7.700 terumbu karang ditanam di kawasan wisata Pasir Putih Situbondo - WisataHits
Jawa Timur

7.700 terumbu karang ditanam di kawasan wisata Pasir Putih Situbondo

Liputan6.com, Situbondo – Persatuan Keluarga Alumni Universitas Airlangga Surabaya bersama Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur Adopsi dan Penanaman 7.700 Terumbu Karang untuk Pelestarian Ekosistem Laut di Kawasan Wisata Laut Pasir Putih Situbondo, Sabtu (11/12/2022).

Ketua VII IKA Unair Surabaya Mirza Muttaqien mengatakan terumbu karang ini merupakan rumah bagi biota laut yang sangat penting pelestariannya.

“Karena jika biota laut berkembang dengan baik, ikan secara alami akan berkembang biak dengan sangat baik, yang akan mempengaruhi kesejahteraan nelayan,” kata Ketua Pengprov POSSI Jatim, dilansir Antara.

Ia menjelaskan, dalam kondisi normal, terumbu karang hanya tumbuh dan berkembang sekitar 1 sentimeter per tahun.

Sedangkan dalam kondisi tidak normal, sampah laut, arus, atau banyak hal lainnya bisa mati. Oleh karena itu, perawatan dan pemantauan rutin harus dilakukan.

Kegiatan bertema Adopsi 7.700 Terumbu Karang ini melibatkan 11 komunitas penyelaman di Jawa Timur. Bersama-sama mereka menyelam ke dasar laut untuk memantau terumbu karang yang ditransplantasikan beberapa bulan lalu dan sekaligus menanam terumbu karang.

“Ada 11 komunitas penyelam yang membuat komitmen bersama. Bagi yang sudah transplantasi, secara bertahap kita rawat sebagai gerakan bersama,” ujarnya.

Siapa yang tidak terkesima dengan keindahan bawah laut Raja Ampat, Papua Barat? Demi menjaga kelestarian terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di sana, sekelompok peneliti terus melakukan pemantauan agar surga bawah laut tetap lestari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button