Situ Lembang Park, destinasi liburan keluarga seru di Jakarta - WisataHits
wisatahits

Situ Lembang Park, destinasi liburan keluarga seru di Jakarta

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Terusan Lembang No. D-59, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Taman Situ Lembang merupakan tempat yang dibangun untuk menciptakan lingkungan yang aman dari pemanasan global. Destinasi menawan ini dilengkapi dengan pohon asam, anggrek, herba dan masih banyak lagi. Taman ini selalu terlihat ramai di akhir pekan karena banyak wisatawan yang melakukan aktivitas di sana.

Danau yang berada di tengah taman dan dilengkapi dengan air mancur juga menjadi ciri khas wisata alam ini. Situ Park memang dibangun di atas lahan yang luas dikelilingi pesona alam yang memukau. Bahkan, tempat rekreasi tersebut menjadi salah satu penyedia oksigen di Jakarta Pusat.

Bagi wisatawan, tidak perlu khawatir kelaparan karena ada banyak makanan tradisional yang dijual. Anda juga bisa membawa perlengkapan piknik sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan di area taman.

Atraksi Taman Situ Lembang

Atraksi Taman Situ LembangKredit gambar: Twitter Selamat menikmati Jakarta

1. Dekat danau

Taman Situ Lembang memang cukup dekat dengan salah satu danau. Pelanggan sering melihat air yang tenang saat bersantai di taman. Bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan dan ingin bersantai saat liburan, Anda bisa mengunjungi wisata alam ini. Keindahan taman dan danau yang hijau pasti akan membuat tubuh lebih rileks saat bersantai di sana.

Pemandangan danau juga sering dijadikan lokasi hunting foto. Keindahan alam yang masih alami ini patut untuk dilestarikan. Selain itu, tidak semua taman memiliki aliran danau yang luas seperti di destinasi Situ Lembang. Pengunjung wajib datang ke sini jika ingin mencari suasana asri dengan potret danau.

2. Tanaman peneduh

Taman tentunya memiliki keindahan tanaman di setiap sudutnya yang tersebar merata. Tumbuhan di kawasan Taman Situ Lembang dikenal masih hijau dan segar. Bahkan wisatawan yang berkunjung bisa memilih duduk di kursi yang langsung menghadap ke danau. Anda bisa merasakan angin sepoi-sepoi yang berasal dari tanaman segar di sekitar, wisatawan juga bisa berkeliling untuk melihat tanaman.

Hamparan rerumputan hijau di taman masih terlihat terawat dengan baik. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat berbagai jenis bunga. Pepohonan yang rimbun bertebaran di tepi danau dan menjadi tempat berteduh yang paling nyaman. Pengunjung tidak salah pilih jika berlibur di taman karena bisa menghirup udara segar.

3. Taman bermain

Taman Situ Lembang menawarkan taman bermain yang dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Pengelola menyediakan ayunan, jungkat-jungkit dan perosotan. Taman bermain ini sengaja ditata agar siapapun yang berlibur tidak bosan. Padahal, biasanya banyak traveler yang sengaja pergi ke taman bermain untuk hunting foto.

Wisatawan yang lelah juga bisa istirahat sejenak bermain ayunan. Udara segar pasti segar saat Anda bersantai dan bermain. Lapangan bermain sering mengalami perbaikan jika ada yang tampak rusak. Bagi yang membawa anak-anak bisa ke sana agar merasa lebih nyaman menikmati suasana taman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Situ LembangKredit gambar: Google Maps Gabreil Arganata

Situ Lembang Park terletak di Jalan Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Destinasi cantik ini hadir di tengah kota sebagai salah satu ikon penghasil udara segar. Letaknya yang sangat strategis dan berada di pinggir jalan raya tentu memudahkan tugas setiap pengemudi. Wisatawan dapat mengendarai sepeda motor, mobil atau hanya menyewa transportasi umum.

Wisatawan dari Jakarta Pusat tidak perlu khawatir tersesat. Juga, waktu perjalanan dari kota hanya 15 menit dan ada banyak papan petunjuk. Pengunjung bisa langsung menuju Jalan Medan Merdeka Selatan lalu langsung menuju Jalan Imam Bonjol. Anda dapat menemukan Jalan Taman Suropati dan di sana Anda dapat melihat Jalan Syamsu Rizal.

Setelah beberapa menit, Anda dapat menemukan lokasi Taman Situ. Wisatawan akan senang karena perjalanannya tidak terlalu sulit, apalagi aspalnya sudah terlihat bagus. Bagi pelanggan yang berasal dari luar Jakarta dapat menyewa trip atau berkendara sambil melihat navigasi. Jangan khawatir, ada banyak rute yang bisa menuju ke taman.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Taman Situ LembangKredit gambar: Google Maps

Taman Situ Lembang buka setiap hari dari pagi hingga sore hari karena tidak ada batasan jam berkunjung. Wisatawan yang penat dengan padatnya aktivitas bisa berhenti sejenak di Taman sambil menghirup udara segar. Tenang, masuk ke kawasan wisata populer ini selalu gratis untuk umum. Tidak ada harga tiket dengan tarif tertentu.

