Pantai Angsana, Destinasi Bahari Eksotis di Kalimantan Selatan - WisataHits
wisatahits

Pantai Angsana, Destinasi Bahari Eksotis di Kalimantan Selatan

Pantai Angsana adalah destinasi wisata bahari yang eksotis di Kalimantan Selatan. Pantai yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, terutama pesona bawah lautnya.

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Kalsel patut berbangga karena memiliki objek wisata yang indah dan menakjubkan. Salah satu tempat wisata yang tergolong baru adalah Pantai Angsana. Meski pantai ini tergolong baru, namun ramai dikunjungi pengunjung dari wilayah Kalimantan Selatan maupun dari luar pulau Kalimantan.

Sebagian besar objek wisata di Kalimantan Selatan berupa wisata alam, lebih spesifiknya wisata pantai. Setiap pantai di Kalimantan memiliki karakteristik yang berbeda dengan keunikannya masing-masing. Sama halnya dengan pantai ini yang terkenal memiliki keindahan yang tiada duanya dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Sebuah pantai yang menyimpan pesona yang bisa dilihat dan dirasakan oleh semua orang yang berkunjung. Ada banyak atraksi untuk menarik wisatawan. Ada juga fasilitas pendukung yang membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai. Selain itu, ada juga banyak aktivitas menarik untuk dicoba di Pantai Angsana.

Atraksi Pantai Angsana

Atraksi Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Awin Islamic Bimbel

Banyak sekali daya tarik yang dimiliki pantai ini. Yang paling istimewa dari pantai ini adalah pesona bawah lautnya yang menakjubkan. Terumbu karangnya terpelihara dengan baik dan memancarkan keindahan bagi para penyelam. Selain itu, dapat digunakan sebagai wisata edukasi bahari bagi semua pengunjung sambil scuba diving.

Selain keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati sore hari yang indah di pantai. Pantai Angsana adalah pantai dengan tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan terbenam di wilayah Kalimantan Selatan. Warna orange kekuningan dengan kombinasi warna lain akan membuat pengunjung merasa santai dan romantis.

Pasir di pantai ini tergolong pasir putih. Keindahannya semakin lengkap karena berpadu dengan warna biru laut yang cerah, tempatnya juga terjaga kebersihannya dan suasananya yang asri. Pantai ini terlihat sangat alami dan paling bagus untuk dijelajahi dari ujung timur hingga ujung barat.

Pantai Angsana tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang menawan, tetapi juga pemandangan hijau pepohonan pantai. Pepohonan yang tinggi menjulang dan tertata rapi berjejer di sekitar pantai menambah keunikannya. Pepohonan membentuk hutan yang rindang dan kaya akan oksigen untuk bernafas.

Daya tarik lainnya adalah adanya jembatan kayu yang menjorok ke laut. Kesan eksotisme dan romantisme akan terasa saat menuruni jembatan ini. Area ini bisa digunakan untuk berfoto dengan konteks laut biru. Pengunjung juga dapat menggunakannya untuk foto sebelum pernikahan.

Selain itu, banyak tempat wisata air yang bisa dicoba bersama keluarga. Bermain air akan membawa suasana hati yang lebih bahagia dan tidak membuat stres. Pantai ini memang cocok sebagai tujuan liburan dan kegiatan akhir pekan untuk melepas penat setelah aktivitas kerja menumpuk selama hampir seminggu.

Jika ingin merasakan liburan yang lebih seru, kamu bisa mencoba camping di tempat ini. Suasana malam akan semakin indah dengan melihat pantai. Ombaknya akan membuat aktivitas semakin unik. Pengunjung sewaktu-waktu bisa langsung bermain air di pantai dengan senang hati.

Kita dapat mengatakan bahwa wilayahnya sangat luas. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di pantai. Dimulai dengan bermain di pasir putih, bersantai bersama keluarga dan berolahraga di pantai. Sangat menggoda bagi wisatawan yang pergi berlibur bersama anak-anak. Anak-anak akan bermain dengan gembira dan terlihat lebih ceria.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Angsana

Alamat Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Sugeng Wahyudi

Lokasi Pantai Angsana berada di kawasan Angsana wilayah Banjarmasin atau tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Jika diukur, jaraknya sekitar 8 km selatan jalur Trans-Kalimantan. Titik awalnya adalah dari daerah Banjarmasin di Banjarbaru.

Bagi wisatawan yang datang dari luar Kalimantan bisa drop down dari bandara Banjarmasin. Kemudian Anda bisa naik kendaraan umum seperti mobil atau semacam taksi ke Angsana dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam. Di sekitar jalan Angsana ada tempat peristirahatan yang bisa digunakan untuk istirahat.

Bagi wisatawan yang melakukan perjalanan dari luar Kalimantan melalui jalur laut juga bisa drop off di pelabuhan sekitar Banjarmasin. Kemudian dilanjutkan dengan road trip menuju Pantai Angsana. Jalan dari Banjarmasin menuju desa Angsana melintasi beberapa daerah yang cukup mudah untuk dilintasi.

Pilihan moda angkutan umum lainnya yang bisa digunakan adalah angkutan L300 dari terminal Banjarmas di kilometer 6. Kemudian berkendara menuju Plaihari, Asem-asem hingga akhirnya tiba di desa Angsana. Wisatawan akan diturunkan di sekitar pintu gerbang untuk memasuki kawasan desa Angsana, kemudian untuk menuju pantai dapat menyewa ojek.

