Ribuan orang mengikuti pick laut pertama buatan warga Lojejer di Tanjung Papuma - WisataHits
Jawa Timur

Ribuan orang mengikuti pick laut pertama buatan warga Lojejer di Tanjung Papuma

Senin, 1 Agustus 2022 | 22:22 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Surabaya, InfoPublik – Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah diperingati oleh warga Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember dengan melakukan ritual sesaji Larung sebagai tradisi memetik laut di Pantai Tanjung Papuma, Jember.

Ritual sesaji Larung berlangsung dari Sabtu hingga Minggu dan disaksikan ribuan orang yang diisi dengan semarak pentas seni selama dua hari (30-31 Juli 2022).

Kepala Desa Lojejer Muhamad Sholeh mengatakan penangkapan ikan di laut dilakukan setiap tahun, biasanya pada momen menyambut tahun baru Islam sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat pesisir atas hasil penangkapan ikan.

Bedanya, tahun ini akan diadakan di Pantai Papuma, berharap ini menjadi momen yang baik bagi masyarakat untuk membangun sinergi yang lebih luas dengan Perum Perhutani KBM Ekowisata Jawa Timur selaku Pengelola Pariwisata di Tanjung Papuma.

Komunitas kami di Tanjung Papuma beragam mulai dari nelayan, pengelola UMKM dan juga pekerja lainnya di Papuma, tempat wisata.

Kami berharap kedepannya bisa membangun spot danau di Tanjung Papuma yang akan dilakukan oleh pemerintah desa Lojejer.

“Ke depan, Pemerintah Desa Lojejer akan mengadakan ini sebagai event tahunan di Tanjung Papuma, selain sinergi pengelolaan pariwisata yang lebih luas di Tanjung Papuma,” katanya.

Sementara itu, Berthus Sudarmeini, General Manager Ekowisata KBM, Senin (8/1/2022) menyambut baik pelaksanaan tradisi tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa, tradisi yang merupakan warisan leluhur ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Papuma. ,” katanya.

Menurutnya, bekerja sama membangun Papuma sebagai kawasan wisata dengan melibatkan banyak elemen dan mitra, termasuk perusahaan milik masyarakat dan pemerintah desa Lojejer, akan semakin memajukan dan mengembangkan Papuma. (MC Diskominfo Provinsi Jawa Timur/non-jal/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button