Tiket & Aktivitas Waduk Gajah MUNGKUR - WisataHits
wisatahits

Tiket & Aktivitas Waduk Gajah MUNGKUR

Harga tiket masuk Waduk Gajah Mungkur : Rp 10.000

Keberadaan waduk di Indonesia memiliki peran penting. Selain sebagai penampung air, danau buatan juga penting untuk pariwisata. Ada banyak waduk yang menawarkan pengalaman rekreasi dengan suasana hati yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri.

Waduk yang merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Jepang. Lahan waduk merupakan lahan gabungan dari sejumlah desa yang terendam. Danau buatan ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, berbagai kegiatan rekreasi dapat dicoba di sana.

Tiket Masuk Gajah Mungkur

Berkunjung ke waduk ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Jika hanya ingin memancing atau bersantai, pengunjung tidak membayar tiket masuk. Namun ada tiket khusus bagi yang ingin berkunjung ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur. Sejumlah wahana juga membutuhkan tiket terpisah.

Tiket Masuk Waduk Gajah Mungkur
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk SOKO SKY Wonogiri dan Kolam Renang Mempesona di Kaki Gunung

Jam buka

Selain kawasan objek wisata, kawasan waduk bisa dikunjungi kapan saja. Sementara itu, objek wisata memiliki jam buka dari pagi hingga sore hari. Bagi yang ingin melihat panorama terbaik, disarankan datang pada pagi atau sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00

Pesona Waduk Gajah Mungkur

Masyarakat Wonogiri tentu sangat mengenal tempat ini. Sebagai objek wisata, Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu yang paling populer di Wonogiri. Daya tariknya tidak hanya panorama alam yang luar biasa.

Sedangkan luas waduk mencapai sekitar 8.800 hektar. Atau minimal menempati area seluas 7 perempat. Waduk ini berfungsi sebagai hulu dan penampung beberapa sungai. Diantaranya adalah Bengawan Solo, Sungai Tirtomoyo dan Sungai Posong.

Baca: Waduk Kedung Ombo: Tiket Masuk dan Atraksi yang Memikat

Sejarah Waduk Gajah Mungkur

Proyek pembangunan waduk ini sebenarnya sudah ada sejak 1964. Namun, realisasinya baru sepuluh tahun kemudian. Pembangunannya selesai pada tahun 1982 dengan bantuan perusahaan konstruksi Jepang.

Untuk pembangunan instalasi ini, 51 desa harus terendam. Warga kemudian mendapat fasilitas transmigrasi ke Pulau Sumatera. Setelah pembangunannya selesai, waduk ini menjadi salah satu penampung air di Jawa Tengah. Waduk tersebut dapat mengairi 23.000 hektar sawah dan menghasilkan listrik di pembangkit listrik tenaga air.

Selama ini tangki Gajah Mungkur memiliki beberapa fungsi. Fungsi utama sekaligus tujuan pembangunannya adalah solusi banjir Bengawan Solo. Kemudian air juga berguna sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air. Dan terakhir, beberapa lokasi wisata dengan berbagai tema bertebaran di sekitar waduk.

Baca: Waduk WONOREJO: Tiket Masuk dan Pesona Menakjubkan

Pemandangan Waduk Gajah Mungkur di musim kemarau

Waduk gajah mungkur mengering di musim kemarauKeistimewaan waduk saat kering adalah pemandangan danau saat air surut – Foto: Google Maps/Senostory

Lokasinya yang berada di tanah bekas desa menjadi keunikan waduk ini. Karena akan ada pemandangan yang tidak biasa jika Anda berkunjung ke sini pada musim kemarau. Pada saat ini, permukaan air akan turun dan surut untuk mengungkapkan dasar di beberapa titik. Seperti kisah Atlantis, waduk ini menunjukkan sisa-sisa kehidupan.

Wisatawan dapat melihat secara langsung jejak-jejak peninggalan desa yang tenggelam. Ada elemen konstruksi seperti pondasi dan pilar. Ada juga sumur, jalan beraspal dan jembatan kereta api. Ingat pemandangan ini hanya ada saat musim kemarau lho.

