Pantai Gigi Hiu, pantai indah dengan lukisan alam yang memukau di Tanggamus - WisataHits
wisatahits

Pantai Gigi Hiu, pantai indah dengan lukisan alam yang memukau di Tanggamus

Pantai Gigi Hiu, pantai indah dengan lukisan alam yang memukau di Tanggamus

Pantai Gigi Hiu memiliki pesona terumbu karang eksotik yang tersebar merata. Tak heran jika pantai di Lampung ini dijuluki “Surga Tersembunyi”.

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Susuk, Kec. Kemubayan, Kab. Tanggamus, Lampung; Kasus: Verifikasi lokasi

Sedikit orang yang tahu bahwa provinsi Lampung memiliki segudang pantai dengan lukisan alam yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Gigi Hiu. Penyematan nama unik ini didasari oleh kondisi pantai yang dipenuhi bebatuan tajam seperti gigi ikan hiu. Panorama unik ini menjadi salah satu magnet utama yang menarik banyak perhatian.

Meski dipenuhi bebatuan tajam, pemandangan alamnya terlihat begitu eksotis di kelopak mata. Bebatuan yang sangat artistik ini tersebar merata di sepanjang pantai. Melangkah lebih jauh, pesona gugusan bebatuan yang megah seakan tak henti-hentinya menyihir dengan kata-kata kekaguman.

Tidak hanya pemandangan batu karang yang membuat Anda terkagum-kagum, deburan ombak di pantai juga membuat Anda takjub. Berhadapan langsung dengan perairan samudra Indonesia, ombak pantai eksotis ini begitu megah. Untuk itu, tidak rugi jika harus menempuh perjalanan jauh untuk datang ke surga tersembunyi Lampung ini.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Gigi Hiu

Atraksi Pantai Gigi HiuFoto: Google Maps/Claudya Wijaya

Sebagai tempat yang kerap disebut sebagai surga tersembunyi di kota Lampung, pantai eksotik ini menyimpan segudang objek wisata yang jarang diketahui orang. Berikut beberapa daya tarik salah satu pantai indah yang ada di provinsi lampung :

✦ Panorama bebatuan di sekitar pantai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Gigi Hiu merupakan pantai yang indah dan eksotis dengan deretan bebatuan yang tersebar merata di sepanjang pantai. Berbeda dengan pantai lainnya, wisata bahari ini memiliki karang yang besar dan tajam. Namun dibalik ketajamannya, deretan karang terlihat begitu indah dari pandangan mata.

Dengan panorama eksotis dan keindahannya, tak heran jika pantai indah ini terkenal dan menjadi primadona mancanegara. Karena itu tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung namun tidak sempat datang ke pantai yang banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara ini.

✦ Lanskap seperti lukisan alam

Selain pemandangan karang yang eksotis, Pantai Gigi Hiu juga memiliki suasana yang damai dan menenangkan. Saat senja, rona jingga air laut menyerupai cat alami yang ditangkap oleh lensa mata. Dengan keindahan yang super cantik tersebut, maka tak heran jika pantai indah ini dijuluki “Surga Tersembunyi”.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, wisata bahari ini hampir tidak ada pasir untuk bersantai. Sebaliknya, bebatuan yang tersebar di sekitar pantai bisa menjadi alternatif terbaik. Sensasi melihat pemandangan cat alam terbaik di bebatuan ini adalah perasaan yang tidak akan Anda temukan di pantai lain.

✦ Matahari terbit dan terbenam yang mempesona

Daya tarik Pantai Gigi Hiu selanjutnya adalah pesona matahari terbit dan terbenam yang begitu menakjubkan. Dikombinasikan dengan pemandangan formasi batuan yang menjulang tinggi, sapuan kuas malam saat matahari mengintip malu-malu menjadi cat natural terbaik.

Selain itu, rona jingga yang perlahan mulai menggelap berlatar langit biru akan menghadirkan perpaduan warna yang indah pada kelopaknya. Tanpa melupakan suara deburan ombak memecah kesunyian. Dipadukan dengan siluet bebatuan yang eksotis, nuansa pagi dan sore hari akan terasa lebih berkesan dan berharga.

