Pantai Drini Gunung Kidul, Menikmati keindahan laut dari atas sampan - WisataHits
wisatahits

Pantai Drini Gunung Kidul, Menikmati keindahan laut dari atas sampan

Harga tiket: Rp 4.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling cocok untuk mengisi waktu liburan. Pantai ini memiliki banyak pesona alam yang eksotis. Salah satu pantai yang direkomendasikan adalah Pantai Drini. Pantai ini bisa membuat setiap orang yang mengunjunginya selalu ingat dan tidak pernah beranjak. Karena keindahan pantai ini sangat menakjubkan.

Pantai Yogyakarta memang menjadi primadona wisata bahari. Hampir setiap hari setiap wisatawan akan datang berkunjung dan meramaikan tempat ini. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam dan menempuh jarak yang jauh untuk mengunjungi keindahan pantai ini.

Hal ini berhasil memacu pemerintah Yogyakarta untuk lebih memperhatikan potensi wisata bahari. Hampir semua fasilitas dirancang dan dilengkapi dengan kualitas tinggi. Sebelum mengunjungi Pantai Drini. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan pantai ini, mulai dari daya tariknya hingga fasilitas yang dimilikinya. Sehingga sebelum berkunjung, wisatawan sudah memiliki gambaran.

Objek wisata yang dimiliki pantai Drini

Aktivitas Pantai DriniKredit gambar: Facebook.com @jogya

Pantai ini tidak lepas dari pesona keindahan yang mempesona. Semua keindahan yang ada di pantai ini tidak lain adalah hasil karya alam dan masih memiliki pemandangan alam. Tak heran jika semua orang ingin mengunjungi pantai ini sejak lama. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Drini.

1. Pulau minimalis di tengah pantai

Jadi umumnya pulau ini memiliki ukuran yang besar dan terletak di tepi lautan atau di tengah lautan. Berbeda dengan pulau-pulau di pantai ini. Di tengah pantai terdapat sebuah pulau dengan lebar yang sempit namun sangat panjang di pulau tersebut berhasil membagi pantai ini menjadi 2 bagian yang berbeda.

Setiap wisatawan tertarik untuk mengunjunginya karena memiliki tampilan dan nuansa yang unik. Keindahan ini kerap dijadikan lokasi Instagrammable. Wisatawan mencari tempat-tempat menarik untuk berfoto, karena hanya tinggal di pulau akan mendapatkan background foto yang menakjubkan.

2. Tebing Besar

Pulau ini memiliki tebing-tebing yang besar dan megah. Tebing-tebing tersebut tersusun tidak beraturan namun memiliki nilai seni. Setiap pengunjung akan sangat senang untuk mengambil beberapa momen berharga di bawah tebing.

Tebing tersebut juga dilintasi air sehingga ketika air beriak dan mengenai tebing menimbulkan dan menunjukkan keindahan yang luar biasa. Setiap wisatawan akan berusaha mengabadikan momen tersebut. Karena pertemuan air dan tebing batu secara tidak sengaja menimbulkan pertengkaran besar dan sangat indah jika difoto dengan benar.

3. Aktivitas Nelayan

Mengunjungi pantai ini, wisatawan bisa melihat banyak perahu nelayan yang berjejer. Selain itu, aktivitas pagi dan sore hari memungkinkan wisatawan untuk melihat langsung para nelayan yang bekerja mencari ikan. Sedangkan di sekitar pantai mata pencaharian utama masyarakat adalah menangkap ikan. Tentu saja pemandu tersebut menjadi tontonan dan sangat unik.

Selain sekedar menonton, wisatawan dapat bertanya, mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan memancing. Nelayan di pantai juga ramah dan memberikan informasi tentang memancing.

