Pulau wisata Lakkang, wisata bahari eksotik yang sarat sejarah di Makassar - WisataHits
wisatahits

Pulau wisata Lakkang, wisata bahari eksotik yang sarat sejarah di Makassar

Pulau wisata Lakkang, wisata bahari eksotik yang sarat sejarah di Makassar
Biaya kunjungan: Bebas, Jam operasional: 07.00-18.00 WITA, Alamat: Lakkang, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau wisata Lakkang merupakan sebuah pulau yang berada di pusat kota Makassar, pulau ini berada di kecamatan Tallo. Keberadaannya terkesan tersembunyi karena diapit oleh 3 sungai sekaligus, yakni Kali Pampang, Kali Tallo, dan Kali Unhas. Ketiga sungai inilah yang membuat pulau ini tidak terlihat dan jarang orang yang tahu tentang pulau ini.

Jika Anda seorang pecinta alam dan menyukai hal-hal bersejarah ketika datang ke Makassar, Anda tidak boleh melewatkan mengunjungi pulau ini. Untuk menuju ke sini, Anda bisa menggunakan jalur air dari berbagai dermaga di dekat pulau ini.

Di pulau wisata Lakkang biasa digunakan untuk memancing oleh masyarakat. Selain itu anda juga bisa melihat pemandangan pulau yang didominasi bambu ini, masyarakat pulau ini biasa membuat kerajinan tangan dari bambu yang nantinya akan mereka jual. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pulau ini secara detail, jadi simak yuk!

Objek wisata Pulau Lakkang

Atraksi milik Lakkang Tourist IslandKredit gambar: Google Maps Abdul Muis

Pulau Lakkang memiliki pesona tersendiri yang membedakannya dengan objek wisata lainnya,

1. Wisata sejarah

Desa ini memiliki banyak daya tarik, salah satunya desa wisata yang unik. Di sini Anda bisa belajar cara membuat kerajinan dari bambu. Selain itu, terdapat 3 bunker Jepang yang dikuburkan yang digunakan untuk kepentingan tentara Jepang pada masa perang dan juga sebagai tempat pelarian.

2. Keindahan Pulau Lakkang masih terjaga

Letaknya yang berada di delta sungai Tallo dan Pampang membuatnya semakin unik karena pulau ini konon terbentuk dari segmentasi sungai selama ratusan tahun, dan yang menarik lagi keindahan dan keasrian pulau ini masih terjaga. padahal di tengah kota.

3. Memiliki keunikan tersendiri

Selain itu, daya tarik utama pulau cantik ini adalah kawasan pertanian dan juga kawasan nelayan di tengah kota, tambak dan juga pepohonan tua.

Alamat dan rute menuju lokasi

Jalan menuju pulau wisata LakkangKredit gambar: Google Maps Nask Hansam

Lokasi pulau wisata Lakkang berada di tengah kota dengan luas sekitar 195 hektar dan juga dihuni oleh 300 kepala keluarga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Untuk jalur menuju pulau ini ada 3 dan melalui dermaga untuk bisa melintasinya. Dermaga pertama adalah dermaga monyet di kampus UNHAS, yang kedua di jalan tol lama di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan dan dermaga lainnya berbentuk kolam.

Karena tidak ada jembatan atau jalan penghubung langsung, maka harus melalui dermaga dan menggunakan perahu sebagai alat transportasi. Untuk biaya transportasi pulang pergi cukup membayar Rp 3000, jika ingin pulang pergi dengan sepeda motor Rp 5000. untuk kapasitas kapalnya sendiri, saat diangkut bisa menampung 7 orang sekaligus, namun harus menunggu sekitar 15-30 menit agar kapal bisa dijemput.

Jarak tempuh ke pulau eksotik ini sekitar 25-30 menit, namun karena Anda berada di atas perahu dan menikmati pemandangan, tidak akan memakan waktu lama dan akan menyenangkan. Untuk jam bukanya sendiri yaitu dari pukul 07.00 hingga 18.00 WITA, selain jam tersebut, pulau ini tidak bisa Anda lewati.

