Tahun ini tujuh ruas jalan di Klaten akan diperbaiki - WisataHits
Jawa Tengah

Tahun ini tujuh ruas jalan di Klaten akan diperbaiki

Tahun ini tujuh ruas jalan di Klaten akan diperbaiki

RADARSOLO.ID – Tujuh ruas jalan di Kabupaten Klaten akan diperbaiki tahun ini. Salah satunya adalah jalur yang cukup penting di kawasan lereng Gunung Merapi.

“Ada tujuh ruas jalan yang sedang kami perbaiki. Dari penyiraman sampai pengaspalan,” kata Klaten Suryanto, Senin (23/5).

Suryanto menjelaskan tujuh ruas tersebut meliputi Jalan Gatak-Grojogan, Kecamatan Bayat; ruas jalan Samben-Sidowarno, Tegalan-Karangwungu; dan Jalan Mpu Sedah di Kabupaten Klaten Selatan. Juga peningkatan jalan di kawasan Kaliwuluh-Deles, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang dan Ngemplakseneng-Panggang, Kabupaten Kemalang.

“Ada empat ruas yang pembangunan jalannya dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Selain itu, ada upaya perbaikan jalan yang diberikan Bantuan Keuangan (Bankue) ke Provinsi Jawa Tengah, yakni Jatirajek-Surowono, Desa Tangkil, Kabupaten Kemalang,” tandasnya.

Suryanto menambahkan, di luar jalur yang disepakati dengan PT Jogjasolo Marga Makmur selaku unit usaha tol Solo Jogja, terkait jalur yang dilewati truk timbunan material tanah, akan diperbaiki dengan program pemeliharaan jalan.

“Selain perbaikan jalan, ada juga pemeliharaan jalan. Perbaikan diperlukan agar kondisi jalan tetap baik dan berfungsi optimal. Ada 30 ruas jalan yang menjadi target pemeliharaan jalan ini,” kata Suryanto.

Saat ini dokumen pengadaan untuk perluasan jalan sedang disiapkan. Ia berharap lelang sudah bisa dimulai pada akhir bulan ini. Setidaknya untuk melakukan kegiatan yang dilakukan menjelang lebaran. Juga di sektor DPU-PR Bina Marga sendiri ada total anggaran sekitar Rp 70 miliar tahun ini.

Perbaikan Jalan Kaliwuluh-Deles merupakan kelanjutan dari perbaikan jalan menuju objek wisata Deles Indah di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Sampai tahun sebelumnya, pemerintah kabupaten telah melakukan perbaikan jalan hingga 1,5 kilometer (km). Mulai dari pinggir pondok pesantren Paku Buwono X hingga jalanan sekitar kantor desa Sidorejo.

“Kami berharap perbaikan jalan dapat dilakukan di seluruh ruas jalan kabupaten di Desa Sidorejo. Toh masih ada 3,5 km yang kondisi jalannya rusak parah,” ujar Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidorejo Sajino.

Diakuinya, perbaikan jalan dengan pengerjaan beton sepanjang 1,5 km berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Deles Indah. Dengan demikian, kelanjutan pembangunan jalan di daerah yang lebih rendah dapat dilakukan untuk mendukung perekonomian masyarakat di lereng Merapi. (ren/adi/dam)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button