133 kilometer dari pantai selatan Yogyakarta dipagari oleh hutan bakau - WisataHits
Yogyakarta

133 kilometer dari pantai selatan Yogyakarta dipagari oleh hutan bakau

TEMPO.CO, Yogyakarta – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DLHK) menargetkan seluruh pantai di wilayah itu dapat dilindungi dengan mangrove. Total garis pantai di DIY membentang 113 kilometer melintasi tiga kabupaten, yakni 71 kilometer untuk Gunungkidul, 25 kilometer untuk Bantul, dan 17 kilometer untuk Kulon Progo.

“Keberadaan mangrove ini dimaksudkan untuk melestarikan dan mengembalikan keanekaragaman hayati ekosistem pesisir,” kata Ketua DLHK DIY Kuncoro Cahyo Aji saat penanaman mangrove di kawasan hutan mangrove Pengklik, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa 13 Desember 2022.

Di hutan bakau Pengklik dan Baros, Bantul, target penanaman seluas 22,7 hektar. “Saat ini penanaman mangrove di Pengklik seluas enam hektare yang ditanam di sepanjang bibir pantai Pengklik-Samas, total ada sekitar 5.000 mangrove di sana,” kata Kuncoro.

Tumbuhan mangrove yang dipilih ada dua jenis yaitu Rhizophora dan sunratia Ini merupakan tumbuhan endemik di kawasan Pantai Pengklik-Samas Kabupaten Bantul.

Permaisuri Raja Keraton Sri Sultan Hamengku Buwono X Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, mangrove merupakan ekosistem dengan ciri dan bentuk unik yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat pesisir. “Ekosistem mangrove bisa menjadi tambahan pendapatan pemerintah melalui perdagangan karbon, seperti pesan pada KTT G-20 lalu,” katanya.

Hemas mengatakan mangrove juga menjadi isu utama karena menyerap karbon, melindungi tanah dan mencegah abrasi laut. “Kami berharap sisa kawasan pesisir yang belum ditanami mangrove tetap lestari, sehingga pesisir selatan juga memiliki hutan mangrove yang khas,” ujarnya.

Baca juga: Kemacetan kerap menjadi penyebab Malioboro, padahal pedagang kaki limanya bersih

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button