Tiket dan Kegiatan KIRAM PARK Banjar - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Kegiatan KIRAM PARK Banjar

Tiket dan Kegiatan KIRAM PARK Banjar

Harga tiket masuk Kiram Park : Rp 5.000. Jam buka: 07:00 – 18:00. Nomor Telepon: 0812 5511 1771. Alamat: Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70852.

Taman Kiram merupakan tempat wisata alam dengan pemandangan perbukitan yang indah sebagai latar utamanya. Diambil dari nama desa tempat kunjungan tersebut berada, taman wisata alam ini mencakup wilayah yang cukup luas. Di sini wisatawan disuguhkan suasana khas pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar.

Harga Tiket Masuk Kiram Park

Biaya masuk
Tiket masuk Rp5.000
Tiket kendaraan
Sepeda motor Rp5.000
Mobil Rp 10.000
bus Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana New Borneo Banjar Amanah Park

Jam buka

Jam buka
Jam operasional Pak. 07.00 – 18.00

Ragam aktivitas wisata di Kiram Park Banjar

Taman wisata alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Banyak wisatawan datang dengan mobil pribadi atau dengan bus bersama rombongan.

Panorama alam menjadi sajian utama para wisatawan yang berlibur di destinasi ini. Keadaan kawasan yang masih terjaga memungkinkan terwujudnya berbagai kegiatan wisata di tempat ini.

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Banjar

Taman Kiram dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan

Selamat datang di Kiram tertulis besar di atas bukit‘Welcome to Kiram’ tertulis besar di antara tumbuh-tumbuhan di lereng bukit – Foto: Instagram/elsakemala

Perkembangan Kiram memungkinkan daerah-daerah yang dulu terisolasi kini dapat diakses dengan mudah. Menuju lokasi, wisatawan akan melewati infrastruktur jalan yang dibangun dengan kualitas. Rambu-rambu penunjuk jalan dibuat seperti jalan nasional dan pusat kota.

Baca: Wisata Situ Mustika yang Sejuk dan Indah

Di kiri dan kanan wisatawan akan melihat pemandangan Green Ridge. Suasana khas pegunungan sudah menyambut wisatawan bahkan sebelum sampai ke tempat wisata tersebut. Mendekati destinasi, wisatawan bisa melihat sebuah landmark bertuliskan “Welcome to Kiram” di antara perbukitan hijau.

Masuk ke area Taman Gubernur

Gerbang masuk Kiram Park BanjarGerbang masuk taman dihiasi ornamen daerah – Foto: Instagram/tonyloman

Sesampainya di objek wisata, Anda bisa melihat ornamen khas daerah di sepanjang pintu masuk. Kawasan ini juga ditata dengan baik dan tertata dengan dua jalur untuk kendaraan penumpang. Destinasi ini memiliki tempat parkir mobil yang luas yang mampu menampung hingga ratusan kendaraan.

Taman Kiram sering disebut Taman Gubernur karena memiliki tangan dingin Sahbirin Noor. Gubernur Kalimantan Selatan, lebih dikenal dengan sebutan Paman Birin. Kiram Park menawarkan daya tarik keindahan alam dengan dukungan berbagai sarana dan prasarana.

Bersantai dalam suasana pegunungan

Kiram Park sepertinya memang dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berlibur ke sini. Lokasinya memiliki banyak tempat bersantai yang bisa dilihat saat wisatawan memasuki lokasi.

Dari pendopo besar hingga ruang pertemuan besar, strukturnya terbuat dari kayu alami. Gazebo-gazebo yang juga terbuat dari kayu ini tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya bagi wisatawan.

Jelajahi taman dengan kolam renang

Sebuah kolam jernih yang berada di tamanSuasana tenang kolam renang tersedia untuk tempat berkumpulnya wisatawan – Foto: Instagram/khalil_rahman1493

Desain taman dilengkapi dengan adanya area taman dengan kolam. Di sisi kolam terdapat tangga sebagai tempat duduk bagi wisatawan. Suasana tempat ini tenang dan sejuk, jauh dari kebisingan dan polusi udara.

Lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para wisatawan. Di area taman juga terdapat gazebo-gazebo dimana wisatawan bisa berteduh dan beristirahat.

Panorama Taman Kiram dari atas bukit

Panorama dari puncak gunungSajikan pemandangan alam hutan dan pegunungan dari puncak Kiram Park – Foto: GoogleMaps/Sany Sofyan

Wisatawan dapat mendaki ke bagian tertinggi dari taman rekreasi alam ini untuk mengagumi panorama. Destinasi ini memanjakan wisatawan dengan pesona pemandangan alam yang terlihat dari atas. Dikelilingi pegunungan, tempat wisata ini memiliki keindahan alam dataran tinggi.

Di bagian ini terdapat paviliun terbuka yang dibangun dari kayu ulin. Lokasi di atas bukit memang direncanakan untuk menikmati panorama. Dari tempat ini, wisatawan bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan hutan yang luas.

Udaranya segar dengan ruang hijau yang asri dan begitu alami. Wisatawan dapat melihat puncak Gunung Mawar dengan sungai-sungai yang mengelilinginya. Terkadang kabut halus turun menutupi pegunungan di sekitarnya, menciptakan suasana magis tersendiri.

