Menikmati indahnya pemandangan Pantai Drini dari atas sampan - WisataHits
wisatahits

Menikmati indahnya pemandangan Pantai Drini dari atas sampan

Pantai Drini dijuluki Pantai Perawan Gunung Kidul karena masih asri, tenang dan sangat alami.

Menikmati indahnya pemandangan pantai Drini dari atas Canoe 2Gambar pantai Drini via instagram.com/pesonajogja/

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Bermain pasir di pantai, Berenang di pantai, Berjemur di pantai, Berkano, Berfoto, Panjat tebing
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, baju ganti, sandak
Larangan: Dilarang berenang di tengah laut
Alamat: Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas umum: Tempat Ibadah, Toilet, Warung makan, Parkir, Kano, Lookout point, Snorkeling, Surfing, Gift shop, Flushing
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Gunung Kidul dikenal memiliki banyak pantai yang indah. Selain itu, pantai-pantainya berjajar sehingga Anda dapat mengunjungi beberapa pantai dalam 1 perjalanan.

Pilihan pantai bisa dimulai dari Pantai Drini. Apa yang spesial dari pantai ini? Simak artikel tim dolanyok di bawah ini untuk rangkuman wisata pantai kali ini.

Menghadap Pantai Drinivia instagram.com/objek_wisata_jogja/

Gadis Pantai Drinivia instagram.com/pantai_drini/

Jembatan Pantai Pantai Drinivia instagram.com/pantai_drini/

Pulau Pantai Pantai DriniVia instagram.com/bagusnoorfajar99/

Sekilas Tentang Pantai Drini

Apa yang membuat Pantai Drini menarik untuk dikunjungi? Sama seperti tempat wisata pantai lainnya, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah.

Namun ada hal yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainnya. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Nglambor, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Baron dimana Anda bisa melihat tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai.

Pemandangan yang sama akan Anda temukan di pantai ini. Terdapat dua bukit di sisi barat dan timur yang membuat pantai ini semakin indah.

Asal usul nama

Mengapa disebut Pantai Drini? Konon dulu pantai ini diserbu tanaman santigi atau sering disebut drini. Oleh karena itu, pantai ini juga disebut Drini oleh masyarakat.

Keunikan

Ada hal menarik saat anda berwisata ke pantai ini yang membuat anda betah berlama-lama di pantai ini.

Pulau kecil

Anda bisa melihat deretan pulau-pulau kecil di sisi selatan pantai ini. Gugusan pulau itu seolah membelah laut di depan pantai menjadi dua bagian.

Pantai sisi timur lebih tenang sedangkan pantai sisi barat memiliki karakteristik yang lebih keras dan bergemuruh. Untuk menuju pulau karang anda harus menyeberangi laut namun saat air surut anda cukup berjalan kaki menuju pulau tersebut.

Pengelola sudah menyediakan tangga beton untuk sampai ke puncak tebing. Jadi Anda tidak perlu repot mendaki tebing.

jurang

Selain pulau karang di tengah laut, Anda juga bisa menemukan tebing karang di sisi timur. Tebing itu tampaknya tetap kokoh meski dihantam ombak yang keras.

Perahu Memancing

Pemandangan yang sedikit berbeda terdapat di sisi barat pantai ini. Perahu bersandar sempurna di pantai. Nelayan menyandarkan perahu untuk beristirahat setelah lelah melaut.

Ikan laut

Daya tarik pantai ini tidak hanya pada pantainya saja. Ternyata yang menjadi magnet pantai ini adalah pesona bawah lautnya.

Anda bisa melihat berbagai jenis ikan seperti Jambrong, Goby Pasir, Major dan masih banyak lagi. Anda juga dapat menemukan terumbu karang yang tumbuh subur di pantai ini.

Alamat

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terletak 1 km dari Pantai Panjang. Untuk sampai ke pantai ini, Anda juga perlu menempuh perjalanan 1 jam 41 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Harga tiket

Untuk menikmati semua pesona pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00/orang. Agak terjangkau, bukan?

Informasi Harga
Biaya masuk Rp10.000/orang
Parkir roda 2 Rp 3.000,00/motor
Parkir roda 4 Rp5.000/mobil
kano kecil Rp50.000,00 / 2 orang
Kano Besar Rp10.000,00 / 4 orang

Jika Anda ingin lebih menikmati pantai ini dengan cara yang menyenangkan, Anda bisa mencoba wisata kano. Ada dua jenis sampan, kecil dan besar.

Meredakan

Pengelola sedang membangun pantai ini agar semakin menarik, sehingga fasilitas yang mereka miliki pun semakin lengkap.

  • Tempat beribadah
  • Toilet
  • warung makan
  • Tempat parkir
  • Kano
  • Belvedere
  • Snorkeling
  • Berselancar
  • Toko cendera mata
  • ruang bilas

Jika tidak ingin kepanasan, Anda bisa duduk di bawah gazebo dan menikmati pemandangan pantai dari atas gazebo.

Wisata terdekat

Gunung Kidul memang terkenal dengan deretan pantainya yang indah, selain pantai ini anda bisa singgah di pantai-pantai terdekat sebagai berikut :

Pantai katak watu

Pantai katak watuGambar via ig @jogjatraveladventure

Pantai Watu Kodok sangat unik karena terdapat dua batu besar yang bentuknya mirip kodok atau kodok. Batu tersebut terletak di sebelah barat dan timur pantai ini.

