Berikut beberapa oleh-oleh khas Kabupaten Malang di HUT ke-1262 - WisataHits
Jawa Timur

Berikut beberapa oleh-oleh khas Kabupaten Malang di HUT ke-1262

Klikwarta.com, Kabupaten Malang – Tanggal 28 November 2022 merupakan momen yang sangat spesial bagi masyarakat Kabupaten Malang karena masih mendapatkan anugerah dan karunia berupa kesempatan memperingati HUT ke-1262. Perjalanan yang sangat panjang penuh liku-liku, suka duka.

Pasalnya, tahun ini juga merupakan tahun ujian bagi sebagian masyarakat di Kabupaten Malang yang dilanda bencana alam di beberapa daerah. Seperti banjir bandang, angin kencang hingga longsor, hingga bencana 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan yang menarik perhatian banyak pihak.

Namun, ada beberapa kemajuan pembangunan daerah dan capaian pembangunan di Kabupaten Malang yang menjadi kado istimewa HUT Kabupaten Malang ke-1262 tahun ini, antara lain:

Kemajuan dalam mengurangi stunting terus menunjukkan hasil yang positif. Data bulan timbang Februari 2018, stunting di Kabupaten Malang mencapai 20%. Pada Agustus 2022, angka stunting bisa ditekan hingga 7,8%.

Kabupaten Malang memiliki 22 desa wisata. Beberapa di antaranya bahkan berhasil meraih sukses, seperti Desa Wisata Pujon Kidul yang mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 kategori Desa Mandiri Inspiratif. Selain itu, Desa Sanankerto meraih juara 3 kategori Desa Daya Tarik Wisata. Desa Wisata Sanankerto juga mendapat pengakuan dari forum internasional atas keikutsertaannya dalam ASEAN Awards ke-5 untuk Pembangunan Pedesaan dan Pengentasan Kemiskinan pada tahun 2022.

Tahun ini, Pemkab Malang juga berhasil merealisasikan pembangunan Jembatan Pelangi di Desa Srigonco Kecamatan Bantur. Jembatan ini diresmikan beberapa waktu lalu oleh Gubernur Jawa Timur.

Tahun ini juga Pemkab Malang telah merealisasikan pembangunan kampus Universitas Brawijaya yang terletak di kawasan Kecamatan Kepanjen. Selain itu ditandatangani pula Dokumen Perjanjian Hibah Daerah dan Protokol Serah Terima Hibah Tanah Pemerintah Kabupaten Malang yang diserahkan kepada Kementerian Agama untuk Pembangunan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Di bidang investasi dan penanaman modal. Sejak 2022 hingga kuartal ketiga, nilai investasi yang masuk sudah mencapai lebih dari delapan triliun rupiah. Pemerintah Kabupaten Malang juga terus melakukan berbagai upaya strategis untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif, partisipatif, dan kolaboratif melalui kerjasama dengan berbagai badan usaha dan industri kreatif di Kabupaten Malang.

Sehubungan dengan itu, telah diinformasikan bahwa Forum CSR Kabupaten Malang tahun ini telah dikukuhkan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/675/KEP/35.07.013/2021. Hal ini juga menjadi salah satu pendorong banyaknya program CSR yang dilaksanakan di Kabupaten Malang.

Diantaranya adalah CSR untuk pengembangan pendidikan di beberapa sekolah, CSR untuk pembangunan infrastruktur seperti jembatan desa, CSR untuk pedagang yang terkena dampak kebakaran di Pasar Bululawang, dan program bantuan semen 1.000 kantong untuk korban bencana hidrometeorologi di Malang. Daerah.

Perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari juga menunjukkan perkembangan yang positif. Terakhir, Pemerintah Kabupaten Malang menggelar FGD bersama Wakil Gubernur Jawa Timur dan beberapa perwakilan pejabat kementerian untuk membahas pengembangan sektor pendidikan di KPU Singhasari.

Selain itu, Kabupaten Malang juga berhasil meraih berbagai penghargaan selama setahun terakhir.

“Semoga segala ikhtiar yang dicurahkan kepada Kabupaten Malang dapat menjadi semangat yang patut diteladani bagi kita semua yang saat ini sedang berjuang untuk mewujudkan kemakmuran yang kita cita-citakan,” kata Bupati Malang HM Sanusi dalam rapat paripurna memperingati HUT ke 3 Tahun 1262 Kabupaten Malang. , di gedung DPRD, Senin (28/11/2022).

Tak lupa, Sanusi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari jajaran pejabat pemerintah hingga insan pers dan seluruh pelaku pembangunan di Kabupaten Malang. Selama setahun terakhir telah menjadi perhatian baik bagi Kabupaten Malang maupun masyarakat secara keseluruhan.

Wartawan: Edi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button