Baca: 5 Tempat Wisata Waduk Sermo

Tempat memancing

ikan di waduk gajah mungkurMancing di salah satu spot di pinggir waduk – Foto: Google Maps/Budi Sutrisno

Keberadaan waduk tentunya erat kaitannya dengan kegiatan penangkapan ikan. Begitu juga dengan Waduk Gajah Mungkur. Dengan area yang sangat luas, terdapat sejumlah tempat pemancingan untuk masyarakat umum.

Ikan yang bisa ditemukan di sini antara lain tawes dan nila. Selain itu, ada banyak jenis lain. Ikan-ikan di sini terkenal dengan ukurannya yang besar. Jika beruntung, pengunjung bisa menangkap ikan lebih dari setengah meter.

Tidak perlu membayar untuk bisa mancing disini. Pengunjung hanya perlu membawa alat pancing dan mencari spot yang nyaman. Waduk ini juga merupakan kolam dan keramba ikan bagi warga.

Baca: Bukit Cumbri Puncak Wonogiri Diatas Awan

Arena Selfie

Spot foto Watu Cenik dengan view waduk gajah mungkurWatu Cenik, spot foto dengan panorama danau terbaik – Foto: Google Maps/Heri Nusaputra

Saat berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur, pengunjung bisa menemukan spot foto yang menarik. Banyak spot datang dalam bentuk instalasi kreatif yang sengaja dibuat. Kursi hias, sayap, dan berbagai properti menggemaskan lainnya tersedia di sini.

Namun, ada juga spot foto sederhana yang jadi favorit. Salah satunya Watu Cenik. Batu besar ini menyuguhkan panorama waduk dari atas. Banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto untuk menikmati panorama danau dengan leluasa.

Baca: Tiket Masuk Watu Cenik dan Pesona Menakjubkan

perahu yang indah

perjalanan perahuWahana perahu bagi yang ingin menikmati keindahan danau dengan berjalan lurus – Foto: Google Maps/Rahmat Kurniawan

Rekreasi di danau tidak lengkap tanpa perjalanan perahu. Ada wahana perahu bagi wisatawan yang ingin mencoba dan mengelilingi kawasan danau. Pengunjung bisa memilih perahu atau speed boat. Jalan-jalan ini sangat cocok untuk melengkapi piknik keluarga.

Waduk OW Gajah Mungkur

Gajah di taman hewanTaman Margasatwa adalah salah satu tempat wisata di sekitar Waduh Gajah Mungkur – Foto: Google Maps/Ramadhan Deffa Mararizqi

Waduk Gajah Mungkur merupakan tempat rekreasi keluarga yang populer di Wonogiri. Taman hiburan alam ini menawarkan sejumlah wahana wisata yang menarik. Diantaranya adalah taman satwa dan Waterboom.

Taman yang tidak pernah sepi ini menjadi andalan kawasan rekreasi Wonogiri. Selain memiliki wahana yang beragam, biaya rekreasinya juga sangat terjangkau. Tak heran berbagai kalangan bisa menikmati liburan mereka di sini.

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Wonogiri

Gajah Mungkur. Fasilitas tangki

Kawasan waduk memiliki fasilitas umum seperti alun-alun dan beberapa dermaga. Ada beberapa tempat parkir yang luas. Sedangkan objek wisata Waduk Gajah Mungkur dilengkapi dengan toilet, area parkir dan mushola. Warung makan berdiri di sekitar waduk dengan berbagai menu.

Lokasi Waduk Gajah Mungkur.

Waduk Gajah Mungkur terletak di Jalan Raya Wonogiri-Pracimantoro, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Jaraknya sekitar 6 kilometer selatan pusat kota. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Sedangkan untuk angkutan umum, wisatawan bisa menggunakan bus Solo-Pracimantoro. Pilihan lainnya adalah menggunakan angkutan umum dari Stasiun Wonogiri jika Anda datang dengan kereta api. Kemudian, jika menggunakan kendaraan pribadi, cukup ikuti Jalan Raya Wonogiri-Pracimantoro. Pintu masuknya mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button