Kompetisi Roket Air Vakum Taman Pintar Dua Tahunan Kembali Digelar - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kompetisi Roket Air Vakum Taman Pintar Dua Tahunan Kembali Digelar – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) — Taman Pintar Yogyakarta, tempat wisata dan pendidikan, kembali menggelar kompetisi roket air tahun ini setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

“Kompetisi roket air ini sebenarnya rutin kami lakukan setiap tahun. Namun karena pandemi harus dihentikan dan tidak terulang lagi hingga tahun ini,” kata Retno Yuliani, Kepala Unit Pelaksana Teknis Taman Budaya Yogyakarta, di Yogyakarta, Rabu.

Kompetisi roket air ini rencananya akan digelar pada 20 Agustus 2022 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

Baca Juga: Yogyakarta Smart Park Diperkirakan Didatangi 5.000 Wisatawan Per Hari

Menurut Retno, ada perbedaan lokasi lomba roket air tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang digelar di Embung Giwangan.

“Biasanya kompetisi ini berlangsung di lapangan. Untuk tahun ini kami akan mengadakan di Giwangan Embung dan memperkenalkan situs tersebut sebagai bagian dari Taman Pintar, dan nantinya akan dikembangkan sebagai taman budaya,” katanya.

Taman Pintar menargetkan 250 kelompok peserta yang akan berlaga di kompetisi roket air tahun ini. Peserta harus berusia antara 12 dan 16 tahun.

“Kompetisi ini terbuka dan tidak hanya warga kota Yogyakarta yang ikut, tapi bisa diikuti dari mana saja. Tahun-tahun sebelumnya ada peserta dari luar Jawa seperti Palembang dan lainnya,” ujarnya.

Retno menambahkan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba roket air ini cukup tinggi, dan saat ini sudah ada sekitar 150 kelompok yang mendaftar. Pendaftaran dibuka hingga 16 Agustus.

Peserta yang terdaftar akan mengikuti pertemuan teknis untuk menguji peralatan seperti peluncur dan misil.

“Roket akan diluncurkan dari sisi timur reservoir dan ditujukan untuk mendarat di sisi barat reservoir. Tentu saja venue kompetisinya cukup menantang dan lebih menarik,” ujarnya.

Pemenang kompetisi roket air ini akan mengikuti kompetisi serupa di level yang lebih tinggi. “Kemungkinan itu akan terjadi pada Oktober tahun ini,” katanya.

Baca Juga: Yogyakarta Smart Park Ikut Menekan Stunting
Baca Juga: Taman Pintar Kota Yogyakarta Perbarui Zona Etika Lalu Lintas

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Kompetisi roket air Taman Pintar kembali digelar setelah dua tahun hiatus

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button