Walikota Eri Cahyadi Gandeng ITS – Beritalima.com Manfaatkan Teknologi Pemberdayaan UMKM Untuk Pelayanan Publik - WisataHits
Jawa Timur

Walikota Eri Cahyadi Gandeng ITS – Beritalima.com Manfaatkan Teknologi Pemberdayaan UMKM Untuk Pelayanan Publik

SURABAYA, beritalima.com | Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meningkatkan kerja sama dengan Institut Teknologi Kota Surabaya (ITS) dalam memanfaatkan inovasi teknologi bagi masyarakat Kota Pahlawan. Hal itu disampaikannya saat menghadiri pembukaan Pameran Inovasi Teknologi atau ITS Innovation Expo “TennovEx 2022” di Grand City Atrium Surabaya pada Selasa (11/7/2022).

Dia mencontohkan, Pemkot Surabaya telah memesan dua kapal untuk memanfaatkan pengembangan inovasi dan teknologi di kawasan wisata di Kota Surabaya yang direncanakan untuk Wisata Perahu Air Kalimas.

“Seperti halnya kapal Kalimas, kami juga bekerja sama dengan ITS. Jadi, insya Allah (juga) terkait dengan motor (listrik). Dan untuk kegiatan inovasi yang memang diperuntukkan bagi UMKM, insya Allah kita akan bekerja sama dengan ITS,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

Sementara itu, Pemkot Surabaya berencana mengalokasikan 40 persen atau Rp 3 triliun dari APBD untuk kegiatan pemberdayaan UMKM. Oleh karena itu, Pemkot akan bekerjasama dengan ITS saat memesan mesin paving, pemanas aspal, dll. “Anggaran Pemkot Surabaya 40 persen, kami gunakan untuk UMKM, Insya Allah kami akan bekerja sama dengan ITS untuk memenuhi kebutuhan ini,” ujarnya.

Selain itu, Walikota Eri Cahyadi juga berencana memesan Tablet Merah Putih atau Layanan Transformasi Digital dari ITS (DigITS) untuk Camat, Lurah, dan Kepala PD di Pemkot Surabaya. Ke depannya, semua aplikasi layanan publik Pemkot Surabaya akan terkoneksi dengan DigITS.

“Kita semua punya aplikasi. Kalau semua muat di tablet dan kecepatannya (wajar), setidaknya semua camat dan pejabat kota perlu menggunakannya. Sehingga nantinya bisa langsung dilakukan melalui aplikasi. Tabletnya nyaman, juga nyaman dibawa kemana-mana, ITS memang luar biasa,” ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, dalam pertemuan di tempat yang sama, dalam sambutannya mengakui langkah Pemkot Surabaya dalam upaya mendukung UMKM dengan mengalokasikan 40 persen atau Rp3 triliun dari penguatan APBD Kota Surabaya. . Oleh karena itu, ia berharap tujuan implementasi Walikota Eri Cahyadi bekerjasama dengan ITS dalam menyambut Hari Pahlawan dapat berujung pada peningkatan pesat dalam tingkat penggunaan teknologi di kota Surabaya.

“Pak Eri bercerita ingin anak-anak Surabaya terlibat dalam inovasi ini, dia berani membeli dari ITS dengan melibatkan UMKM dan memiliki target Rp 3 triliun untuk belanja Pemkot Surabaya untuk UMKM. Hal-hal yang akan diinovasi oleh Walikota Surabaya, jika (cocok) dengan ITS, akan memberikan lapangan pekerjaan berbasis iptek bagi warga Surabaya,” kata Wakil Gubernur Emil.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan kerjasama dan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah telah didukung dengan langkah-langkah konkrit. Salah satunya adalah kerjasama dengan UMKM dengan inovasi dari perguruan tinggi.

“Terima kasih banyak, semoga dengan diadakannya pameran pertama di luar kampus ITS ini, kerjasama dengan stakeholders lainnya dapat lebih diperluas dan inovasi terlihat oleh masyarakat,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button