tempat lain. Ada juga ATM yang masih berfungsi dan digunakan dengan baik.

Bagi Anda yang menyukai traveller atau petualangan dan suka menjelajah sejarah, masukkan Pulau Sambu sebagai pulau yang akan Anda kunjungi nanti. Karena disini banyak sekali sejarah dan keindahan yang bisa anda jelajahi sehingga bisa menambah pengetahuan anda tentang sejarah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button