Ladang Kuntum - WisataHits
wisatahits

Ladang Kuntum

Ladang Kuntum

Liburan sekolah dapat dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan IPA tambahan kepada anak-anak yang tidak dapat diperoleh di sekolah.

Bagi anda yang berdomisili di Bogor, pada saat liburan sekolah anak-anak anda mungkin akan dibawa ke Ladang Kuntum yang terletak di Bogor bagian timur.

Di sana, anak-anak bisa berwisata sambil belajar pengetahuan baru tentang pertanian, peternakan dan perkebunan.

kuntum-ladang-ladang-bogor

Ulasan tentang Kuntum Farm Field

Kota Bogor sudah lama dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata.

Di kota yang dijuluki kota hujan ini, terdapat berbagai jenis tempat wisata mulai dari yang sarat dengan hiburan hingga yang dikonsep dengan perpaduan antara hiburan dan pendidikan.

Sekarang, Ladang Kuntumhadir dengan konsep edutourism bertema agrowisata.

Artinya, objek wisata ini dibangun sebagai sarana rekreasi sekaligus edukasi tentang tumbuhan dan hewan.

Oleh karena itu, mengunjungi Kuntum Farm Field akan memberikan manfaat ganda yaitu hiburan dan pengetahuan tentang pertanian dan peternakan.

Atraksi Lapangan Peternakan Kuntum

kuntum-farm-field-reviewinstagram.com/kuntumfarmfield

Kuntum Farm Field dibangun di atas lahan terbuka yang cukup luas dimana di depannya terdapat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai ruang resepsi bagi pengunjung.

Di aula ini, pengunjung akan diberikan penutup kepala khusus yang wajib dikenakan saat menjelajahi kawasan Kuntum Farm Field.

Selain itu, di aula ini juga terdapat beberapa kolam ikan yang menawarkan spa ikan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi pijat kaki ikan.

Mencoba spa ikan Untuk ini, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 30.000.

Setelah menyelesaikan pemeriksaan tiket masuk dan mendapatkan tutup kepala di lobi, pengunjung kemudian dapat melanjutkan menjelajahi seluruh area Kuntum Farm Field.

Area Kuntum Farm Field dibagi menjadi beberapa zona untuk memudahkan penjelajahan pengunjung.

Berikut adalah area atau area yang berada di dalam Kuntum Farm Field:

1. Area tanaman sayuran

kuntum-ladang-ladang-tajurinstagram.com/kuntumfarmfield

Kawasan ini berisi berbagai tanaman sayuran seperti kubis, wortel, dan jenis tanaman sayuran lainnya.

Pengunjung dapat menikmati ruang ini dengan melihat tanaman sayuran dan juga belajar cara menanamnya.

Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk memetik dan membawa pulang berbagai sayuran dari daerah ini setelah membelinya dengan harga yang tentunya lebih murah dari harga sayuran di pasaran.

2. Area hewan ternak

Seperti namanya, kawasan ini berisi berbagai jenis ternak seperti domba, kambing, domba, sapi.

Ada juga hewan peliharaan seperti kelinci yang merupakan hewan favorit anak-anak.

Agar penjelajahan di kawasan ini semakin seru bagi Anda dan anak-anak, Anda bisa membeli pakan ternak untuk memberi makan hewan peliharaan Anda secara langsung.

Salah satu pakan ternak yang dijual di kawasan ini adalah susu botolan seharga 5 ribu hingga 10 ribu yang kemudian bisa Anda berikan untuk kambing atau sapi.

3. Area unggas

Kawasan ini khusus berisi berbagai jenis unggas seperti angsa dan bebek. di sini juga dibuat beberapa anak sungai sebagai habitat burung agar menyerupai habitat aslinya.

4. Area berkuda

kuntum-farm-field-2019instagram.com/kuntumfarmfield

Kuntum Farm Field juga menawarkan area berkuda bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menunggang kuda.

Lucunya, menunggang kuda di tempat ini tidak mengharuskan Anda untuk mengetahui cara menunggang kuda terlebih dahulu, karena Kuntum Farm Field juga menyediakan instruktur atau pawang kuda yang siap memandu Anda agar dapat menunggangi kuda.

Dengan bimbingan dari pelatih kuda profesional, Anda akan dibawa berkeliling area dengan menunggang kuda sambil menikmati alam Kuntum Farm Field yang sejuk dan alami.

5. Area memancing

Menurut sebagian orang, menangkap ikan dapat melatih ketelitian dan ketepatan. Nah, bagi anak-anak, terutama yang masih dalam masa pertumbuhan, mengajak mereka bermain di area ini tentu sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Area ini menampilkan permainan menangkap ikan kecil dengan jaring sebagai alat pancing.

