Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda dalam 1 Area - WisataHits
Jawa Timur

Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda dalam 1 Area

Blitar rupanya menyimpan berbagai wisata alam yang indah memanjakan mata. Tak hanya pantai, wisata dataran tinggi yang menenangkan menjadi tujuan para wisatawan yang datang, lho.

Salah satu destinasi wisata di Blitar yang paling terkenal adalah Sirah Kencong. Terletak di desa Ngadirenggo di kecamatan Wlingi, wisata ini menawarkan empat pengalaman liburan yang berbeda dalam satu kawasan wisata.

Jika Anda sedang berada di Blitar, cobalah berkunjung ke Sirah Kencong dengan menyimak informasi wisata selengkapnya di bawah ini. Bersiap-siap menyegarkan bersenang-senang di sini, ya!

1. Perkebunan teh terbesar di Blitar, Jawa Timur

Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda di 1 Kawasan WisataPerkebunan teh Sirah Kencong. (instagram.com/adhipraastyo)

Kota utama Sirah Kencong adalah perkebunan teh. Dengan luas 219 hektar, perkebunan teh ini merupakan yang terluas di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Hamparan tanaman hijau yang sangat indah memanjakan mata dan memastikan Anda betah berlama-lama. Adanya fasilitas tambahan seperti gazebo dan view point juga menambah kenyamanan dan memudahkan pengunjung untuk mengambil foto yang indah.

Selain itu, perkebunan teh ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika udara pegunungan terasa sangat sejuk meski sudah jam 12 siang. Tidak perlu merogoh kocek banyak, masuk ke Sirah Kencong hanya Rp 5.000 saja.

2. Air terjun yang indah dengan akses yang mudah

Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda di 1 Kawasan WisataAir Terjun Sirah Kencong. (Dok. IDN Times/Egydia Artamevia)

Tidak jauh dari perkebunan Anda akan menemukan banyak penunjuk arah menuju air terjun Sirah Kencong. Rute ini cukup mudah, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai di spot indah air terjun.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 10 meter dan dikelilingi oleh bebatuan dan pepohonan yang masih alami. Tidak hanya itu, Anda juga akan melihat banyak bunga yang tumbuh di sekitar air terjun. Berfoto dan bermain di air tawar selalu menjadi aktivitas populer saat mampir ke Air Terjun Sirah Kencong.

Di area air terjun ini juga terdapat gazebo dan warung makan. Jangan khawatir kelaparan, karena di sini kamu bisa memesan snack dan minuman hangat dengan harga super murah. Biaya masuk ke air terjun Rp 6.000.

3. Mengunjungi Pura Sirah Kencong yang bersejarah

Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda di 1 Kawasan WisataPura Sirah Kencong. (instagram.com/retymeinindasari)

Jika Anda berjalan-jalan melalui perkebunan teh yang luas, Anda juga akan menemukan kuil-kuil Hindu. Menurut situs resmi Tourism Directory, Candi Sirah Kencong ditemukan oleh pekerja perkebunan pada tahun 1967. Sayangnya, kondisi candi saat itu sudah runtuh dan tidak utuh lagi.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Terdiri dari tiga bangunan dengan relief tipis yang indah, candi ini menyimpan cerita sejarah. Relief pertama menceritakan tentang Bubuksahganggangaking dan relief kedua menceritakan tentang Samodramanthana. Sedangkan relief ketiga menggambarkan Bima yang sedang mencari Tirthamanthana. Wisata alam bisa sekaligus belajar sejarah di sini.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Pagi di Blitar Cocok untuk Menu Sarapan Anda!

4. Selamat berkemah di Brak Papat

Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda di 1 Kawasan WisataBrak Papat Sirah Kencong. (instagram.com/deaatmaji)

Lokasi epik terakhir ini menjadi favorit para pecinta alam. Jika Anda berjalan kaki sekitar satu jam dari perkebunan teh, Anda akan sampai di Brak Papat.

Brak Papat adalah titik tertinggi dari Perkebunan Teh Sirah Kencong. Dari Brak Papat Anda dapat menikmati lanskap Perkebunan teh lebih jernih dan sangat indah.

Tempat ini sering digunakan untuk berkemah dari wisatawan yang datang. Selain alun-alun yang luas, pemandangannya lampu kota juga di malam hari matahari terbit Pemandangan indah di pagi hari juga menjadi daya tarik lain untuk berkemah di Brak Papat.

Panorama Gunung Kelud yang terlihat sangat jernih dari sini juga menjadi favorit para pecinta foto untuk mengabadikan bidikan yang mempesona. Tiketnya gratis, lho!

5. Rute menuju kawasan Sirah Kencong

Sirah Kencong Blitar, 4 Pengalaman Liburan Berbeda di 1 Kawasan WisataRute Sirah-Kencong. (instagram.com/kurniawan_dony)

Kawasan Sirah Kencong berjarak kurang lebih 37 kilometer dari pusat Kota Blitar. Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju kawasan wisata ini.

Rute pertama, yaitu melalui Desa Wisata Semen. Dari kawasan Kota Blitar, Anda bisa pindah ke Kecamatan Wlingi hingga melewati Pasar Desa Semen. Kemudian belok kanan menuju Sirah Kencong.

Rute kedua melalui Kawedanan Wlingi menuju Tegalsari. Dari kawasan Kota Blitar, menuju ke arah Kawedanan Wlingi lalu terus ke utara hingga sampai di Tegalsari. Kemudian belok kiri di pertigaan Tegalsari lalu ikuti rambu yang melewati Perkebunan Sengon dan Pabrik Susu hingga mencapai Serah Kencong.

Jangan khawatir, akses menuju Sirah Kencong telah ditingkatkan dan sangat mudah dinavigasi dengan kendaraan pribadi. Tidak perlu gugup, oke!

Di Sirah Kencong Anda bisa menikmati panorama yang indah dengan banyak pilihan spot dengan harga yang terjangkau. Perasaan liburan yang sejuk dan mengasyikkan pasti akan membantu Anda melupakan semua masalah Anda sejenak. Jadi kapan mau mampir ke Sirah Kencong?

Baca Juga: 5 Pusat Perbelanjaan Terlengkap di Blitar, Awas Gila!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button