InJourney Optimis Kinerja Penerbangan dan Pariwisata Terus Meningkat - WisataHits
Jawa Tengah

InJourney Optimis Kinerja Penerbangan dan Pariwisata Terus Meningkat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:37 WIB

| penulis:

Buku Catatan: Taofiq Rauf

Jakarta, InfoPublik – PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau InJourney telah memberikan dorongan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 untuk mendorong optimisme kinerja yang lebih baik dengan pencapaian pertumbuhan pada akhir tahun 2022.

InJourney mencatat bahwa kunjungan wisatawan mulai meningkat pada paruh pertama tahun 2022. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh pemulihan ekonomi nasional dan kebangkitan industri pariwisata dalam negeri dengan program penanganan COVID-19 yang semakin terkendali disertai dengan tingkat vaksinasi dan penyegaran yang lebih tinggi.

“Kondisi ini mendorong aktivitas sektor korporasi di anak perusahaan InJourney, seperti sektor penerbangan (PT Angkasa Pura I dan II), destinasi wisata heritage management (PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko), hotel (PT Hotel Indonesia Natour). ) dan ritel (PT Sarinah) mencatatkan kenaikan signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” kata Dony Oskaria, Presiden Direktur InJourney, seperti dikutip InfoPublik, Kamis (18/8/2022).

Diketahui pergerakan pesawat pada Januari-Juni 2022 terealisasi sebanyak 448.520 pergerakan, meningkat 21,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tentu saja, peningkatan ini dibarengi dengan realisasi pergerakan penumpang yakni 48,4 juta penumpang, meningkat 67 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, baik domestik maupun internasional. Pada semester I-2022 tercatat pergerakan kargo sebanyak 666.509 ton.

Sejalan dengan pertumbuhan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang, sektor perhotelan yang dikelola anak usaha InJourney PT Hotel Indonesia Natour menyambut 10.675 tamu, naik 31,2 persen dari realisasi tahun lalu yang hanya 8.137 orang.

Menurut Dony Oskaria, peningkatan jumlah tamu sejalan dengan pembukaan destinasi wisata utama seperti Bali yang mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dan tamu hotel oleh pemerintah. Dengan peningkatan kedatangan tamu, okupansi kamar juga meningkat 31,4 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya pada periode yang sama.

“Peningkatan jumlah tamu yang datang dan jumlah kamar yang ditempati telah memberikan kontribusi yang baik terhadap okupansi di sektor hotel anak perusahaan InJourney. Utilisasi meningkat 31,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Peningkatan ini sejalan dengan kebijakan fasilitasi mobilitas awal tahun lalu, promosi kawasan wisata dan launching banyak pertemuan, insentif, kongres, pameran (MICE) dan event lainnya di destinasi wisata,” jelasnya.

Di bidang pariwisata pengelolaan pusaka, lanjutnya, jumlah pengguna jasa di taman pusaka seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko yang dikelola PT TWC sebanyak 1.737.213 orang, terdiri dari 1.722.918 wisatawan nusantara dan 14.925 wisatawan mancanegara.

Angka ini juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 400.318 kunjungan wisman, 567 wisman dan 399.751 wisman. Selain itu, kinerja manajemen ritel yang dikelola PT Sarinah juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, terutama sejak Mall Sarinah dibuka kembali pada pertengahan Maret 2022.

Tercatat pada semester I 2022 dari sisi penjualan ritel Rp 21,45 miliar, naik 484,7 persen dari realisasi periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 3,67 miliar. Dari sisi perdagangan juga terjadi peningkatan sebesar Rp 166,747 miliar atau naik 28,4% dibandingkan penjualan perdagangan pada periode yang sama tahun lalu.

Untuk sektor persewaan terjadi peningkatan sebesar 59,4 persen dari Rp 15 miliar pada H1 2021 menjadi Rp 23,91 miliar pada H1 2022. Peningkatan pengelolaan ritel ini didominasi oleh money changer Sari Valas, yang dibandingkan dengan Penjualan Rp pada tahun yang sama. periode tahun lalu meningkat 13,1 persen atau Rs.253,82 miliar.

“Dengan diresmikannya wajah baru Sarinah oleh Presiden Republik Indonesia pada Juli 2022, kami yakin pertumbuhan bisnis di sektor pengelolaan ritel yang dikelola Sarinah akan terus meningkat hingga akhir tahun 2022, khususnya melalui transformasi menjadi ekosistem bisnis terkemuka untuk industri kreatif dan merek lokal yang merampingkan bisnis ritel, komersial, digital, dan real estat,” kata Dony.

Lebih lanjut ia menjelaskan, “InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Penunjang” didirikan sebagai salah satu upaya proses pemulihan bisnis untuk sektor penerbangan dan pariwisata. InJourney secara proaktif mendorong pertumbuhan lalu lintas turis di bandara, hotel, dan destinasi dengan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan pariwisata untuk mengaktifkan dan mempromosikan pariwisata regional, mengkonsolidasikan dan mengembangkan kemampuan untuk memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dan memonetisasi pertumbuhan lalu lintas.

Untuk mempercepat pemulihan pariwisata di Indonesia, InJourney dan afiliasinya bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan berbagai atraksi di destinasi wisata untuk menciptakan magnet bagi wisatawan yang akan datang.

Selain itu, InJourney fokus pada kesiapan Presiden untuk menggelar KTT G20 pada November, perhelatan World Superbike 2022 di Mandalika, serta beberapa event seperti Toba Fun Bike di Sumut pada September dan dukungan Festival film Indonesia. di Candi Borobudur dan Sarinah dan pengenalan kembali Taman Mini Indonesia Indah dijadwalkan Oktober 2022.

Inisiatif strategis lain yang dilakukan InJourney untuk pengembangan pariwisata antara lain transformasi bisnis Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Pantai Grand Inna Bali (GIBB) Sanur, pengembangan destinasi wisata di Lima Destinasi Wisata Prioritas (DPSP), kawasan perkotaan Lama Semarang, pelabuhan Bakauheni kota, sungai Siak Pekanbaru dan sebagainya.

“Berbagai inisiatif strategis yang kami lakukan dirancang untuk mendukung upaya pemulihan ekosistem penerbangan dan pariwisata secara lebih cepat dan kuat pasca pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari dua tahun,” pungkas Dony.

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button