Ternyata itulah manfaat Sirup Daun Miana, sebuah inovasi untuk mahasiswa UNS - WisataHits
Jawa Tengah

Ternyata itulah manfaat Sirup Daun Miana, sebuah inovasi untuk mahasiswa UNS

KARANGANYAR, Suaramerdeka-solo.com – Tidak banyak yang mengetahui manfaat daun miana, selain digunakan sebagai tanaman hias.

Meskipun Daun Miana memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun baik untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat daun miana bagi kesehatan adalah mengandung sifat antibakteri yang dapat mengatasi beberapa gangguan pencernaan.

Berangkat dari hal tersebut, tim Program Hibah Belajar Kampus Mandiri (MBKM) D-3 Program Studi (Prodi) Agribisnis Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan pelatihan pembuatan minuman fungsional kaya manfaat daun miana tersebut.

Baca juga: FA turun tangan selidiki insiden rasisme kapten Liverpool Jordan Henderson terhadap Gabriel Magalhaes

Menurut ketua tim Fakhrul Fathoni, pelatihan bertajuk “Miana Merah Muda Sebagai Minuman Fungsional Menjadi Produk Unggul Daerah di Desa Puntukrejo” ini bertujuan untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di desa.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan juga berkontribusi dalam pembangunan negara. Untuk melaksanakan kegiatan ini, Tim Program Hibah D-3 Agribisnis MBKM SV UNS bekerjasama dengan Program S-1 Farmasi Sekolah Tinggi Kesehatan Nasional (STIKES),” tambah Fakhrul.

Baca Juga: Irjen Pol Polda Jatim Nico Afinta Dipenjara Kapolri, Pasca Tragedi Kanjuruhan?

Tim program beasiswa MBKM yang terdiri dari Carisma Intan Pratiwi, Dila Rochmawati, Dora Azzahra Fajrina, Farhan Fadilla Akbar, Firman Djalaludin, Fortuna Reza Ardila, Niko Dias Septa Pratama, Ruben Hafeezsyifa Adzakya dan Trisya Kusuma Mukti, melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan oleh Lawu Segar, desa Puntukrejo.

Pemilihan lokasi ini dilatarbelakangi oleh The Lawu Fresh sebagai destinasi wisata. Tempat tersebut membutuhkan inovasi baru yang menjadi ciri khas dan menarik wisatawan.

Baca Juga: Cari Gas Air Mata Kadaluarsa Tragedi Kanjuruhan, TGIPF: Cedera!

Hal ini dikarenakan kabupaten Ngargoyoso memiliki banyak destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Tanaman hias khususnya miana menjadi ciri khas The Lawu Segar. Tanaman miana yang dibudidayakan di The Lawu Fresh memiliki banyak varietas.

Source: solo.suaramerdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button