Temukan sesuatu yang berbeda, nikmati waktu bersantai dengan mengunjungi 4 Wisata Danau Buatan di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Temukan sesuatu yang berbeda, nikmati waktu bersantai dengan mengunjungi 4 Wisata Danau Buatan di Yogyakarta

Wisata air tidak pernah gagal membuat pengunjung betah dan terus datang kembali. Karena angin semilir mengalir di sekitar, cipratan air hingga ikan-ikan berenang, Anda merasa lebih rileks.

Tentu saja wisata air tidak hanya pantai, tetapi juga danau, sungai, kolam dan waduk. Bahkan, kolam ikan besar dan akuarium raksasa juga bisa digolongkan dalam kategori wisata air.

YogyakartaSelain terkenal dengan keindahan pantai selatannya, tempat ini juga merupakan rumah bagi banyak atraksi air buatan manusia lainnya. Seperti danau buatan alias waduk yang tersebar di beberapa tempat di kota ini. Fungsinya tak lain untuk proses irigasi, kolam ikan dan sebagai ruang bebas di tengah hiruk pikuk kota.

Nah, penasaran dengan danau buatan mana saja yang wajib dikunjungi di Yogyakarta? Berikut adalah daftarnya!

1. Embong Tambak Boyo





danau buatan, juga disebut waduk
danau buatan/foto: pexels.com/ан-васючков

Embong Tambak Boyo terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Luas banjir 7,8 ha, kapasitas 400.000 m3 dan kedalaman tujuh meter.

Tujuan dibangunnya Embong ini adalah untuk melestarikan sumber daya air, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendukung potensi wisata di daerah tersebut. Lokasinya yang tidak jauh dari AMIKOM dan UPN menjadikan tempat ini salah satu harta karun tersembunyi untuk gereja lokal!

2. Wadah Mini Kleco





Waduk Kleco miniWaduk Mini Kleco/ Foto: Berkunjung ke Jogja

Kawasan Kulon Progo tidak pernah kehilangan panorama alamnya. Salah satunya adalah waduk mini Kleco di Desa Ngesong, Girimulyo. Waduk ini masih merupakan bagian dari jajaran Perbukitan Menoreh.

Dari sini, pengunjung bisa leluasa mengagumi keindahan Kulon Progo. Tak heran, meski waduknya kecil, panorama yang disuguhkannya sungguh memanjakan mata.

3. Tangki Sermo





Waduk Sermo harus ada di daftar keinginan Anda
Waduk Sermo/Foto: pinterest.com/Ranhesti Pratiwi

Masih di kawasan yang sama, Waduk Sermo wajib dikunjungi saat menginap di kawasan Kulon Progo. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi dan mengairi lahan milik masyarakat setempat.

Hal menarik lainnya yang biasa dilakukan wisatawan adalah memancing dan menyewa perahu untuk mengelilingi waduk. Panorama yang tak kalah indah juga turut andil dalam keindahan suasana.

4. Embung Nglangeran





salah satu waduk bersejarah di Gunungkidul
Embung Nglanggeran/Foto: flickr.com/Ariyadi Kartosetomo

Embung Nglanggeran diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2013. Terletak di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul.

Seperti fungsi danau pada umumnya, danau ini merupakan tempat menyimpan air pada saat musim kemarau. Daya tarik utama adalah tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbenam bersama teman, pasangan atau keluarga.

Itu tadi beberapa rekomendasi danau buatan untuk bersantai saat berwisata di Jogja, Beauties! Danau nomor berapa yang ingin kamu kunjungi?

_______________

Apakah Anda ingin menjadi salah satu pembaca yang bisa menghadiri berbagai acara seru di Beautynesia? Ayo bergabung dengan komunitas pembaca Beautynesia, bangsa B. Metode DAFTAR DISINI!

(kegembiraan/kegembiraan)

Source: www.beautynesia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button