8 Pantai Indah & Hits di Dekat Solo - WisataHits
wisatahits

8 Pantai Indah & Hits di Dekat Solo

Kepadatan penduduk di Kota Solo mencapai 500.000 jiwa, jadi bisa dibayangkan betapa riuhnya kawasan ini. Meskipun demikian, Anda akan selalu menemukan tempat sembuh baik di kota atau sekitarnya. Misalnya pantai menawan dengan pemandangan luar biasa yang bisa membuat Anda lupa waktu.

Mulai dari hiruk pikuknya hingga keindahan alam wisata bahari, perhatikan betapa banyaknya pantai di tempat ini yang bisa membuat Anda terhibur. Meski memang, untuk mencapainya Anda perlu menghabiskan setidaknya setengah hari untuk fokus pada perjalanan. Pasalnya, perjalanan menuju keunikan pemandian air laut terkadang memakan waktu lama.

Berikut delapan daftar pantai indah yang akan mencerahkan hari Anda di Solo dan sekitarnya. Mulai dari birunya air laut hingga hamparan perbukitan yang tinggi, pilihlah ikon paling unik yang sesuai dengan selera Anda. Apakah di Pecaron, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Nampu Wonogiri, atau apapun yang termasuk keindahan Jawa Tengah pada umumnya.

1. Pantai Nampu

Pantai NampuKredit Gambar: Google Maps Raja Yogo

Di jalan menuju Kabupaten Wonogiri, Anda akan menemukan Pantai Nampu yang menawan. Ombaknya kuat dengan perbedaan warna laut yang signifikan, mulai dari hijau hingga biru tua.

Butuh waktu cukup lama untuk sampai ke pantai cantik ini, tapi percayalah, perjalanan akan memuaskan. Destinasi laut yang populer di Wonogiri ini sangat cocok bagi Anda yang suka berinteraksi dengan kehidupan sosial.

Ada banyak warung makan yang menjajakan berbagai menu lokal dan pemandangannya menghadap langsung ke pantai. Jadi kamu bisa makan sambil menikmati angin laut yang berhembus setiap detik.

Pasir putihnya yang super halus juga menjadi icon unik yang mendukung pemandangan Pantai Nampu. Bagi yang suka bermain pasir atau suka pantai besar, pergi ke sana adalah langkah yang cerdas.

Di sisi lain pantai terdapat tebing yang terjal dan terlihat eksotis tepat di pesisir pantai. Keberadaan tebing ini sedikit banyak mengurangi intensitas ombak di pantai sehingga aman untuk berenang.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Pantai Banyutowo

Pantai BanyuwangiKredit gambar: Google Maps Joko sulistyo (joko)

Selain itu di Kabupaten Wonogiri, kini Anda akan dimanjakan dengan pantai-pantai yang terkesan tandus. Bukan karena tidak terawat, tapi karena dikelilingi perbukitan karang dengan vegetasi yang minim.

Bebatuannya berwarna hitam kecokelatan, memberikan kesan tua namun sekaligus menarik. Tebing mengapit kedua sisi pantai sehingga air laut di tengahnya menyerupai kolam. Meski begitu, bagian yang langsung terhubung dengan laut lepas ini tidak ada pembatas sehingga ombaknya masih kuat.

Keunggulan lain yang tidak dimiliki destinasi lain di kawasan yang sama adalah tekstur air di Pantai Banyutowo. Walaupun Anda banyak menghabiskan waktu berenang di air laut, tidak akan ada rasa lengket seperti air asin pada umumnya.

Lalu, masih di kawasan eksotik ini, Anda bisa menyaksikan fenomena unik. Air laut destinasi indah ini bersinggungan langsung dengan segarnya air sungai.

Singkatnya, Anda bisa berenang sepuasnya di air asin lalu membilasnya dengan air tawar. Pastinya akan menjadi pengalaman yang seru, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Pantai Banyutowo.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bendungan, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Pantai Bandengan

Pantai BandaKredit Gambar: Google Maps virra ariez

Sedangkan Jepara yang terkenal dengan perdagangan furniturnya, ternyata Anda akan menemukan beberapa pantai eksotis di sana. Pergilah ke pinggir Desa Bandengan dan lihat bagaimana pemandangan laut siap memanjakan Anda.

Pantai indah ini sangat populer dan memiliki fasilitas yang menyenangkan, seperti langit jet. Sangat cocok untuk yang suka keramaian bahkan di tempat wisata. Memilih untuk berjalan-jalan santai di sepanjang pantai Pantai Bandengan sepertinya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, jadi jangan dilewatkan begitu saja.

Bersama orang tersayang, Anda bisa melakukan aktivitas santai di sore hari sambil menyaksikan matahari terbenam di balik lautan. Hamparan kawasan pesisir Pantai Bandengan menawarkan kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan berbagai aktivitas.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bandeng, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Pantai Bopong Puring

Pantai Bopong PuringKredit gambar: Google Maps Ady Soemitro

Penasaran ingin melihat betapa indahnya laguna yang terbentuk di antara dataran rendah? Singgah di Pantai Bopong Puring dan lihat bagaimana air laut mengalir di antara daratan dan kemudian menggenang dalam waktu yang lama.

