Ngungun Saok, air terjun cantik dengan aliran sungai yang mempesona di Padang - WisataHits
wisatahits

Ngungun Saok, air terjun cantik dengan aliran sungai yang mempesona di Padang

Ngungun Saok, air terjun cantik dengan aliran sungai yang mempesona di Padang

Ngungun Saok memiliki pesona yang tidak mengecewakan. Selain air terjunnya yang sejuk, kolam airnya juga berwarna hijau. Cocok untuk penyembuhan, menghilangkan penat.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 09.00-20.00 WIB, Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Cari tempat wisata keren penuh pesona alam? Jadi tepat untuk mengunjungi wisata Ngungun Saok. Menawarkan keindahan air terjun yang luar biasa, dapat membantu menghilangkan stres. Wisatawan dapat mundur dari kesibukan sehari-hari dan merasakan kehidupan desa.

Wisata air terjun ini cukup menarik perhatian pemerintah dengan potensinya. Lokasi wisata ini memang agak terpencil, sehingga wisatawan mungkin akan kesulitan menemukannya. Namun, jangan khawatir karena akan ada penduduk setempat yang menjaga pos tersebut untuk menunjukkan di mana letak air terjun tersebut.

Untuk fasilitas, wisata Sumatera yang indah ini menawarkan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para wisatawan. Harga tiket masuknya juga relatif murah, sehingga bisa berkali-kali berkunjung. Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan disini. Temukan informasi selengkapnya dalam artikel berikut.

Daya tarik Ngungun Saok

Obyek wisata Ngungun SaokFoto oleh Ahmad Fauzan Hariyadi di Google Maps

Menawarkan keindahan air terjun yang mempesona, wisata yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat ini banyak dikunjungi wisatawan. Bukan tanpa alasan, karena banyak sekali keunikan dan kelebihan yang tidak akan didapatkan wisatawan di tempat wisata alam lainnya. Apa saja daya tarik dari air terjun ini?

✦ Pesona Air Terjun

Daya tarik utama dari wisata alam ini tentu saja panorama air terjunnya. Air terjun ini letaknya agak tersembunyi di balik batu besar. Ketinggian air terjunnya juga cukup untuk mengabadikan foto atau membuat konten lainnya. Sekadar informasi, air terjun ini memiliki ketinggian 14 meter.

✦ Kolam hijau

Sebagian besar tempat wisata alam di Indonesia kini mulai tercemar dan tidak seperti dulu lagi. Namun berbeda dengan wisata air terjun padang ini yang masih memiliki kolam renang dengan air yang sangat bersih. Warna air kolam ini unik yaitu hijau tosca muda. Tentu saja, dia akan sangat puas bermain di sekitar kolam renang.

✦ Aliran sungai yang mempesona

Berbicara tentang air terjun, sebagian besar merupakan bagian dari sungai. Tidak hanya air terjunnya yang indah, Ngungun Saok juga menawarkan keindahan sungai yang berarus cukup deras. Suasananya selalu sangat alami, sehingga mampu menenangkan pikiran.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Ngungun SaokFoto oleh MI Arifin di Google Maps

Air terjun cantik ini terletak di Lubuk Minturun, Padang, Sumatera Barat. Untuk menuju ke air terjun kunjungan membutuhkan usaha yang sangat keras. Dari gapura Lubuk Minturun, wisatawan bisa belok kiri ketika menemukan pertigaan, sejauh 2 km medan masih berupa jalan aspal yang cukup mulus.

Setelah itu, petualangan dimulai dan para wisatawan harus menempuh perjalanan berbatu. Ada banyak pasang surut sampai Anda menemukan pos jaga. Bayar tiket masuk ke pos dan lakukan pendakian dengan kemiringan 40°. Baru setelah itu wisatawan dapat memarkir kendaraannya dengan membayar biaya parkir.

Untuk menuju air terjun, wisatawan berjalan kaki mengikuti rambu jalan yang ada. Akan ada penduduk setempat yang akan menjaganya agar tidak tersesat, apalagi kawasan ini masih sangat alami. Perjalanan ini akan sangat menyenangkan jika Anda berjiwa petualang.

Setelah lama berjalan di jalan yang rumit, suara gemericik air akan mulai terdengar. Artinya menara air terjun semakin dekat dan wisatawan harus menuruni tebing dengan kemiringan hingga 90°. Belum lagi jalannya juga sangat berbatu sehingga harus berhati-hati. Manfaatkan bantuan pasak tali agar tidak terjatuh.

