Waduk Nglangon, pesona waduk tertua di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Waduk Nglangon, pesona waduk tertua di Indonesia

Waduk Nglangon bukan sekadar bendungan yang dirancang untuk menjaga suplai air untuk pertanian. Di sisi lain, hal tersebut menunjukkan bahwa waduk tersebut memiliki potensi wisata dan dimensi sejarah.

Waduk Nglangon bisa menjadi pilihan yang baik untuk wisata keluarga di akhir pekan. Karena tempat wisata ini murah, tapi tidak murahan juga. Bahkan ada banyak spot selfie yang instagramable.

Dan perlu diketahui bahwa Kabupaten Grobogan atau yang juga dikenal dengan Purwodadi memiliki banyak waduk atau bendungan dan merupakan tempat wisata yang populer.

waduk bersejarahwaduk bersejarah. Google Maps. Sumber: Randy Stay

Pada artikel sebelumnya penulis mengulas tentang Waduk Kedung Ombo dengan berbagai fasilitas wisatanya. Dan sekarang kita lanjutkan dengan mengulas Wisata di Waduk Nglangon Grobogan. Yuk lihat ratingnya!

Lihat juga: Taman Embun Bening Kedung Ombo

Lokasi Waduk Nglangon

Mungkin sebagian besar pembaca setia nativeindonesia.com masih bingung dimana letak waduk Nglangon? Lokasi Waduk Nglangon berada di alamat Desa Nglangon, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Jalan menuju Waduk Nglangon Grobogan dapat diakses oleh kendaraan roda 2 atau 4 menuju tempat parkir utama.

Jika Anda berangkat dari Alun – A;un Grobogan atau Alun – Alun Purwodadi, jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan mobil.

tengara waduk nglangontengara waduk nglangon. Google Maps. sumber: edy ismanto

Tiket masuk Waduk Nglangon

Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan, berwisata ke Waduk Nglangon bisa disebut wisata keluarga murah. Karena tiket masuknya hanya seharga Rp 5.000.

Namun, beberapa wahana, terutama wahana air, dikenakan biaya. Biayanya juga sangat murah, rata-rata sekitar Rp 5.000.

Lihat juga: Air Terjun Gulingan

Jam buka Waduk Nglangon

Wisata Waduk Nglangon Grobogan buka dari pagi hingga sore hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

Fasilitas di Waduk Nglangon

Adapun fasilitas wisata di Waduk Nglangon atau sering disebut dengan Nglanong Grobogan Green Forest adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Fitur tamasya,
  • duduk nyaman,
  • Kapal,
  • Beberapa spot selfie.

lanskap waduklanskap waduk. Google Maps. Sumber: Gonnie’s 7881

lihat juga: bledug kuwu

Daya tarik Waduk Nglangon

1. Wisata keluarga murah

Perlu diketahui bahwa saat ketinggian air sedang tinggi, kunjungan ke Waduk Nglangon direkomendasikan bagi wisatawan. Karena saat musim kemarau mengurangi pencemaran air.

Selain itu, Anda tidak dapat berlayar di perairan Waduk Nglangon saat air surut. Di sisi lain, pada saat air pasang pengunjung dapat menjelajahi waduk dan berfoto selfie.

Pinggiran Waduk Nglangon juga sangat nyaman dan luas untuk sekedar menikmati secangkir kopi dan melepas penat dari penatnya pekerjaan.

2. Waduk tertua dan pertama di Indonesia

menikmati matahari terbenammenikmati matahari terbenam. Google Maps. Sumber: Joko Purnomo

Lihat juga: Ganesha tidur Banjarejo

Waduk Nglangon dipercaya sebagai waduk pertama yang dibangun di Indonesia. Waduk atau bendungan ini dibangun pada masa Hindia Belanda.

Pembangunan Waduk Nglangon Grobogan memakan waktu sekitar 5 tahun. Tepatnya pertama kali dibangun antara tahun 1911 dan 1914.

Waduk Nglangon memiliki luas tangkapan sekitar 2,7 kilometer persegi dan volume sekitar 1.093.000. Sebelum Waduk Nglangon memiliki fungsi wisata, fungsi utamanya adalah untuk menjaga kestabilan air di sekitar areal pertanian.

Penambahan fungsi wisata di Waduk Nglangon ditegaskan dengan penyediaan fasilitas wisata yang nyaman, termasuk wahana wisata air.

Setelah beberapa kali renovasi dan penambahan fasilitas, Waduk Nglangon diresmikan pada tahun 2019 sebagai destinasi wisata populer di Grobogan.

rekreasi murahrekreasi murah. Google Maps. Sumber: Jelajahi Saksenenge

Lihat juga: Air Terjun Widuri

3. Jalan bersejarah

Terlepas dari segala kontroversi yang berkembang, Waduk Nglangon ternyata menjadi saksi bisu pembantaian tapol PKI, menurut beberapa sumber.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button