Alih-alih pasir putih yang menawan, di sini Anda akan lebih terpikat dengan keindahan lagunanya. Laguna membentuk kelokan dari daratan yang menganga, lalu bermuara ke laut.

Laguna dapat digunakan untuk berenang jika diinginkan, tetapi orang sering lebih suka pergi ke laut terbuka Penantang yang menikmati aktivitas laut yang ekstrim harus mempertimbangkan Pantai Bopong Puring dengan serius.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

5. Pantai Sembuh

Pantai SembulanKredit gambar: Perjalanan Google Maps Bintang

Jika keganasan ombak khas pantai selatan membuat Anda merinding, lebih baik jangan ke Pantai Semmbuh. Pasalnya, destinasi wisata bahari Kabupaten Wonogiri yang indah ini menampilkan ombak yang bergulung meski baru menginjakkan kaki di pantai.

Apalagi ada desas-desus dari aura mistis yang menyebar dari mulut ke mulut bahwa tempat ini merupakan pintu gerbang kerajaan Nyi Roro Kidul. Tentu saja, itu tidak terbukti benar, tetapi terkadang orang bisa mempercayainya.

Sesuai dengan latar cerita mistis di Pantai Semmbuh, keindahan alam kawasan ini tak bisa diabaikan begitu saja. Entah itu ombak yang ganas, pasir yang tidak halus, bebatuan di sisi yang berbeda atau ikon lain yang mendukung keindahan di sini.

Terkadang ada juga atraksi wayang yang diselenggarakan oleh warga sekitar sebagai budaya lokal. Hanya saja pertunjukan seni ini terjadi pada waktu-waktu tertentu, sehingga tidak selalu bisa dinikmati.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

6. Pantai Pecaron

Pantai PekaronKredit Gambar: Google Maps Denny Lastpaste

Suasana yang belum banyak dijelajahi wisatawan membuat Pantai Pecaron di Jawa Tengah menarik. Anda bisa pergi ke daerah Kebumen dan merasakan betapa segarnya udara yang berhembus setiap detiknya. Rasanya akan sangat menenangkan apalagi jika Anda sangat menyukai ketenangan.

Warna unik dari pasirnya yang didominasi warna abu-abu juga membuatnya layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata terbaik. Meski sepi pengunjung, pantai ini bisa menyandang predikat hits dalam waktu singkat karena banyak mata yang tertarik.

Mulai dari tebing di luar pantai, dari pohon kelapa dengan daun hijau, hingga laut yang jernih. Semuanya siap menyambut Anda agar liburan semakin seru berkat pesona pantainya.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

7. Pantai Dadapan

Pantai DapanKredit gambar: Google Maps mega Saputra

Pantai Dadapan hadir untuk menambah daftar panjang keindahan alam khas perairan Kabupaten Wonogiri. Tempat ini terbilang baru namun kehadirannya mampu memukau banyak mata meski baru menginjakkan kaki di sana.

Kebersihan inilah yang membuatnya unggul dimana pasir pantainya terlihat sangat putih, belum lagi birunya air laut yang juga menghiasinya, hal ini membuatnya layak disebut sebagai surga di Jawa Tengah.

Ombak disini cukup kuat, jadi bagi anda yang tidak bisa berenang tidak disarankan untuk bermain air. Namun, jika Anda yakin dengan kemampuan berenang Anda sendiri, menjelajahi tepi pantai mungkin tidak menjadi masalah.

Nikmati bagaimana pesona alam begitu mudah memikat hati dan membuat Anda puas saat bermain Pantai Dadapan. Di sepanjang hamparan pasir putih halus, istirahatlah di bebatuan, atau buka tikar piknik di bawah pohon.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Menganti

Pantai MengantiKredit gambar: Google Maps Guntur Hanafi

Pergi ke Kabupaten Kebumen akan memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi Pantai Menganti yang eksotis. Letaknya di sisi tebing yang menghijau dengan pemandangan laut sejauh mata memandang. Ombak besar juga terlihat bergulung-gulung dari jauh hingga menghantam karang-karang di pantai.

Kesegaran alami yang ada di destinasi estetis ini dilengkapi dengan keberadaan deretan pohon kelapa. Bayangkan diri Anda berada di tepi tebing, dilindungi oleh pohon kelapa, menghadap ke laut biru yang dalam.

Keberadaan hostel menambah kemegahan pantai yang indah ini membuat pengunjung betah. Jika Anda menyukai kesendirian di lokasi yang eksotik, menjadikan Pantai Menganti sebagai destinasi prioritas adalah suatu keharusan.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Ada berbagai jenis keindahan di pantai dekat Kota Solo dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Ingin masuk ke laguna, menantang ombak, mendengarkan cerita mistis khas pantai selatan, semua itu bisa dilakukan asalkan mau meluangkan waktu untuk berpetualang dengan kebebasan penuh.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button