Peringati Sumpah Pemuda, HNW: Forum MPR Dunia Inisiatif MPR-RI Perjuangkan Generasi Muda - WisataHits
Yogyakarta

Peringati Sumpah Pemuda, HNW: Forum MPR Dunia Inisiatif MPR-RI Perjuangkan Generasi Muda

INFORMASI NASIONAL — Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid menyampaikan terima kasih atas usulan kesepakatan MPR-RI tentang pembentukan Forum MPR Dunia pada konferensi internasional yang dihadiri oleh 15 anggota Parlemen dari Persatuan Parlemen Negara-negara OKI di Bandung. yang berakhir pada Rabu, 26 Oktober 2022 atau bertepatan dengan dua hari sebelum peringatan Hari Sumpah Pemuda. HNW, sapaan akrabnya, mengatakan salah satu poin dari Deklarasi Bandung yang dihasilkan adalah dukungan terhadap pembentukan Forum MPR, yang bersama-sama dengan Persatuan Parlemen OKI berjuang bersama untuk generasi muda dan masa depan yang lebih baik.

“Hari Sumpah Pemuda tahun ini sangat spesial karena dua hari yang lalu di Bandung Konferensi Internasional MPR memutuskan untuk membentuk Forum MPR Sedunia yang antara lain akan membahas tentang peran generasi muda. Semoga dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk lebih banyak berkontribusi dan berkarya di berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara serta memberikan kontribusi positif bagi generasi muda untuk masa depan dunia,” kata Hidayat kepada mahasiswa Fisip Ushuluddin al-Hikmah, Jakarta, Jumat. (10/28).

Menurut HNW, keberhasilan Konferensi Internasional MPR di Bandung menjelang Hari Sumpah Pemuda akan menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara semangat pemuda dan semangat kerjasama antara lembaga parlemen dan demokrasi untuk perdamaian dunia.

Ini merupakan bentuk kelanjutan dari nuansa yang disampaikan pada Kongres Pemuda 1928 dan Konferensi Asia Afrika 1955.

“Konferensi MPR internasional yang diadakan di Bandung, kota Konferensi Asia-Afrika, mendekati Hari Sumpah Pemuda dan menyepakati tema bersama mengenai generasi muda dan mengingatkan bahwa pemuda Indonesia merupakan tonggak penting bagi bangsa Indonesia dan di saat yang sama peradaban dunia yang dapat terus mengambil inisiatif dan melanjutkan cerita positif.”

Hidayat, Wakil Ketua Majelis Syura PKS, menjelaskan, selain masalah pemuda, konferensi internasional MPR juga sepakat untuk membahas masalah kemanusiaan, sumber daya alam, lingkungan, keadilan, peran perempuan dan dukungan alam untuk perjuangan rakyat Palestina agar bangsa dan negaranya merdeka.

Perjuangan akan dilancarkan dengan memaksimalkan peran dan kerjasama lembaga-lembaga parlemen di seluruh dunia, kini dalam forum MPR, Majelis Syura, Majelis Shuyukh atau lembaga parlemen sejenis lainnya dengan PUIC (OIC Parliamentary Union) berkumpul.

“Alhamdulillah, seluruh delegasi Majelis Syura/MPR yang hadir dari 15 negara, bersama Sekjen Persatuan Parlemen OKI dan Sekjen Liga Muslim Dunia, menyepakati pentingnya perjuangan penentuan nasib sendiri kaum muda. generasi. Ini lagi-lagi bukti nyata sumbangsih Indonesia, termasuk MPR dan generasi mudanya, kepada dunia, patut disyukuri dan dijadikan inspirasi, khususnya bagi mahasiswa dan generasi muda, terutama dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. ” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button