Klaten dan Solo berbicara tentang mengangkut wisatawan dengan bus tingkat Werkudara - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Klaten dan Solo berbicara tentang mengangkut wisatawan dengan bus tingkat Werkudara – Solopos.com

Klaten dan Solo berbicara tentang mengangkut wisatawan dengan bus tingkat Werkudara – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Bus tingkat Werkudara

Solopos.com, Klaten Ide membangun jalur angkutan wisata antara Klaten dan Kota Solo sempat diwacanakan beberapa tahun lalu. Namun, rencana tersebut tidak dapat direalisasikan karena pembatasan akses.

Kepala Dinas Perhubungan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Sapto Widhi Harsono mengatakan, ide pembangunan jalur angkutan wisata itu muncul dari komunikasi antara Dishub Klaten dengan Dishub Solo. Pembicaraan berlangsung sekitar tahun 2019.

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

“Rencana itu tidak pernah ada. Ngomong-ngomong, kami sering berkomunikasi dengan Dishub Solo. Jadi buatlah rute perjalanan ke Klaten. Sifatnya bukan transportasi perkotaan atau pedesaan, tapi transportasi wisata,” kata Sapto Solopos.comSelasa (10/01/2023) siang.

Rute tersebut mengarah ke destinasi wisata utama seperti wisata air dan kuliner di kecamatan Tulung dan Polanharjo. Sarana transportasi yang digunakan adalah bus wisata Werkudara.

Beriklan dengan kami

Namun, gagasan ini masih membutuhkan pembahasan lebih lanjut dan keterlibatan lembaga lain. Pasalnya, kondisi akses jalur wisata lintas jalan negara, seperti wisata air di Klaten, cukup sempit dan lalu lintas padat. Juga, ada banyak pohon di sepanjang jalan menuju ke jalan.

Dalam kondisi tersebut, bus besar Werkudara yang merupakan bus tingkat cukup sulit diakses, terutama saat melaju di jalan pedesaan.

“Jadi jenis busnya adalah bus tingkat dan memang didesain sebagai bus wisata. Jadi setengah terbuka. Harapannya, saat berwisata ke Klaten, Anda bisa menikmati pemandangan alam seperti persawahan. Pembahasan dalam hal ini terjadi sebelum pandemi Covid-19, sekitar tahun 2019. Kita perlu bekerja sama dengan instansi terkait lagi,” kata Sapto.

FYI: Salah satu kawasan wisata di Klaten yang populer di kalangan wisatawan terletak di sisi utara Klaten atau di kecamatan Polaharjo dan Tulung.

Banyak wisata air dan makanan di daerah ini. Seperti Umbul Ponggok, Umbul Pelem, Umbul Manten, Pemancingan Janti serta tempat wisata air lainnya diantaranya selang air di Sungai Purpura.

Beriklan dengan kami

Nama Klaten sebelumnya sempat viral di Twitter. Ada cerita kocak warga Klaten yang ingin ke Jogja tapi tersesat di Solo yang viral di media sosial Twitter pada Senin (9/1/2022).

Itu kemudian mengarah pada proposal oleh pengguna internet sehingga Batik Solo Trans (BST) dapat melayani penumpang hingga Sukoharjo dan Klaten.

Akun @AmigunoAli yang menulis: “Sedangkan soal angkutan umum, saran wae mas, lek iso BST ne iso tekan terminal SKH opo Klaten ngunu, mudah ke bandara Medun soko langsung ke terminal SKH. Seneng banget bisa menang @PDI_Perjuangan… saran wae.”

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi cuitan tersebut dengan mengajak Sukoharjo dan Klaten berinvestasi dengan menyediakan armada sendiri. “Lha mbok Sukoharjo dan Klaten menambah koridor atau investasi armada. Kok semua diserahkan ke Solo,” tulis Gibran.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button