Pantai Jogan, pantai unik dengan perpaduan eksotisme air terjun di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Jogan, pantai unik dengan perpaduan eksotisme air terjun di Gunung Kidul Jogja

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Siapa yang tidak suka dengan keindahan pantai? Pantai merupakan tempat dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang eksotis. Indonesia sendiri memiliki banyak pantai yang bisa dijadikan destinasi liburan para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara, seperti Pantai Jogan.

Pantai yang terletak di wilayah Yogyakarta ini ternyata memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Bahkan pengunjung pantai ini merasakan suasana yang sama seperti di Bali. Tergolong pantai pasir putih, pantai ini selalu masuk dalam daftar liburan wisatawan.

Biasanya pantai dan air terjun adalah destinasi yang berbeda. Namun kekhasan pantai ini terletak pada perpaduan air laut dan air terjunnya. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat menikmati kedua destinasi tersebut secara langsung. Oleh karena itu, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Atraksi Pantai Jogan

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai JoganKredit gambar: Twitter Ozradio

Pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa ini tentunya memiliki beragam daya tarik. Setiap wisatawan dapat menikmati segala bentuk keindahan alam tanpa batas di pantai ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Pantai Jogan Yogyakarta.

1. Memiliki air terjun

Wisatawan akan dibuat takjub saat mengunjungi pantai ini. Keindahan air terjun di pantai ini juga tidak main-main. Memiliki ketinggian sekitar 12 meter, air terjun ini mampu membius para wisatawan untuk selalu mengunjunginya dan berlama-lama menyaksikannya.

Air terjunnya terasa segar sehingga berbanding terbalik dengan laut di pantai ini. Inilah keunikan Pantai Jogan. Air terjun ini memiliki kecepatan arus yang sedang, namun saat musim hujan tiba, aliran air terjun akan lebih deras.

2. Keindahan Samudra Hindia

Laut Pantai Jogan diklasifikasikan sebagai bagian dari Samudra Hindia. Tidak hanya air terjun yang menjadi objek wisata, laut di pantai ini juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Pengunjung merasa tidak bisa lepas dari keindahan air laut, keberadaan ombak yang besar membuat wisatawan sangat menikmati cipratan air yang menerpa kaki mereka. Kehadiran bebatuan membuat keindahan alam ini semakin menarik.

3. Keindahan pohon palem

Aktivitas Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Sangat beracun

Pohon palem memang merupakan sumber keindahan alam. Pohon yang bisa tumbuh tinggi dan megah ini memiliki daun yang hampir menyerupai pohon kelapa. Pohon ini sangat rindang sehingga para wisatawan yang berteduh di sana tidak merasakan kepanasan. Banyak wisatawan yang berteduh di pohon ini sambil menikmati keindahan laut dan pantai.

4. Keindahan matahari terbenam

Sunset memang merupakan waktu terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai. Namun berbeda di pantai ini, sunset bisa menimbulkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Matahari terbenam yang dibingkai oleh pemandangan langit keunguan selalu mengundang keajaiban.

Alamat dan arah menuju lokasi Pantai Jogan

Alamat Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Felicia Sharren

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Yogyakarta, tentu mengenal pantai ini. Pantai ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di kecamatan Tepus. Untuk menuju pantai ini juga tidak terlalu sulit. Sehingga wisatawan dapat dengan mudah menuju Pantai Jogan.

Jika wisatawan yang datang dari pusat kota dapat memilih arah timur yang melewati Jalan Ahmad Dahlan. Kemudian melalui Jalan Panembahan Senopati 9 mengikuti arah jalan tersebut hingga menemukan persimpangan, wisatawan dapat memilih jalur timur yang nantinya akan melewati Jalan Sisingamangaraja.

Dari Jalan Sisingamangaraja wisatawan dapat mengambil jalan barat yang nantinya akan melewati Jalan Imogiri dan berhenti saat sampai di pertigaan.Di pertigaan tersebut akan ada petunjuk arah menuju tempat wisata pantai. Jarak dari pusat kota ke pantai kurang lebih 79 km. Adapun perkiraan waktu tempuhnya, bisa memakan waktu hingga dua setengah jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan Gunung Kidul

harga tiket joganKredit gambar: Google Maps Budi Muryanto

Bagi wisatawan yang hanya memiliki waktu luang untuk berwisata, tidak perlu khawatir. Karena pantai ini bisa dikunjungi kapan saja, baik pada hari aktif maupun pada hari libur. Jam buka adalah dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Meski demikian, pengunjung tetap bisa menikmati sunset. Caranya adalah dengan memberitahukan atau memberikan konfirmasi kepada pengelola.