Rekreasi di tempat wisata ini juga membuat sebagian orang senang karena bisa berbelanja. Tarif keliling kota dengan gerobak mulai dari Rp 10.000 saja. Lalu tempat bermainnya selalu gratis, tidak perlu budget besar saat liburan. Sedangkan biaya mancingnya juga gratis dan ikan yang didapat bisa dibawa pulang.

Wisatawan yang ingin memanjakan perut bisa membeli makanan dari warung atau mengunjungi pedagang kaki lima. Makanan yang ditawarkan hanya Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per porsi. Kemudian parkir kendaraan roda dua biasanya perlu membayar Rp 2000. Tapi untuk pengemudi bus dan mobil, mereka bisa menyiapkan anggaran Rp 5.000 untuk parkir.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Situ Park

Aktivitas Menarik Situ ParkKredit Gambar: Google Maps aysha wicaksono

1. Piknik di taman

Suasana sejuk yang mudah didapatkan oleh semua orang ketika datang ke Taman Situ Lembang ini cukup cocok untuk menikmati piknik. Hidangan yang dibawa pengunjung bisa dicicipi dengan menggelar tikar. Piknik ini membuat liburan semakin menyenangkan.

2. Memancing

Situ Park dikelilingi oleh danau yang indah. Memancing di area danau sudah menjadi hobi bagi sebagian orang saat berkunjung ke taman yang indah ini. Selain itu, di danau tersebut terdapat ikan lele dan ikan nila. Setelah memancing, Anda bisa memasak ikan atau membawa pulang hasil tangkapan.

3. Mainkan

Taman bermain sudah tersedia, mulai dari ayunan, perosotan hingga jungkat-jungkit. Tempat bermainnya tidak begitu jauh dari area taman. Orang tua yang membawa anak kecil dapat mengunjungi taman bermain. Bahkan para tamu bisa bersantai sambil menikmati permainan.

4. Mengambil gambar

Kegiatan menarik di Situ ParkKredit gambar: Google Maps Fahroji 1989

Keindahan Situ Park yang mempesona bisa dijadikan sebagai background foto. Memotret segala keindahan destinasi alam ini membuat kunjungan semakin seru. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di danau atau air mancur yang ada di taman tersebut. Keindahan alam pasti membuat foto terlihat seperti lukisan yang begitu menawan.

5. Joging

Jika Anda suka berolahraga di pagi hari, Anda bisa jogging di taman. Tenang, area jogging track sudah terlihat luas bagi siapa saja yang ingin jalan-jalan santai. Tanaman yang rindang dengan semilir angin yang sepoi-sepoi tentu tidak membuat lelah jogging. Bahkan wisatawan dapat mengundang teman atau keluarga untuk berolahraga pagi.

6. Duduk santai

Taman Situ Lembang memiliki banyak tempat duduk. Duduk santai menyaksikan air mancur di tengah danau pasti menyenangkan. Meski taman ini cukup dekat dengan jalan raya, namun kawasan ini tetap memiliki suasana yang tenang. Pengunjung yang bersantai di pagi atau sore hari juga bisa mendengar kicauan burung.

7. Berbelanja di sekitar

Wisatawan yang berkunjung ke Situ Park biasanya senang berjalan-jalan. Anda bisa menjelajahi destinasi dengan berjalan kaki untuk menghirup udara segar. Selain itu, para tamu juga bisa naik kereta untuk membuat perjalanan keliling taman lebih seru. Kegiatan ini sudah tidak jarang dilakukan, apalagi lahan yang dibangun untuk pariwisata cukup luas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Lembang SituKredit Gambar: Google Maps si bos

Taman Situ Lembang memiliki berbagai fasilitas penunjang yang bisa dipilih wisatawan saat melakukan aktivitas liburan. Kamar mandi yang disediakan pengelola cukup terawat karena terlihat begitu bersih. Tempat ibadah seperti mushola menghadap wisata alam ini. Pos jaga itu bersebelahan dengan pintu masuk yang bisa ditemukan di seberangnya.

Kursi-kursi yang nyaman telah tersebar merata di seluruh sudut taman. Pelanggan yang ingin melihat danau dan air mancur bisa duduk di kursi. Ada banyak tempat sampah di sekitar tujuan utama ini untuk melindungi lingkungan. Penjual makanan mudah ditemukan, bahkan warung menyediakan tempat yang nyaman dengan kursi dan meja.

Taman ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas dan memadai. Tidak hanya mobil dan sepeda motor yang bisa diparkir, bus juga diperbolehkan parkir di halaman. Area memancing dan area piknik tampaknya telah disiapkan. Kemudian area bermain anak bisa digunakan oleh siapa saja yang berkunjung agar tidak bosan.

Taman Situ Lembang memang tempat yang ideal untuk wisatawan keluarga. Pepohonan, hamparan rumput dan bunga tentu akan memudahkan setiap traveler untuk mendapatkan udara segar. Selain itu, Anda juga bisa bermain sesuka hati di taman. Pengunjung bisa mengajak kerabat dekat untuk bermain dan berfoto di area tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button