Pantai ini sangat luas, sehingga Anda bisa bermain atau berlari dengan bebas di sepanjang pantai. Jika Anda lelah bermain air, Anda juga bisa berteduh di bawah pohon cemara udang yang terletak di pinggir pantai.

pantai rumput

pantai rumputGambar via ig @jogjajateng

Mungkin bagi sebagian orang melihat laut yang surut bukanlah hal yang menarik. Namun bagi Anda yang mengunjungi Pantai Ngrumput saat air surut, merupakan berkah karena Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa.

Anda bisa melihat rumput dan biota laut lainnya saat air laut surut. Jika Anda beruntung, Anda mungkin melihat ubur-ubur atau bintang laut di pantai ini.

Puncak Kosakor

Menikmati indahnya pemandangan pantai Drini dari atas Canoe 3Gambar via ig@dinatika14

Selain wisata pantai, ternyata ada beberapa tempat wisata alam yang sangat unik di Gunung Kidul. Objek wisatanya adalah Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora.

Bukit ini terletak di sebelah timur pantai Drini dan di atas pantai Ngrumput. Untuk sampai ke puncak ini, Anda harus mendaki bukit sejauh 800 meter. Begitu sampai di puncak bukit ini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai Ngrumput dari atas.

Berangkat ke Gunung Kidul pagi-pagi sekali karena Anda bisa singgah di pantai-pantai terdekat dalam satu kunjungan.

Akomodasi di sekitar

Jika Anda ingin bermalam di pantai ini, Anda bisa mencari penginapan terdekat:

rumah tamu desa

Hostel ini hanya memiliki 7 unit dengan harga sewa mulai dari Rp 150.000,00 hingga Rp 250.000,00. Untuk menghindari kehabisan kamar, Anda bisa memesan terlebih dahulu di 0823 2764 6529.

Akomodasi Mutiata

Hostel ini terletak di sisi timur jembatan dan bersebelahan dengan mushola pantai. Meski terlihat sederhana, hostel ini nyaman untuk ditinggali. Cukup hubungi nomor 0878 3992 4566.

Resor Winahyu

Jika Anda kehabisan kamar di hostel di sekitar pantai ini, Anda bisa mencari akomodasi lain di sekitar pantai. Anda bisa mencobanya di Winahyu Resort Inn yang terletak di dekat Pantai Kukup.

Tarif kamar berkisar antara Rp 185.000,00 hingga Rp 517.000,00. Anda dapat memilih kamar Eco, 1 kamar tidur atau 2 kamar tidur. Pesan kamar Anda sekarang di 0852 9206 6605.

Guest House Kampoeng Baron

Pilihan akomodasi selanjutnya adalah Kampoeng Baron. Seperti namanya, hostel ini terletak dekat dengan Pantai Baron.

Fasilitas yang dimiliki pantai ini cukup lengkap mulai dari AC, restoran, kafe, antar jemput bandara dan masih banyak lagi. Namun, harga yang ditawarkan juga cukup mahal dibandingkan dengan hostel lain.

Harga akomodasi bervariasi dari Rp 500.000,00 untuk akomodasi dan Rp 1.200.000 – Rp 1.50.000,00 untuk vila. Untuk pemesanan villa bisa menghubungi nomor 0813 9271 8897.

Ada banyak pilihan akomodasi mulai dari yang biasa hingga yang eksklusif.

Restoran terdekat

Setelah lelah bermain air, tentunya ingin istirahat sambil makan. Berikut beberapa warung makan atau restoran yang bisa Anda coba:

Yuni-Restoran

Restoran terdekat dari pantai ini adalah Restoran Bu Yuni. Restoran ini tentu menawarkan persiapan seafood secara teratur.

Banyak sekali turis yang mampir ke resto ini mengaku ketagihan. Untuk informasi dan pemesanan bisa menghubungi nomor 0858 7572 6201.

Restoran Hutama

Pilihan resto selanjutnya adalah Hutama Resto dimana anda bisa menikmati berbagai macam seafood, Nah bagi anda yang tidak menyukai seafood, anda bisa menikmati berbagai menu tradisional Gunung Kidul.

Restoran ini sangat luas dan dapat menampung 800 orang. Untuk menunjang pelanggan restoran ini, pihak pengelola sengaja menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti mushola, toilet dan aula. awak kapal.

Jika Anda datang secara rombongan, Anda harus memesan tempat dan menu terlebih dahulu. Anda dapat menghubungi nomor telepon 085 228 883 889.

Restoran Mbah Yit

Pilihan warung makan sederhana namun enak adalah Warung Makan Mbah Yit. Di sini Anda bisa memesan berbagai menu seafood dan tradisional.

Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00 WIB. Anda juga bisa memesan makanan kaleng dari toko ini untuk berbagai acara.

Restoran Syafa

Warung Makan Syafa terletak di antara dua pantai, yaitu Pantai Drini dan Pantai Watuk Kodo. Menu masakan yang disajikan sebagian besar terdiri dari seafood.

Namun bagi Anda yang tidak menyukai seafood, Anda bisa memesan menu lain seperti ayam bakar. Nah bagi Anda yang bermalam di kawasan pantai ini, Anda bisa mengunjungi toko ini kapan saja karena toko ini buka 24 jam. Anda bahkan dapat memesan kopi dan kentang goreng.

Petualangan pantai Gunung Kidul sangat menyenangkan. Banyak warung makan yang menawarkan aneka makanan laut di sepanjang jalur pantai ini.

Jam operasional

Seperti pantai lainnya, pantai ini buka 24 jam sehari.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh wisatawan sebelum mengunjungi wisata pantai ini:

Kesimpulan

Cobalab pergi ke Gunung Kidul dan menemukan serunya Pantai Drini. Jika Anda seorang pecinta kano, Anda juga bisa berlatih olahraga ini di pantai ini.

Mari ramaikan liburan Anda di pantai ini dengan dua sisi uniknya.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button