Wisata Murah Alun-Alun Kota Kebumen - WisataHits
wisatahits

Wisata Murah Alun-Alun Kota Kebumen

Harga tiket masuk Kebumen Square : Gratis Jam buka : 24 jam No. Telepon: -Alamat: Jalan Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54311

Alun-alun Keboumen merupakan kawasan terbuka hijau di Kabupaten Kebumen. Kawasan ini dikelilingi oleh banyak bangunan penting seperti masjid, kantor pemerintahan, sekolah dan perpustakaan. Bentuknya dibuat berupa lapangan persegi panjang dengan luas mencapai 4 hektar. Menawarkan suasana yang sangat menyenangkan dengan adanya rerumputan hijau dan pohon beringin.

Pohon beringin di tengah lapangan menjadi daya tarik utama alun-alun. Banyak yang menjadikan objek ini sebagai spot foto yang sangat menarik. Tidak ketinggalan ada berbagai jenis masakan yang bisa dinikmati setelah seharian beraktivitas. Kebanyakan pedagang menjual makanan khas Kebumen seperti Nasi Penggel dan Sate Ambal.

Harga tiket masuk Kebumen Square

Kebumen Square Tour tidak membebankan biaya tiket masuk kepada pengunjung. Semua orang bisa masuk secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Hanya saja, untuk kendaraan roda dua, empat, dan enam akan dikenakan biaya parkir.

Harga tiket Alun-alun Kebumen
Tiket masuk Gratis
Biaya parkir
Sepeda motor Rp 1.000
Mobil Rp 2.000
Bus atau truk Rp3.000

Baca: Tiket & Pesona GOA JATIJAJAR Kebumen

Jam Buka Alun-alun Kebumen

Alun-alun Kebumen hampir setiap hari menerima kunjungan wisatawan. Bisa dibilang kawasan ini tidak pernah tutup meski memasuki tanggal merah dan buka selama 24 jam. Oleh karena itu, wisatawan bebas datang kapan pun mereka mau.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Objek Wisata Alun-alun Kebumen

Alun-alun Kebumen memiliki sejumlah keunikan yang menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Salah satunya adalah pohon beringin besar yang tumbuh di tengah lapangan. Kemudian di sisi barat berdiri bangunan Masjid Raya Kebumen yang begitu megah. Menariknya, ada wisata kuliner dan sejumlah permainan seru.

Pohon beringin besar yang ikonik

Pohon Beringin di Alun-alun Kebumen.Pohon beringin di Alun-alun Kebumen ini memiliki nuansa mistis yang sangat kental. Foto: Googlemap/Wahyu Setiawan

Daya tarik utama Alun-alun Kebumen adalah pohon beringin di tengah lapangan. Pohonnya tinggi dan memiliki daun yang sangat lebat. Dilihat dari kejauhan, bentuk daunnya menyerupai setengah lingkaran menyerupai jamur raksasa.

Di latar belakang, terdapat pagar beton berbentuk segi enam yang melingkari pohon beringin. Pagarnya kebanyakan berwarna putih dengan campuran warna hitam di atasnya. Tampilannya semakin menarik dengan hiasan 6 ornamen lengkung melengkung di sekeliling pagar.

Kehadiran pohon beringin di Alun-alun memberikan banyak manfaat bagi pengunjung. Salah satunya bisa menjadi tempat berteduh dari terik matahari. Kemudian biarkan udara di sekitarnya menjadi dingin. Dan yang paling penting bisa juga dijadikan spot selfie.

Baca: Tiket dan Aktivitas WADUK SEMPOR

Masjid Agung Kebumen

Suasana malam di Masjid Agung Kebumen.Desain Masjid Raya Kebumen menyerupai rumah joglo khas Jawa. Foto: Googlemap/Samsul Hidayat

Masjid Raya Kebumen merupakan masjid tertua dan terbesar di Kebumen. Jika biasanya atap masjid memiliki kubah, berbeda dengan yang satu ini. Desain atapnya berbentuk limas bertumpuk seperti rumah joglo. Lalu, di bagian depan terdapat tulisan Masjid Agung Kebumen dengan huruf Arab.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan serambi masjid. Lantai bawah digunakan untuk sholat. Sedangkan bagian atas merupakan area tambahan jika lantai dasar sudah selesai. Selain itu, khusus serambi masjid bisa digunakan untuk shalat atau tempat menggelar acara keagamaan. Kemudian, di luar masjid terdapat menara dengan hiasan kubah kecil di bagian atasnya.

Meski telah mengalami beberapa kali renovasi, tampilan masjid ini masih sama seperti dulu. Ini tetap mempertahankan keistimewaannya dengan menggunakan desain rumah joglo khas Jawa. Sedangkan lokasinya sendiri berada di sebelah barat Alun-alun Kebumen.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen: Tiket dan Atraksi

Wisata kuliner

Kerumunan pengunjung menikmati Nasi Penggel di Alun-alun Kebumen.Kebumen Square menawarkan berbagai wisata kuliner yang enak seperti Nasi Penggel, Sate Ambal, Mie Ayam, Bakso dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Fitrina Rachmadanty

Wisata kuliner yang paling terkenal di Kebumen Square adalah nasi penggeSAYA. Masakan tradisional khas Kebumen dimana nasinya berbentuk bulatan-bulatan kecil. Penjualnya ada di sisi barat alun-alun depan Masjid Raya Kebumen. Tepatnya di kiri jalan dengan spanduk bertuliskan “Nasi Penggel & Oseng Kikil”.

Sayangnya, pedagang Nasi Penggel hanya beroperasi mulai pukul 05:30 hingga 08:00 pagi. Nantinya, penjual akan mempersilakan pembeli mengambil berasnya sendiri. Biasanya yang beli sering sampai 8-15 bulatan. Selain itu, piring diberikan kepada penjual untuk menerima sayur dan lauk pauk.

Sayurnya adalah lodeh santan berisi daun nangka muda, tempe, tahu, melinjo dan singkong. Sedangkan lauk pauknya adalah kikil, jeroan, babat, iso, jantung, ginjal dan paru. Satu porsi Nasi Penggel dengan lauk pauk, sayur, tempe mendoan dan teh panas harganya Rp 13.000. Sedangkan pilihan menu lainnya adalah mie ayam, bakso, sate ambal dan masih banyak lagi.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Pantai Kebumen Menganti

Area bermain anak-anak

Pada Sabtu malam, suasana Alun-alun Kebumen akan semarak dengan kunjungan wisatawan. Terutama keluarga dengan anak-anak. Karena pada malam minggu banyak tersedia permainan anak di sekitar alun-alun. Contohnya odong-odong, kereta mini, istana balon, kolam pemancingan, skuter dan sepeda.

Dari semua wahana yang paling banyak diminati yaitu odong-odong. Banyak anak yang menyukai korsel ini karena desainnya terinspirasi dari karakter kartun. Selain itu, warna yang digunakan juga berwarna-warni. Belum lagi ada iringan musik yang membuatnya semakin menarik.

Baca: Tiket dan Aktivitas Fort VAN DER WIJCK Kebumen

Fasilitas Alun-alun Kebumen

Kawasan wisata murah ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Tersedia tempat parkir yang luas, mushola untuk tempat ibadah dan toilet yang bersih. Di pinggir trotoar juga terdapat penjual makanan jika pengunjung ingin menyantap sesuatu. Ada juga fasilitas olahraga seperti jogging track dan alat fitnes.

Lokasi Alun-alun Kebumen

Taman hijau terbuka ini terletak di Jalan Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button