Replika perahu Nuh

Sorotan dari perjalanan perahuUjung ‘Kapal Nuh’ Jadi Spot Foto Favorit Wisatawan – Foto: Instagram/miftaharjuhana1

Dibangun di puncak gunung yang lebih tinggi, Taman Kiram memiliki replika kapal. Karena bentuk dan letaknya, tempat menarik ini disebut ‘Kapal Nuh’.

Ujung replika kapal ini menjadi spot favorit wisatawan untuk duduk dan menikmati pemandangan. Dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan dan hutan hijau, tempat ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berswafoto.

Renang

Sebagai tempat wisata keluarga, taman ini merupakan destinasi ramah anak. Wisatawan bisa mengajak anak-anak berenang di kolam yang nyaman. Berada di kawasan wisata, kolam ini juga memiliki air mancur layaknya air terjun mini.

bermain di sungai

Bermain di anak sungai Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan - nitajafraa_Bermain di anak sungai yang mengalir di area taman membawa kesejukan bagi wisatawan – Foto: Instagram/nitajafraa_

Sungai dan sungai mengalir di sekitar kawasan bukit Kiram. Wisatawan juga bisa bermain di aliran anak sungai yang melintasi destinasi wisata ini. Berasal dari mata air alami, air sungai yang jernih dan bersih begitu sejuk dan menyegarkan.

Arung jeram bambu

Potensi alam Kiram juga menawarkan wisata sungai yang bisa ditunggangi wisatawan arung jeram bambu. Selama kurang lebih 45 menit perjalanan, wisatawan dipersilakan mengarungi Sungai Kiram dengan bambu.

Arung jeram bambu di Sungai Kiram memberikan pengalaman petualangan yang menarik dan menantang bagi wisatawan. Sepanjang jalan, wisatawan dimanjakan dengan pesona alam yang memukau, termasuk Gunung Pamathon.

taman kelinci

taman kelinci Taman kelinci merupakan tempat edukasi, khususnya bagi wisatawan yang datang bersama anak-anak – Foto: Instagram/khusnull_30

Taman Kelinci memeriahkan wahana-wahana yang tersedia, khususnya bagi wisatawan yang membawa anak-anak. Wisatawan bisa masuk ke kawasan ini untuk bermain dengan kelinci-kelinci lucu. Bagi anak-anak, bermain dengan kelinci merupakan sarana edukasi untuk mengenal mereka dan menjaga kelangsungan hidup mereka.

olahraga

Kawasan wisata ini memiliki area berumput yang cukup luas di lereng perbukitan. Lokasi ini dapat digunakan wisatawan untuk berbagai kegiatan umum atau kegiatan olahraga.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah berlatih memanah. Lokasi ini juga bisa digunakan untuk kegiatan keluarpelatihan penguatan mental, serta pertemuan komunitas.

Naik sepeda gunung

Berbagai wahana terus dikembangkan oleh pihak pengelola. Mengelilingi area taman wisata dan menikmati keindahan pemandangannya, wisatawan bisa bersepeda gunung. Anak-anak pun bisa merasakan keseruan berkendara ditemani orang tua atau keluarga.

Acara

Kiram Park sering menjadi ajang berbagai event provinsi, nasional bahkan internasional. Sebagai grand final pemilihan gadis pariwisata di Kalimantan Selatan dan pencanangan Geopark Nasional Pegunungan Meratus. Kontes durian Kalimantan Selatan telah diadakan yang mengundang wisatawan untuk makan durian secara gratis.

Jenis wisata olahraga juga digelar sekaligus untuk memamerkan keindahan destinasi Kiram Park. Judul event bersepeda X-Treme Kiram merupakan bagian dari rangkaian Kiram Festival. Acara olahraga tahunan Almatsay legenda saudara dihadiri ribuan orang pengendara.

Tak kalah menarik, berbagai judul acara tingkat internasional juga terjadi. Sebagai om naik hard enduro kalimantan selatan Yang mana acara Mobil sport. Tempat diseminasi seni dan budaya nusantara dan mancanegara digelar Festival Seni Kalimantan Selatan.

Menginaplah di area Kiram Park

Penginapan Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan - Ayu Ana Inayah InayahAkomodasi di Kiram Park adalah tipe villa dan dibangun dari kayu alami – Foto: GoogleMaps/Ayu Ana Inayah Inayah

Menikmati suasana khas pegunungan, wisatawan bisa bermalam di sekitar kawasan wisata. Wisatawan dapat menginap di tempat penginapan berupa vila.

Ada beberapa vila besar dan puluhan vila kecil namun tetap nyaman. Bangunan tempat hostel ini berada terbuat dari kayu alami, termasuk lantainya. Lokasinya di pinggir padang rumput dengan suasana nyaman, bersih dan tenang.

Fasilitas Taman Kiram

Kawasan Wisata Taman Kiram merupakan wisata taman hutan dan bukit dengan fasilitas yang elegan. Tersedia tempat parkir yang luas dengan akses jalan yang nyaman.

Daerah ini juga memiliki musala bambu terbuka. Diambil dari Pegunungan Meratus, bambu langka ini memberikan kesan unik dan artistik.

Lokasi dan akses menuju wisata Kiram Park

Destinasi wisata alam perbukitan ini terletak di Desa Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan 70852. Obyek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Dibutuhkan kurang dari satu jam perjalanan dari kota Banjarbaru. Akses jalan cukup nyaman dan mulus sehingga memudahkan wisatawan yang datang berlibur.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button