✦ Gelombang yang menenangkan

Saat menikmati pantai, tak lengkap rasanya jika melewatkan obrolan ombak. Pantai Gigi Hiu memiliki suara ombak yang berbeda dari yang lain. Memang, deburan ombak yang menghantam bebatuan menghadirkan sensasi suara yang berbeda. Tak heran jika surga tersembunyi ini sangat cocok untuk menenangkan diri.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Gigi HiuFoto: Google Maps/Arnez Zulfitri

Jika Anda bertanya di mana Pantai Gigi Hiu, jawabannya ada di Desa Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Untuk bisa sampai ke wisata ini, ada dua jalur alternatif yang bisa ditempuh, yaitu melalui Teluk Kiluan atau melalui Padang Cermin.

Jika melalui Teluk Kiluan, dari arah Bandar Lampung akan menempuh jarak 80 km. Dalam perjalanan, jalur yang ditemui cukup berat karena berbatu dan sangat licin. Sama seperti rute sebelumnya, rute lewat jalur Padang Cermin juga menghadapi medan yang sulit. Namun, rute ini dapat mengurangi waktu tempuh.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Pantai indah ini masih menjadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk alasan ini, harga tiket masuk dibagi menjadi dua kategori. Harga tiket masuk Pantai Gigi Hiu Lampung untuk wisatawan domestik adalah Rp 20.000,-.

Sementara itu, harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 40.000, dua kali lipat dari harga lokal. Jam buka pantai eksotis ini adalah setiap hari, namun buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Shark's ToothFoto: Google Maps/Amronrod

Dengan pemandangan yang super indah ini, sudah bukan rahasia lagi kalau banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Gigi Hiu. Apa pun? Berikut debat lengkapnya!

1. Ambil foto dengan latar belakang yang indah

Panorama gugusan karang yang sangat eksotik di kawasan sekitar Pantai Gigi Hiu bisa menjadi background terbaik untuk berfoto. Belum lagi tambahan pemandangan langit yang cukup bersih dan jernih. Tanpa perlu bingung mencari angle atau mengedit foto, hasil jepretan kamera tentu akan terlihat lebih bagus di pandang.

Dengan foto-foto cantik alami, Anda tidak perlu repot mengeditnya sebelum mengunggahnya ke media sosial. Karena lokasinya yang sangat Instagrammable, wisata pantai ini sering digunakan untuk pre-wedding. Biasanya akan ada tim khusus yang mengurusnya dengan membayar sekitar Rp 500.000.

2. Bersantai di Pantai Gigi Hiu

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Gigi Hiu adalah bersantai di pinggir pantai. Duduk diam di atas batu karang dengan suasana tenang juga ditunjang dengan suara alam alam dari deburan ombak yang menghantam karang hingga angin yang bertiup kencang. Romansa yang sempurna untuk disembuhkan.

3. Piknik Ramping-Ramping

Tak hanya sendirian, Anda juga bisa menikmati pesona keindahan Pantai Gigi Hiu bersama teman dan keluarga terdekat. Bersama teman dan keluarga terdekat, Anda bisa piknik kecil keliling pantai dengan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan saat membawa makanan dan minuman dari rumah adalah tempat sampah. Pastikan untuk tidak meninggalkan sisa makanan apapun di area sekitar pantai. Dengan begitu, keindahan dan keeksotisan pantai indah ini akan selalu terjaga dengan baik.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Instalasi Pantai Gigi HiuFoto: Google Maps/Sau Sijuang

Karena akses wisata yang cukup ekstrim, fasilitas yang tersedia di Pantai Gigi Hiu sangat sedikit. Namun karena itu, pantai yang indah ini tetap terjaga kealamian dan eksotismenya. Namun, beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, dan tempat ibadah masih tersedia. Hanya saja, disarankan untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri saat datang.

Jika ingin bermalam di pantai, sayangnya pihak pengelola masih belum menyediakan penginapan karena masih dalam tahap pembangunan. Sebaliknya, tinggal dengan penduduk setempat untuk disewakan (homestay) mungkin merupakan pilihan terbaik. Di pantai eksotis ini penjual makanan masih terbatas, jadi disarankan untuk membawa perbekalan sendiri saat datang.

Dengan berbagai pesonanya, Pantai Gigi Hiu tetap menjadi salah satu pilihan wisata bahari yang harus dikunjungi di Lampung. Meski medan wisatanya begitu ekstrim, namun keindahan pantai yang begitu eksotik akan mencairkan segala penat yang timbul selama perjalanan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button