Atraksi DriniKredit gambar: Facebook.com @jogjafamilyfm

4. Kombinasi pasir hitam dan pasir putih

Biasanya pantai hanya memiliki satu jenis pasir. Kalau bukan pasir hitam, pasti pasir putih. Namun berbeda dengan pasir Pantai Drini. Pantai ini merupakan campuran pasir hitam dan pasir putih. Tentu saja, kedua kombinasi pasir tersebut memiliki keindahan dan warna yang eksotis. Pengunjung bisa bersenang-senang dengan pasir hitam atau pasir putih.

Objek wisata ini merupakan salah satu ciri khas pantai Yogyakarta. Setiap pantai di sini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Bahkan beberapa pantai di Yogyakarta pernah dianggap surga dunia karena keindahannya yang mempesona.

5. Waktu matahari terbit terbaik

Matahari terbit selalu dikaitkan dengan pantai. Jika wisatawan ingin menikmati keindahan matahari terbit yang mempesona, mereka dapat mengunjungi pantai Drini ini. Pantai dengan tumpukan batu karangnya yang besar ini ternyata luar biasa indah saat matahari terbit.

Untuk memanfaatkan momen tersebut, wisatawan disarankan datang lebih awal agar tidak melewatkan kesempatan melihat matahari terbit. Selain matahari terbit, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbenam. Keindahannya yang eksotis memberikan kesan romantis.

Banyak wisatawan mengunjungi tempat ini bersama kerabatnya. Yang lebih unik lagi, pengelola juga menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset.

Alamat dan rute menuju pantai Drini Lokasi

Alamat Pantai Drini PantaiKredit gambar: Google Maps (Pengungkapan Agvs)

Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal di daerah Yogyakarta. Bagi masyarakat Yogyakarta tentunya sudah mengenal pantai ini. Mereka dapat dengan mudah mengunjunginya kapan saja. Pantai Drini terletak di kawasan Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tanjung Sari, tepatnya di desa Banjarejo.

Akses menuju lokasi pantai ini juga tidak terlalu sulit. Karena pantai ini sudah populer, wisatawan dapat mengunjunginya secara langsung dengan mengikuti petunjuk yang telah disediakan. Namun, secara umum, mengunjungi pantai ini bisa melalui beberapa jalur.

Misalnya wisatawan datang dari arah Solo, maka bisa menggunakan pilihan dua jalur. Rute pertama melewati Klaten kemudian Cawas terus menuju Semin hingga Watukelir. Setelah Watukelir, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Tanjung Sari.

Rute kedua melewati Sukoharjo, lalu menuju Solo, lalu Tawangsari, dilanjutkan dengan Semin. Selanjutnya bisa melalui Watukelir menuju Karangmojo dan langsung ambil jalan menuju Tanjungsari.

Sementara itu, jika Anda datang dari Yogyakarta, Anda bisa mengambil arah Piyungan lalu Patuk, langsung menuju Sambiputu. Ikuti rambu menuju Tanjung Sari. Setiap wisatawan dapat dengan bebas memilih rute yang akan ditempuh untuk mengunjungi panti asuhan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Drini

Harga Tiket Pantai DriniKredit gambar: Google Maps (Arnali Raflessia)

Pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya ini memiliki tarif yang sangat terjangkau. Dengan tarif tersebut, setiap pengunjung bisa masuk dan keluar pantai dengan bebas asalkan membayar. Setiap wisatawan akan dikenakan biaya hanya 4.000 rupee. Mereka bisa menikmati pemandangan sesuka hati.

Namun, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus parkir. Biaya parkir juga tidak terlalu mahal. Hanya sekitar 5.000 untuk mobil dan 3.000 untuk kendaraan bermotor. Area parkir atau pad yang disediakan juga sangat luas, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tidak memiliki tempat parkir.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Drini

Aktivitas di Pantai Pantai DriniKredit gambar: Google Maps (Nur Arifin Enggar Kurniawan)

Wisatawan sangat tertarik untuk berkunjung ke pantai ini karena selain dapat menikmati pemandangan alam Nanda yang eksotis, mereka juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Drini.

