Ruas jalan di Jawa Barat diratakan jelang Natal dan Tahun Baru - WisataHits
Jawa Barat

Ruas jalan di Jawa Barat diratakan jelang Natal dan Tahun Baru

Bandung: Pemprov Jabar terus meningkatkan kemantapan jalan provinsi akhir tahun ini. Hal itu juga dilakukan sebagai dorongan untuk meningkatkan lalu lintas kendaraan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pihaknya akan menuntaskan penutupan jalan alternatif Nataru yang berlubang dan jalur wisata di jalan provinsi di Jawa Barat.

“Termasuk 184 ruas jalan untuk jalur wisata,” kata Bambang di Bandung, Jumat, 16 Desember 2022.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 27 jalur dan 114 jalan provinsi di Jabar yang berpotensi untuk dijadikan jalur Natal dan Tahun Baru.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Menurut dia, hingga 14 Desember 2018 tercatat 1.100 lubang di ruas jalan itu, termasuk 739 di Jalur Alternatif Nataru.

Teridentifikasi 361 jalan berlubang di Jalur Wisata yang memiliki 184 ruas jalan, beberapa di antaranya berpotongan antara jalur mudik alternatif Nataru dan jalur wisata. Total ada 1.100 lubang dengan cara ini.

“Jadi itu yang harus kita selesaikan, dengan target 21 Desember tidak boleh ada lubang,” ujarnya.

Bambang menegaskan, efisiensi kerja harus tinggi meski dalam kondisi cuaca ekstrim. “Jangan sampai menimbulkan ketidaknyamanan di jalan,” jelasnya.

Bambang mengatakan, pihaknya telah menyusun jalur alternatif untuk hari raya Nataru di tiga zona, yakni lalu lintas utara, tengah, dan selatan. Potensi wisata terbagi menjadi lima klaster yaitu Klaster Bopuncur, Sukabumi Raya, Bandung Raya, Jawa Barat Daya dan Klaster Cirebon Raya.

Bambang menambahkan, Dinas BMPR Jabar juga menyiapkan 43 posko di 114 jalan provinsi dan 22 posko alat berat selama libur Nataru 2022/2023, yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk memperlancar libur Nataru.

“Pos pos-pos tersebut kita pilih berdasarkan risiko atau potensi kemacetan atau bencana, yang kemudian dijadikan variabel. Alat berat sudah kita siapkan di beberapa tempat, antara lain Garut di Talegong, daerah Sukabumi di Palangpang Ciletuh, sedang kita siapkan,” ujarnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News medcom.id

(GUA)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button