Selain Produk Unggulan UMKM, Ada Pelayanan Publik di SBU 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Selain Produk Unggulan UMKM, Ada Pelayanan Publik di SBU 2022

JawaPos.com- Surabaya Great Expo (SGE) 2022 yang dibuka pada Rabu (24/8), akan menampilkan berbagai produk unggulan UMKM mulai dari fashion hingga kerajinan tangan hingga kuliner. Melalui kegiatan ini, Pemkot berupaya mendorong UMKM untuk naik kelas.

Usai peresmian SGE, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyempatkan diri mengunjungi beberapa stand. Selain menjajal produk UMKM, ia sempat cek darah di booth Rumah Sakit Bhakti Darma Husada (BDH). “Setelah dua tahun absen, SGE optimis tahun ini akan lebih baik,” ujarnya.

Saat dilanda pandemi, perekonomian Kota Pahlawan mengalami penurunan. Namun, sementara itu, situasinya telah membaik. Menurut Eri, pelaku UMKM berperan besar dalam menghidupkan kembali perekonomian Surabaya. “UMKM adalah tulang punggung kota Surabaya,” jelasnya.

Melalui SGE, Eri berharap UMKM bisa naik kelas. Roda ekonomi berputar lebih cepat. Padahal, UMKM harus menjadi pusat perekonomian di Surabaya jika memang diperlukan. “UMKM perlu didorong untuk masuk ke kancah internasional. Saya bangga menggunakan produk UMKM. Dari sepatu hingga baju tie-dye, Wong Suroboyo Ngawe bernyanyi,” ujarnya.

Eri mengimbau para pemangku kepentingan UMKM untuk segera mengurus nomor induk usaha (NIB). Kotamadya menyediakan layanan manajemen NIB di SGE. Warga akan dibantu petugas dari Biro Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Tidak butuh waktu lama, hanya 10 menit NIB sudah siap.

Selain produk UMKM, Pemprov DKI juga akan menampilkan layanan OPD. Misalnya, Dinas Kebudayaan dan Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (DKKOP) Surabaya. OPD mengajak pengunjung SGE untuk menikmati permainan Metaverse dengan kecerdasan buatan untuk promosi pariwisata di Surabaya.

DKKOP juga mempromosikan paket city tour. Salah satunya adalah wisata di kawasan kota tua. “Kami juga ikut serta dalam promosi pariwisata di Surabaya. Misalnya pemandu wisata Bromo yang datang dari Surabaya,” jelasnya.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button