1. Berjemur

Wisatawan bisa menikmati keindahan dan kehangatan matahari pagi sambil berjemur. Ada lokasi terpisah yang disediakan oleh pengelola. Sehingga wisatawan bisa leluasa dan menikmati waktu berjemurnya, tanpa khawatir terganggu oleh anak-anak yang bermain.

2. Berselancar

Surfing hanya bisa dilakukan saat ombak besar atau saat air pasang. Namun pantai ini tergolong pantai yang memiliki ombak besar, sehingga wisatawan bisa berselancar berulang kali. Peralatan selancar bisa dibawa sendiri atau disewa di tempat yang disediakan.

3. Snorkeling

Snorkeling adalah aktivitas air yang paling populer. Karena tidak semua pantai menawarkan fasilitas ini. Pantai Drini memiliki air yang jernih, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah laut.

Namun, bagi wisatawan yang ingin snorkeling harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. Karena kegiatan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Tempatnya juga beda.

4. Berkano

Kegiatan ini sendiri tidak kalah populer dan banyak dilakukan oleh wisatawan. Mereka bermain kano dan bermain dengan ombak. Saat ombak besar, wisatawan bisa saja bermain kano di tepi pantai, sehingga tidak berbahaya. Namun, jika ombak semakin kecil, wisatawan diperbolehkan bermain sedikit di tengah. Tentunya dengan pengawasan manajemen.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi yang paling dekat dengan pantaiKredit gambar: Pegipegi.com

Keindahan pantai ini berhasil menarik perhatian para wisatawan. Mereka rela menginap di liburannya untuk menikmati keindahan Pantai Drini dengan puas. Berikut beberapa rekomendasi akomodasi yang terletak di dekat pantai.

1. Keluarga Omah Sundak

Jarak dari hostel ini ke pantai hanya 3,3 km. Pengunjung dapat dengan cepat sampai ke pantai. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk setiap malam, pengunjung hanya perlu membayar 200-230 ribu. Hostel ini juga menawarkan fasilitas khusus untuk setiap pengunjungnya. Jadi walaupun murah, pelayanannya tetap berkualitas.

2. Griya Limasan Gunung Kidul

Hostel ini juga merupakan salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan. Salah satu alasannya, selain jaraknya yang dekat, adalah harga yang relatif terjangkau. Dari hostel ini ke Pantai Drini hanya berjarak 19,7 km.

Sedangkan harga per malamnya berkisar antara 190.000 hingga 230.000. Fasilitas yang diberikan juga lengkap. Dan pelayanan yang diberikan juga sangat baik.

3. Ratu Resor Selatan

Hostel ini dianggap sebagai hostel terlaris. Hampir setiap hari, selalu dikunjungi wisatawan. Meski harganya relatif tinggi, banyak wisatawan yang memilih tempat ini. Lokasi ini berjarak 29 km dari pantai. Namun, keindahan pemandangan lingkungan penginapan telah memikat banyak pengunjung. Harga tiap malamnya bervariasi dari 700 hingga 800 ribu.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas Pantai DriniKredit gambar: Google Maps (Aris Fadillah)

Karena pantai ini populer. Sehingga pihak manajemen selalu mengevaluasi dan memberikan fasilitas yang lengkap. Hal ini membuat wisatawan yang berkunjung ke pantai ini betah. Kebersihan pantai juga penting. Pengelola akan selalu mengingatkan wisatawan untuk menjaga kebersihan.

Pantai Drini adalah salah satu pantai eksotis yang paling banyak dikunjungi di Gunung Kidul. Pantai dengan fasilitas lengkap ini memiliki daya tarik yang mempesona. Seperti keindahan bebatuan, maka keberadaan pulau kecil melengkapi fasilitas bermain air. Tak heran jika banyak pengunjung yang rela berlama-lama berlibur di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button