Harga tiket masuk dan jam buka

Air terjun di Padang, Sumatera Barat ini menawarkan panorama yang sangat menakjubkan. Siapapun yang datang akan terpesona bahkan betah berlama-lama disini. Meski begitu, harga tiket masuknya masih sangat terjangkau. Berapa harga tiket masuknya?

Untuk memasuki kawasan air terjun, wisatawan harus membayar biaya sebesar Rp 10.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir atau kegiatan yang berlangsung di sana. Seperti di tempat lain, parkir di kawasan air terjun dikenai biaya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sebagai saran, sebaiknya bawa uang ekstra untuk berjaga-jaga. Juga, jika tujuannya adalah untuk pelacakan. Sepanjang jalan akan ada warung makan yang menjual makanan ringan atau lebih. Makan, turis harus membawa uang yang cukup.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan seru di Ngungun SaokFoto oleh Alee Wijaya di Google Maps

Saat mengunjungi sebuah wisata, tentunya Anda tidak hanya melihat daya tariknya saja. Tapi, pertimbangkan juga apakah ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan atau tidak. Jangan khawatir, wisatawan tidak akan bosan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, persiapkan fisik yang prima agar bisa mencoba berbagai aktivitas.

1. Mendaki

Pertama, wisatawan bisa melakukan trekking. Setiap wisata alam tentunya memiliki tantangan tersendiri untuk memacu adrenalin dan membangkitkan jiwa petualang. Ngungun Saok menawarkan jalur pendakian yang cukup panjang dengan tingkat kerumitan sedang.

Jika Anda memang ingin melakukan trekking, persiapkan diri Anda sebelum berkunjung. Pastikan Anda dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, kemudian bawalah perbekalan yang cukup. Wisatawan yang ingin trekking bisa membawa minuman secukupnya agar tidak cepat lelah dan bekal makanan agar tidak merasa lapar di tengah perjalanan.

2. Mainkan air

Wisata air terjun ini tidak merekomendasikan wisatawan untuk berenang karena debit airnya cukup besar. Belum lagi ketinggian airnya juga cukup dalam dan banyak bebatuan yang licin. Namun pihak pengelola mengizinkan wisatawan untuk bermain air di pinggir air terjun. Karena itu, ingatlah untuk membawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi.

3. Berendam di kolam

Kegiatan sebelumnya lebih tentang kesenangan. Sedikit mirip, tetapi kegiatan ini terutama difokuskan untuk mendapatkan kedamaian. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu daya tarik di Ngungun Saok adalah kolam hijau. Wisatawan bisa berendam di kolam ini sambil menyegarkan pikiran.

4. Berburu foto atau video

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan oleh generasi sekarang adalah mengambil foto dan video. Saat berkunjung ke sini, bawalah kamera terbaik dan gunakan pakaian yang sesuai. Abadikan momen kebersamaan bersama teman atau keluarga di air terjun menawan ini melalui foto.

Ada banyak spot foto keren yang bisa bikin feed Instagram jadi lebih keren. Membuat konten untuk kebutuhan media sosial seperti TikTok juga akan menarik perhatian followers. Karena pesona yang luar biasa dari air terjun ini, wisatawan dapat menjadikannya tempat untuk mengambil foto pre-wedding.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Ngungun SaokFoto Dafa Raihandha di Google Maps

Ngungun Saok menawarkan berbagai fasilitas yang akan menunjang pengalaman liburan wisatawan. Saat masuk, kendaraan dapat diparkir di area yang cukup luas hanya dengan membayar biaya parkir. Setelah itu di sepanjang jalan terdapat pos jaga yang tidak pernah sepi agar perjalanan lebih aman.

Karena wisata alam ini menawarkan keindahan air terjun yang memungkinkan wisatawan berbasah-basah, jadi tentu saja ada kamar mandinya. Jumlah kamar mandi cukup banyak dan tentunya bersih. Jika ingin makan, di sekitar wisata terdapat beberapa penjual makanan yang menawarkan aneka jajanan dengan harga bervariasi.

Air Terjun Ngungun Saok memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah. Udara segar, gemericik air, dan kicauan burung akan membuat wisatawan merasa lebih dekat dengan alam. Meski harus bersusah payah untuk mencapai kunjungan tersebut, wisata air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika tidak ingin terlalu ramai, sebaiknya datanglah di pagi hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button