Harga tiket masuk kawasan wisata tepi laut

Harga Tiket Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Devi Nurhidayati

Pantai Angsana sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin menikmati suasana pantai tanpa harus membayar tiket masuk. Setiap hari, dari pagi hingga sore, panti asuhan ini dibuka untuk umum. Setiap orang dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan termasuk liburan dan olahraga pantai.

Biaya yang dikenakan hanya berlaku bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Untuk parkir motor dikenakan biaya Rs 8000 dan mobil dikenakan biaya Rs 10.000. Tempat parkirnya juga aman dan cukup luas untuk jumlah kendaraan yang banyak.

Kegiatan menarik dilakukan di Pantai Angsana

Aktivitas di Pantai AngsanaKredit gambar: Google Maps Erdiyan Nugroho

1. Menyelam

Ciri khas Pantai Angsana adalah terumbu karangnya yang indah. Semua biota lautnya terjaga dengan baik dan masih terlihat alami. Laut yang jernih juga mendukung aktivitas menyelam para wisatawan. Untuk menunjang kegiatan menyelam, disewakan berbagai alat menyelam dan perahu. Spot paling menarik adalah Karang Kima dan Batu Anjir.

2. Bermain wahana air

Selain diving, ada wahana lain yang tak kalah seru. Diantaranya adalah banana boat yang bisa dimainkan untuk 6 orang dewasa. Wahana ini cocok untuk menguji adrenalin pengunjung. Ada lagi game jetski yang tak kalah seru untuk dicoba. Jetski dapat dimainkan hingga 2 orang dengan mendorong gas di jalur air.

3. Perkemahan

Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang, kegiatan camping bisa menjadi alternatif pilihan. Sebelum berkemah ada baiknya menyiapkan berbagai perlengkapan seperti tenda, tikar untuk alas tikar, makanan dan minuman serta alat dan bahan pendukung lainnya. Di malam hari Anda bisa membakar ikan sambil menikmati kerlap-kerlip bintang.

4. Bermain voli pantai

Olahraga yang bisa dilakukan di pantai ini adalah voli pantai. Pasirnya yang lembut akan sangat mendukung gerakan kaki saat bermain bola voli. Ombak adalah teman saat bermain. Gejolak yang ditimbulkan akan memecah suasana menjadi lebih cair dan suasana kekeluargaan.

5. Perburuan Foto

Bagi sebagian orang, tidak ada salahnya pergi ke suatu tempat tanpa mengabadikan momen di kamera. Tempat ini memiliki pemandangan dan beberapa tempat terbaik untuk dijadikan objek foto. Momen matahari terbenam dan Matahari terbit adalah waktu terbaik untuk mendapatkan bidikan yang sempurna. Bahkan setiap turis juga bisa menjadi subjek foto terbaik.

6. Kunjungan Edukasi

Banyaknya pepohonan dan biota laut yang bertebaran di Pantai Angsana merupakan potensi yang bisa dipelajari. Bagi para orang tua, waktu liburan di pantai bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan anak pada alam. Selain itu, orang tua juga bisa belajar untuk selalu mencintai alam dan menjaga alam agar tetap lestari.

7. Latihan Pagi

Bagi wisatawan yang ingin tetap bugar meski berada di tempat wisata bisa memanfaatkan pasir pantai untuk olahraga pagi. Pagi yang hangat dengan sinar matahari pagi sangat menyehatkan dan cocok untuk aktivitas olahraga seperti senam. Setelah berolahraga, tubuh akan lebih sehat, segar dan siap untuk aktivitas lainnya.

8. Bermain di pantai berpasir

Kegiatan yang sederhana dan menyenangkan, terutama bagi anak-anak, adalah bermain di pasir pantai. Kegiatan ini dapat melatih kreativitas otak untuk membentuk benda dengan pasir. Misalnya, membentuk istana pasir atau membentuk boneka dari pasir. Bagi orang dewasa, aktivitas ini dapat mengusir stres dan kelelahan aktivitas profesional.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Angsana

Fasilitas Pantai AngsanKredit gambar: Google Maps Awin Titi Afriani

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup memadai, antara lain tempat parkir yang cukup luas, warung makan, toilet umum dan tempat sampah. Ada juga jembatan kayu sebagai spot foto asyik dan mengabadikan momen di pantai.

Untuk bermain air, tersedia fasilitas banana boat dan jet ski. Peralatan disediakan untuk penyelam menyelam dan perahu di tengah laut Semua fasilitas sangat kondusif untuk aktivitas di Pantai Angsana.

Terdapat hostel MP Resort Angsana Beach tepat di sebelah lokasi wisata. Terdapat beberapa fasilitas penunjang diantaranya kolam renang, WIFI, kamar mandi dengan air dingin dan panas, LCD TV dan AC. Ada 3 tipe akomodasi yang bisa dipilih, yaitu Homestay, Ironwood Inns dan Resorts. Sebuah clubhouse dan restoran juga tersedia.

Hal itu menjadi acuan para wisatawan sebelum mengunjungi Pantai Angsana, mulai dari atraksi, alamat dan rute, aktivitas yang bisa dilakukan hingga fasilitas penunjang yang didapat selama liburan pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button