Pantai Tambak, Destinasi Wisata Bahari Eksotis di Belitung Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Tambak, Destinasi Wisata Bahari Eksotis di Belitung Timur

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukamandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tambak, juga dikenal sebagai Pantai Kuale Tambak, adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Pulau Belitung. Terletak di desa Sukamandi, pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Pantai ini menawarkan berbagai keindahan alam yang tidak bisa kita dapatkan di pantai lain. Seperti air pantai yang bersih dan jernih, pasir putih yang bertekstur lembut dan halus serta deretan pohon pinus yang lebat menambah keindahan dan kesegaran pantai.

Pantai Tambak tergolong pantai baru dan cukup jauh dari pedesaan, karena masih baru, sehingga fasilitas yang disediakan tidak terlalu banyak. Namun tidak mengurangi keindahan pantainya. Selain masih baru, pantai ini juga jarang dikunjungi wisatawan, sehingga sangat cocok jika dijadikan tempat bersantai dan melepas lelah.

Daya Tarik Pantai Tambak

Aktivitas di Pantai TambakKredit gambar: Google Maps

Pantai indah ini masih menjadi tujuan wisata yang relatif baru. Namun meski begitu, pantai ini memiliki banyak daya tarik yang membedakannya dengan pantai lainnya. Salah satunya adalah pemandangan alam yang sangat indah, sehingga tidak salah jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Kepulauan Belitung Timur.

1. Pemandangan yang bagus

Pantai ini masih alami, karena belum banyak dijamah wisatawan. Jadi bisa dipastikan suasana disini sangat tenang dan damai. Laut biru yang tampak luas, airnya yang jernih, dan pasir pantai yang putih lembut benar-benar pemandangan yang bisa menyejukkan mata kita.

Ditambah dengan banyaknya pohon pinus yang rindang dan lebat menambah kesejukan pantai ini. Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan melepas lelah, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena kondisi pantai yang selalu sepi, tenang dan asri. Dari sana kita juga bisa melihat pemandangan pulau Buku Limau persis di depan pantai.

Waktu yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan pantai adalah pada pagi dan sore hari. Saat matahari terbit dan terbenam. Karena kesan romantis langsung terasa saat matahari mulai terbit dan terbenam saat ini. Kita bisa menikmati momen sunrise dan sunset bersama orang tersayang dan mengabadikannya melalui foto.

2. Pantai panjang

Pantai ini terkenal memiliki garis pantai terpanjang di Kabupaten Belitung Timur, yaitu sekitar 2-3 km. Dihiasi pasir putih halus, laut biru sangat menyejukkan mata, membuat wisatawan betah berlama-lama disana. Selain itu, di sekitar pantai, wisatawan juga akan dimanjakan dengan warna-warni perahu nelayan milik nelayan. Sehingga bisa dijadikan tempat untuk berfoto selfie bersama orang tersayang.

3. Gelombang kecil

Pantai ini selain memiliki air yang bersih dan jernih, juga memiliki ombak yang kecil. Sehingga kita bisa berenang dan menyelam dengan aman dan nyaman. Beberapa wisatawan juga memilih untuk bermain snorkling di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TambakKredit gambar: Google Maps Rizal

Pantai Tambak terletak di desa Sukamandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya sekitar 25 km dari kota Manggar dan 7 km dari kota Damar. Lokasi pantai cukup jauh dari desa, namun akses jalan menuju pantai sudah cukup baik.

Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil sewaan. Untuk mendapatkan rute terbaik, kita bisa menggunakan Google Maps. Sepanjang perjalanan nanti, kita akan bisa melihat beberapa lokasi tambang timah yang masih beroperasi.

Perkiraan waktu untuk sampai ke Pantai Tambak Belitung, jika kita dari Bandara H.AS Hanandjoeddin kurang lebih 1 jam 25 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan jika kita datang dari Kota Manggar hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pantai TambakKredit gambar: Google Maps Raja Pecal

Sejauh ini, pengelola Pantai Tambak tidak mematok harga untuk wisatawan yang berkunjung. Anda bisa ke sana secara gratis, namun Anda harus menjaga kondisi pantai agar tetap asri.

Seperti tidak merusak infrastruktur yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi jika Anda berencana menggunakannya untuk berkemah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tambak

Aktivitas menarik di Pantai TambakKredit gambar: Google Maps

1. Berenang dan menyelam

Pantai Tambak memiliki air laut yang bersih dan jernih. Oleh karena itu, banyak wisatawan memilih untuk berenang dan snorkeling. Selain itu, kita juga akan dikenalkan dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang di laut.

2. Bermain voli pantai dan futsal

Memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 3 km. Dan pasir putihnya yang halus menjadikan pantai ini ideal untuk bermain voli pantai dan futsal. Berkendara bersama teman yang memainkannya pasti sangat mengasyikkan.