Sekilas memang terlihat sepele dan mudah. Namun, untuk membuktikan mudah tidaknya menangkap ikan di kawasan ini, sebaiknya Anda mencobanya langsung.

6. Area budidaya

Di zona ini, terutama anak-anak, Anda bisa belajar cara menanam tanaman dengan benar.

Pengunjung kawasan ini akan belajar cara menanam, merawat, dan memanen tanaman secara organik.

7. Area terobosan kreatif

kuntum-ladang-ladang-tajur-bogorinstagram.com/kuntumfarmfield

Area ini juga sangat penting bagi anak-anak. Di area ini, anak-anak dapat mengekspresikan ide dan kreativitasnya dengan menggambar dan mewarnai topi atau tutup kepala yang biasa digunakan petani.

Selain bagus untuk melatih kreativitas, untuk anak usia 5 tahun ke bawah, area ini juga bagus untuk mengenalkan jenis warna.

Selain hal di atas, Kuntum Farm Field juga menawarkan pelatihan bagi pengunjung yang ingin belajar lebih banyak atau ingin mendapatkan keahlian bertani.

Anda dapat mengikuti pelatihan membuat kompos, menanam tanaman obat, menanam pohon buah-buahan dan belajar tentang agroindustri di Kuntum Farm Field.

Alamat Lapangan Kuntum Farm (h2)

lokasi-kuntum-pertanian-ladanginstagram.com/kuntumfarmfield

Lokasi Kuntum Farm Field berada di tempat yang cukup strategis dan mudah dijangkau berkat banyaknya penunjuk arah yang tersedia.

Kuntum Farm Field Alamat Lengkap berada di Jl. Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat.

Untuk menuju ke sana dari pusat kota Bogor, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 21 menit dengan jarak tempuh sekitar 7 kilometer.

Sedangkan untuk yang datang dari Jakarta, perjalanan menuju lokasi Kuntum Farm Field berjarak sekitar 62 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jalan menuju Kuntum Farm Field

Jalan menuju Kuntum Farm Field Ini juga sangat mudah ditemukan menggunakan aplikasi Google Maps.

Jika Anda dari Jakarta, ikuti saja tol Jogorawi sampai keluar tol, lalu ikuti petunjuk ke Kuntum Farm Field seperti yang tertera di rambu lalu lintas.

Jam Buka Kuntum Farm Field

ladang pertanianinstagram.com/kuntumfarmfield

Objek wisata Kuntum Farm Field ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Hari Jam operasional
Senin minggu 08.00 – 18.00 WIB

Bagi Anda yang datang dari luar kota, sebaiknya berangkat lebih awal agar bisa lebih puas menjelajahi Kuntum Farm Field sebelum pengunjung lain berdatangan.

Harga Tiket Masuk Kuntum Farm Field

harga-tiket-masuk-kuntum-farm-fieldinstagram.com/kuntumfarmfield

Harga Tiket Masuk Kuntum Farm Field mungkin agak mahal bagi sebagian orang. Namun yakinlah, harga yang terbilang mahal ini sebenarnya sebanding dengan hiburan dan ilmu yang akan Anda dapatkan.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Rp 40.000 (hari kerja) – Rp 50.000 (akhir pekan, hari libur)
Memberi makan hewan Rp5000
menangkap ikan Rp 100.000

Di area peternakan, Anda dapat berpartisipasi dalam memberi makan hewan seperti kambing dan sapi. Namun, untuk mendapatkan izin, Anda harus membayar tiket perjalanan seharga Rp 5.000.

Begitu juga jika anak-anak ingin mencoba permainan memancing di area memancing. Mereka atau orang tuanya juga diharuskan membayar tiket transportasi yang agak mahal, yakni Rp100.000.

Fasilitas Lapangan Kuntum Farm

Fasilitas juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pengelola objek wisata Kuntum Farm Field. Oleh karena itu, di tempat ini juga terdapat fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, mushola, toilet, tempat makan, jual bibit dan lain-lain.

fasilitas-kuntum-pertanian-ladanginstagram.com/kuntumfarmfield

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Bogor

Berkunjung ke tempat wisata memang seharusnya bisa menawarkan manfaat lebih dari sekadar hiburan. Jadi untuk mendapatkan manfaat ekstra ini, Anda dan keluarga bisa datang ke Ladang Kuntum Bogor.

Selain Kuntum Farm Field, di Bogor sebenarnya ada beberapa tempat wisata yang memadukan konsep entertainment dan education. Obyek wisata tersebut antara lain : perjalanan Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Kami telah mengumpulkan informasi di atas dari berbagai sumber dengan perhatian besar padasah– data. Oleh karena itu, jika ada kesalahan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan memberi tahu kami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button