Harga tiket masuk wisata pulau

Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke pulau ini, Anda hanya perlu membayar biaya penyeberangan kapal.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Lakkang

Aktivitas Seru di Pulau LakkangKredit gambar: Google Maps Nisma Usral

Berikut beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pulau wisata Lakkang

1. Berperahu

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pulau ini dikelilingi oleh tiga sungai sekaligus, untuk menuju pulau ini tentunya anda harus naik perahu agar bisa menyeberang dan menginjakkan kaki di pulau ini. Menyusuri sungai, Anda akan menemukan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Anda juga bisa melihat langsung kawasan mangrove yang rimbun dan juga keindahan persawahan yang ada di desa tersebut.

2. Penelitian

Selain memiliki karakter dan pesona yang unik, pulau eksotis ini juga sering menjadi tujuan para pelajar atau sarjana untuk melakukan kegiatan penelitian, pulau ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi objek penelitian bagi para pecinta alam dan peneliti.

3. Berkendara

Setelah puas melihat dan menikmati pemandangan sambil mengendarai perahu menuju pulau ini, Anda bisa berkeliling pulau ini. Kegiatan ini sangat digemari oleh banyak pengunjung, walaupun terlihat sangat sederhana, namun kegiatan jalan kaki ini sangat menarik karena pengunjung juga dapat melihat secara langsung rumah adat Bugis yang ada di kawasan ini.

Selain itu, saat Anda berkeliling desa, Anda juga bisa melihat aktivitas sehari-hari masyarakat setempat yang masih sangat kental dengan nuansa pedesaan. Anda juga bisa mencari tempat-tempat menarik untuk berfoto, termasuk bunker peninggalan zaman penjajahan Jepang.

4. Memancing

Di awal artikel kita telah membahas sedikit tentang pulau wisata Lakkang yang biasa digunakan untuk memancing, bagi anda yang suka menghabiskan waktu memancing bisa mencobanya saat berkunjung ke sini.

Masyarakat setempat telah menyediakan kolam khusus pemancingan yang dapat digunakan untuk memancing pengunjung. Kegiatan ini memang sangat cocok untuk menyalurkan hobi atau sekedar melepas stress dan membuat pikiran lebih rileks.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau LakkangKredit gambar: Google Maps Oei Herman

Meski pulau ini merupakan kawasan wisata yang terisolir, namun Anda tidak perlu khawatir karena pulau cantik ini memiliki fasilitas yang memadai seperti dermaga untuk penyeberangan, toilet umum, tempat berteduh, tempat parkir, warung jajanan dan penginapan.

Bagi anda yang ingin berlama-lama di desa ini, anda bisa menikmati liburan anda dengan menyewa salah satu hostel yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata, anda tidak perlu khawatir karena tentunya tempatnya sangat aman dan nyaman jadi Anda tidak perlu khawatir saat membawa keluarga ke sini untuk berlibur.

Jika anda ingin berkunjung ke pulau wisata Lakkang, pastikan untuk melindungi kulit anda dengan menggunakan tabir surya yang cukup, anda juga harus memastikan anda memiliki uang tunai yang cukup karena akses ATM juga tidak tersedia. Anda juga bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen disana, tentunya akan sangat mengganggu jika anda sedang traveling tapi tidak ada satu pun foto anda disana bukan?

Anda juga bisa membawa makanan dan minuman jika mau, namun tidak perlu khawatir karena di pulau ini juga akan banyak dijumpai warung atau kafe sederhana yang menjual berbagai jenis masakan khas desa yang tidak akan Anda lewatkan untuk menggugah selera. Pastikan membawa alat pancing jika memang itu tujuan anda memancing, pastikan juga tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan serta kesopanan kepada warga sekitar.

Bagaimana? Sudahkah Anda memutuskan ke mana akan membawa keluarga Anda berlibur? Atau apakah Anda sudah penasaran ingin tahu Pulau Wisata Lakkang?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button