3. Nikmati pemandangan pantai

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan pantai adalah saat matahari terbenam dan matahari terbit. Saksikan momen matahari terbit dan terbenam, sambil menikmati segarnya udara pantai dan semilir angin pantai yang lembut. Selain bisa menikmati keindahan Pantai Tambak Belitung, kita juga bisa melihat keindahan Pulau Buku Limau yang berada persis di depan pantai.

4. Perkemahan

Selain bermain dan berenang, sebagian besar wisatawan juga memilih untuk berkemah. Pantai-pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan, serta suasana pantai yang selalu asri dengan pepohonan pinus yang tumbuh berbondong-bondong, tentunya cocok untuk berkemah. Namun, kami harus membawa perlengkapan berkemah sendiri dari rumah, karena minimnya fasilitas yang tersedia.

5. Bermain pasir

Aktivitas menarik di Pantai TambakKredit gambar: Google Maps Gulistiani Fuzuli

Pasir pantai ini berwarna putih, dengan tekstur yang halus dan lembut. Sangat cocok bila digunakan untuk bermain istana pasir. Selain itu, anak-anak setempat juga suka bermain kerang di pantai. Di sana kita tidak akan menemukan deretan batu granit di sana, tapi itu tidak mengurangi keindahan pantainya.

6. Berjemur dan bersantai

Suasana pantai yang tenang dan sejuk, memungkinkan wisatawan untuk benar-benar bersantai. Wisatawan yang datang terutama menghargai suasana pantai untuk berjemur sambil bersantai. Pada siang hari, saat matahari sedang terik, kita bisa menemukan banyak turis berjemur di pantai.

7. Ambil gambar

Kegiatan ini tentunya tidak boleh dilewatkan, mengabadikan keindahan alam melalui jepretan kamera. Keindahan pantai dengan lautnya yang luas, pantai pasir putih dan rimbunnya pohon pinus sayang jika tidak diabadikan. Selain itu, momen bersama kerabat pada saat sunsite dan sunrise sangat wajib untuk diabadikan.

8. Memancing

Aktivitas lain yang bisa kita lakukan di Pantai Tambak adalah memancing. Anda bisa memancing di beberapa spot yang sudah disiapkan di sekitar pantai. Namun, kita perlu membawa alat tangkap sendiri dari rumah, karena tempat wisata ini masih tergolong baru, sehingga fasilitas yang tersedia masih terbatas.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit gambar: Twitter Akomodasi murah terdekat

1. Hotel Bw Suite Belitung

Hotel ini terletak di Jalan Pattimura, Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Merupakan gedung tertinggi di Pulau Belitung yang terdiri dari 11 lantai. Memiliki berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan seperti televisi, AC dan restoran. Untuk harga per malam mulai dari Rp 460.000,- hingga Rp 2.400.000,-.

2. Fairfield oleh Mariott Belitung

Hotel ini terletak di dekat hotel Bw Suite Belitung. Konsep hotel ini sangat unik, mengadaptasi gaya rumah panggung tradisional menjadi konsep modern. Fasilitas yang disediakan juga banyak seperti TV, kolam renang dan lainnya. Hotel ini memiliki beberapa tipe kamar, dari deluxe hingga suite. Harga per malam dipatok dari Rp 800.000 hingga Rp 2.700.000.

3. Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Terakhir, ada Hotel Santika yang terletak di Jalan Pantai Dusun Ulu, Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung. Hotel ini tidak jauh dari tempat wisata populer Bangka Belitung. Memiliki 128 kamar, dengan berbagai fasilitas seperti TV LED, Wifi, fasilitas pembuat kopi dan teh, area rekreasi, ruang pertemuan, pusat kebugaran dan banyak lagi. Harganya berkisar antara Rp 550.000 hingga Rp 1.500.000.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai TambakKredit gambar: Twitter Bang Ujang

Keberadaan fasilitas sangat penting bagi suatu tempat wisata. Namun sayang, karena Pantai Tambak tergolong tempat wisata baru, fasilitas yang disediakan juga tidak terlalu banyak.

Hanya beberapa fasilitas umum, seperti banyak kursi berjejer di sekitar pantai, toilet yang mudah ditemukan di sepanjang pantai. Ada juga beberapa gubuk yang menjual minuman dan makanan.

Minimnya fasilitas yang tersedia dikarenakan tempat wisata ini belum dikelola secara serius oleh pemerintah setempat. Karena jika dikelola dengan baik, tentunya tempat ini akan menjadi salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Belitung Timur.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Tambak. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan garis pantai terpanjang di Kabupaten Belitung Timur. Bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button