Niat baik budaya, bentuk kerjasama DIY dan Trenggalek - WisataHits
Yogyakarta

Niat baik budaya, bentuk kerjasama DIY dan Trenggalek

TRENGGALEK, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menggelar Silaturahmi Budaya Mataraman Yogyakarta di Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Kebudayaan DIY. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah DIY dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan kerja sama di bidang kebudayaan harus terus dilakukan. Menurut dia, iktikad baik budaya merupakan bentuk kerjasama lintas budaya antara Pemerintah Daerah Yogyakarta dengan Pemkab Trenggalek.

Baca Juga Sri Sultan Ikuti Feedback Gallery Jogja Planning

Bupati Arifin, panggilan akrabnya, berharap kolaborasi budaya ini dapat menginspirasi kolaborasi di sektor lain di masa depan. “Selain sektor goodwill budaya ini, kita berharap ke depan dapat memaksimalkan apa yang dibangun pemerintah pada masa pemerintahan Pak Jokowi, baik Pemkab Trenggalek maupun Pemda DIY. Misalnya, kita bisa memaksimalkan pembangunan Jalan Lintas Selatan (JJLS) sedemikian rupa sehingga dapat menguntungkan sisi ekonomi dan wisata kedua belah pihak,” katanya, Rabu (31/08) di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek.

UNMAHA 728×90

Arifin juga berharap keberadaan JJLS dapat meningkatkan konektivitas antar daerah. Tidak hanya secara ekonomi, tetapi juga wisata. Ia juga berharap DIY bisa menjadi destinasi wisata unggulan dunia sehingga bisa berdampak luas ke daerah lain termasuk Kabupaten Trenggalek.

“Ya semoga kita bisa menghentikan ini (dampak perkembangan pariwisata) dengan tersengat listrik, kita juga bisa menyebarkan virus, sehingga masyarakat Trenggalek merasakan berkah yang juga dirasakan oleh masyarakat Jogja.” .” jelas Arifin.

Terkait pelaksanaan budi pekerti, Arifin juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda DIY yang telah menyelenggarakan workshop dan sejumlah kegiatan lain yang merupakan bagian dari budi pekerti ini. Arifin yakin masyarakat Trenggalek pasti akan mendapat manfaat dari berbagai workshop dan pameran tersebut.

Baca juga Mendagri mengimbau semua daerah untuk membuang sampah pada tempatnya

“Tentunya bagaimana budaya Mataram bisa berkelanjutan (sustainable), khususnya budaya Ngayogyakarta Hadiningrat? Jadi saya sangat senang dilindungi dan terbantu walaupun secara administratif kita berada di Jawa Timur namun Provinsi DIY Gubernur Ngarsa Dalem DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sangat menghargai atau sangat peduli dengan kita warga Trenggalek,” tambah Arifin.

Terkait Malam Puncak Barang Budaya Trenggalek 2022 yang dihadiri langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Arifin mengatakan juga sangat menantikan penampilan para peserta sanggar tari tradisional ala Yogyakarta yang ditampilkan. akan menjadi . “Tentunya banyak yang heboh karena persiapannya cukup singkat. Kalau ditampilin di depan Ngarsa Dalem juga ada sedikit tekanan, tapi kalau berhasil itu menunjukkan kedekatan budaya kita sangat dekat,” kata Arifin. (Ya)

Agensi digital BERNAS.id 970×90

Source: www.bernas.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button