Keindahan pantai ini sangat luar biasa. Ini bisa dinikmati pengunjung hanya dengan Rp 10.000 per orang. Mengenai biaya parkir sendiri, sepeda motor dikenakan biaya Rp 3.000, kemudian mobil dikenakan biaya Rp 5.000 dan untuk bus dikenakan biaya Rp 20.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Jogan

Aktivitas di Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Seri Kurwadi

Pantai yang dilengkapi dengan nuansa keindahan alam ini sangat cocok untuk aktivitas basah. Pengunjung dapat melakukan aktivitas apapun selama tidak dilarang oleh pengelola dan tetap dalam pengawasan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Jogan.

1. Nikmati air terjun

Meski air terjun di pantai ini cukup tinggi, wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dari atas atau bawah. Saat menikmati dari bawah air terjun, wisatawan bisa bermain air sambil berfoto estetis.

Namun untuk melakukan aktivitas ini, sangat disarankan untuk berhati-hati. Biasanya area air terjun akan memiliki permukaan yang curam dan licin. Kalau mau turun harus tanya ke pengelolanya dulu. Karena pengelola menyediakan alat khusus sebagai sarana bagi pengunjung yang ingin turun.

2. Bermain pasir

Pantai dengan keindahan pasir putihnya ini memang sangat menakjubkan. Pasir putih Pantai Jogan bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bermain atau berjemur. Banyak wisatawan yang menikmati bermain di pasir putih sambil mengamati dan mengagumi keindahan laut yang luas, waktu ini juga dipercaya dapat melepaskan stres atau menghilangkan penat.

3. Ambil gambar

Memotret adalah kegiatan yang mengabadikan momen-momen terindah. Oleh karena itu, wisatawan akan ingat untuk mengambil foto di beberapa tempat menarik yang dapat menjadi simbol bagi wisatawan. pantai yang indah ini.

Misalnya, pantai ini memiliki karakter yang unik atau khas dengan air terjun. Kemudian, wisatawan akan berfoto dengan latar belakang air terjun untuk membuat kenangan terindah. Selain itu, pengelola juga menawarkan beberapa lokasi atau tempat unik yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Satria Bhakti

Mengunjungi Pantai Jogan membutuhkan banyak waktu. Itu karena keindahan pantai ini. Untuk membuat pengunjung merasa kurang puas jika hanya mengunjungi lokasi selama satu atau dua hari. Ada banyak hostel yang bisa digunakan pengunjung yang memiliki lokasi dekat dan rute yang mudah menuju pantai ini.

1. Akomodasi Griya Watukelir

Hostel ini tergolong memiliki lokasi yang dekat dengan pantai. Jarak yang ditempuh tidak hanya sekitar 7 km. Hostel ini memiliki desain eksterior yang unik, kamarnya juga luas dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini, harus membayar Rp 538.000 untuk setiap malamnya.

2. Perumahan Limasan Mbah Darmo

Bagi wisatawan yang menyukai rumah tradisional, hostel ini bisa menjadi rekomendasi. Selain harganya yang murah, hostel ini juga dekat dengan pantai ini. Perkiraan jarak dari hostel ini ke pantai hanya sekitar 7 km.

Meski memiliki fasilitas lengkap, hostel ini hanya memiliki tarif Rp 225.000 per malam. Jika Anda tidak melakukan reservasi terlebih dahulu, hostel ini pasti akan ramai pengunjung yang bermalam.

3. Guest House Mayasari

Hostel ini berjarak 9 km dari pantai. Hostel ini dinilai memiliki tarif yang relatif murah untuk setiap malamnya. Namun, fasilitas yang disediakan hostel ini sangat lengkap.

Wisatawan hanya perlu membayar pajak sebesar Rp 200.000 untuk menginap di Mayasari Guest House. Sangat disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena biasanya hostel ini selalu penuh dan ramai pengunjung pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jogan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Wilson Chandra

Pengelola pantai selalu melakukan yang terbaik untuk menjadikan pantai ini sebagai tujuan favorit domestik atau luar negeri. Sehingga kelengkapan fasilitas selalu diutamakan agar wisatawan semakin nyaman dan tertarik untuk mengunjungi pantai ini. Fasilitas umum dengan fasilitas khusus tersedia di pantai ini.

Seperti tempat parkir luas yang bisa di huni banyak motor, mobil dan bus. Ada juga fasilitas umum seperti toilet, warung makan, tempat istirahat. Bahkan pengelola juga menyediakan sarana prasarana untuk berbagai aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan selama berkunjung ke pantai ini.

Pantai Jogan terkenal dengan keunikan air terjunnya serta keindahan laut dan daratannya. Sangat disayangkan bagi para pecinta alam jika belum mengunjungi pantai ini dan menikmati keindahannya. Tidak perlu khawatir karena biaya yang dikeluarkan tidak mahal untuk keindahan alam yang tiada batas dan tiada duanya ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button