Pemkab Manggarai Barat dan UMY perluas kerjasama di bidang pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Manggarai Barat dan UMY perluas kerjasama di bidang pariwisata

BERITA KEMENANGAN MANGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat, NTT bersama dengan Lembaga Penelitian, Publikasi, Publikasi dan Karya Amal (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Yogyakarta mengembangkan kerjasama pengembangan sektor pariwisata berbasis potensi daerah di wilayah Mangarai Barat.

Rombongan UMY diterima langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Marthinus Ban pada Sabtu (8/6/2022) di ruang kerja Asisten II Kantor Bupati Manggarai Barat.

Ketua LP3M Gatot Supangkat mengatakan Kabupaten Manggarai Barat memiliki potensi wisata yang luar biasa. Bahwa dimulainya kerjasama antara UMY dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan sektor pariwisata khususnya di kawasan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata prioritas.

Ia mengatakan, wilayah Manggarai Barat merupakan daerah yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata, perikanan, dan pertanian. Beberapa daerah seperti kabupaten Welak, Sano Nggoang, Mbeliling dan Komodo memiliki banyak tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Meski berbentuk laut, namun sektor perikanan dan pariwisata belum berkembang secara optimal.

Baca Juga: Sewa Waingapu Manggarai Barat Persamba Barat 4-2

Selain mengembangkan potensi sektor pariwisata, Gatoto mengatakan pihaknya ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal Kabupaten Manggarai Barat. Salah satunya mengirimkan calon mahasiswa yang berkesempatan kuliah di kampus UMY.

“Semoga dengan kerjasama ini, potensi Manggarai Barat dapat dikembangkan sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung,” kata Gatot.

Dengan ditandatanganinya MOU ini, maka akan banyak hal yang dapat dikerjasamakan lebih lanjut untuk mendukung pembangunan di wilayah Manggarai Barat, diharapkan kerjasama pengembangan sektor pariwisata kedepannya dapat terus berlanjut dalam rangka penguatan masyarakat lokal.

Gatot menambahkan, Kabupaten Manggarai Barat yang memiliki wilayah laut yang cukup luas nantinya dapat mengembangkan potensi sektor perikanan dengan mengembangkan nilai tambah produk olahan ikan.

“Kami berharap produk dari masyarakat pesisir ini nantinya dapat diserap pasar sebagai produk unggulan dari Manggarai Barat,” harapnya.

Asisten II Bupati Manggarai Barat Martinus Ban mengatakan, Pemkab Manggarai Barat menyambut baik dimulainya kerjasama antara UMY dengan Pemkab Manggarai Barat.

Baca Juga: Puluhan Sekolah Belum Terjangkau Jaringan Internet

“Mengingat kami saat ini sangat concern dengan perkembangan sektor pariwisata khususnya di Labuan Bajo, dan berharap UMY sebagai universitas dapat membantu membangun sektor pariwisata berdasarkan potensi daerah kita.
Agar Labuan Bajo menjadi tujuan wisata prioritas di Indonesia baik bagi wisatawan asing maupun domestik, tambahnya. kata Martin Ban.***

Source: mabar.victorynews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button