UNPAD Bandung dan Pemkab Serang akan menjalin kerjasama di bidang perikanan dan kelautan - WisataHits
Jawa Barat

UNPAD Bandung dan Pemkab Serang akan menjalin kerjasama di bidang perikanan dan kelautan

UNPAD Bandung dan Pemkab Serang akan menjalin kerjasama di bidang perikanan dan kelautan

FAKULTAS Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Jawa Barat akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di bidang perikanan dan kelautan. Kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi Kabupaten Serang.

Hal itu diungkapkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD Bandung usai melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Serang. Mereka diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Soehardjo, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sekretaris Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, hari itu menerima Wakil Dekan (Wadek) I Rita Rostika Wadek II Mega Lasmini Syamsudin Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD di Bandung, dengan Menjajaki kerjasama Pemerintah Kabupaten Serang. Kabupaten Serang dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD terkait.

“Insya Allah dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Serang, kita bisa bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNPAD Bandung,” ujarnya usai audiensi di Aula KH. Syam’un pada Kamis, 19 Januari 2023.

Tujuannya, kata Entus, untuk mengembangkan potensi Kabupaten Serang, khususnya di sektor perikanan dan kelautan. Hasil pertemuan kali ini dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Daerah Kabupaten Serang dalam hal ini Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan Panitera UNPAD Bandung pada tanggal 30 Januari 2023 di Kampus UNPAD Bandung.

“Insya Allah kami dari pemerintah daerah akan ikut Bupati dengan beberapa OPD terkait, dan kami berharap nantinya kerjasama ini tidak hanya mencakup perikanan dan kelautan, tetapi juga OPD terkait lainnya,” ucapnya.

Berdasarkan hasil diskusi yang sedang berlangsung, Entus mengatakan bahwa sumber daya UNPAD mengarah pada kerjasama di bidang wisata bahari antara Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan nantinya dengan UNPAD. Apa yang telah dilakukan selama ini juga akan memperbaharui kerjasama antara BKPSDM dalam kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia.

“Kalau untuk penilaian sebenarnya sudah kami lakukan, tapi kami perbarui, dan juga OPD, ini Bappenda (Badan Pendapatan Daerah) di Bidang Pendapatan Daerah, akan ada beberapa OPD lain yang ikut,” jelasnya.

Wakil I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD Bandung, Rita Rostika mengatakan, seluruh jajaran perguruan tinggi (dikti) UNPAD memiliki 3 pilar pendidikan, penelitian dan pengabdian. Atas pengabdiannya itulah yang mendorong pihaknya untuk meningkatkan kegunaan kunjungan salah satunya ke sini kepada pemerintah Kabupaten Serang.

“Harapannya nanti kami selaku staf Dikti dapat memberikan banyak informasi atau penelitian untuk membangun kapasitas guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Serang,” ujarnya.

Tentu saja, alasan memilih Kabupaten Serang, kata Rita, tak lepas dari peran para alumni, salah satunya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Serang, Soehardjo.

“Kemudian ada juga beberapa teman yang merupakan alumni UNPAD dan berpotensi untuk lebih mampu, bahkan lebih bermanfaat bagi Kabupaten Serang,” ujarnya.

Penerbit : R. Fauzi

Reporter: Firo

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button