Tiket dan Aktivitas Museum House Of Sampoerna - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Museum House Of Sampoerna

Tiket dan Aktivitas Museum House Of Sampoerna

Harga Tiket Masuk Sampoerna House: Gratis Jam Buka: 09:00 – 18:00 Nomor Telepon: (031) 3539000 Alamat: Sampoerna Park No. 6, Krembangan Utara, Bea Cukai Cantian, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60163

Liburan di Surabaya belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi museum House of Sampoerna Surabaya. Museum ini merupakan museum tembakau dan markas pabrik rokok Sampoerna. Dibangun pada tahun 1862 tetapi museum ini tidak dibuka secara resmi hingga tahun 2003.

Museum ini memiliki gaya arsitektur yang dipengaruhi oleh gaya kolonial Belanda. Sebelum menjadi museum, gedung ini berfungsi sebagai panti asuhan yang dikelola oleh orang-orang Belanda. Pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee dan digunakan sebagai tempat produksi rokok Sampoerna.

Harga tiket masuk Museum Sampoerna

Biaya masuk ke museum ini tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun atau gratis. Penghapusan tiket masuk merupakan bentuk tanggung jawab sosial museum dalam mengenalkan sejarah.

Harga tiket masuk Museum Sampoerna
Setiap hari Gratis

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Monumen Bawah Laut

Jam buka museum

Museum ditutup sementara sampai pemberitahuan lebih lanjut

Museum ini buka setiap hari pada hari kerja dan akhir pekan dari pagi hingga sore hari. Pengunjung yang datang ke sini harus membawa KTP sebagai syarat masuk ke museum ini.

Jam buka museum
Senin minggu 09.00 – 18.00
Proses produksi rokok 09.00 – 14.00

Bagi pengunjung di atas 25 orang, harap hubungi (031) 3539000. Selama ini untuk melihat proses produksi rokok hingga pukul 14:00 atau pada jam kerja. Museum ini juga tutup selama Idul Fitri.

Sampoerna House Museum Aktivitas dan Atraksi

pintu masuk ke rumah sampoernaPintu masuk museum House of Sampoerna dihiasi dengan 4 tiang besar. Foto: Google Maps/Edo Septian Nugroho

Kamu pasti penasaran, apa saja yang bisa kamu lakukan di museum ini? Berikut adalah beberapa aktivitas dan atraksi museum ini.

Mengenal Sejarah Keretek di Indonesia

Saat pertama kali memasuki museum ini, Anda pasti akan mencium aroma cengkeh yang sangat kuat. Memang, lantai dua museum ini masih digunakan sebagai tempat produksi rokok Sampoerna. Lantai pertama digunakan sebagai ruang pameran untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan produksi rokok.

Di lantai satu terdapat koleksi mahakarya yaitu replika kios dan mesin dari Sampoerna. Ada juga sepeda tua yang digunakan pendiri Sampoerna untuk berjualan rokok.

Di lantai dua, pengunjung dapat melihat langsung produksi rokok Dji Sam Soe. Proses produksi terlihat di balik kaca transparan dan hanya berlangsung hingga pukul 14.00 WIB. Meski memproduksi rokok yang sebagian besar dikonsumsi oleh pria, mayoritas karyawannya adalah wanita.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Hutan Mangrove Surabaya

Jalan-jalan gratis di Surabaya

Gratis Bus Wisata Surabaya HeritageBus Surabaya Heritage Track merah – Foto: Instagram/andri_de_feraudy

Mengetahui sejarah kota Surabaya dapat dengan mudah dilakukan dengan layanan bus Surabaya Heritage Track. Bus merah ini terletak di halaman museum House of Sampoerna. Pengunjung akan diajak mengunjungi Surabaya secara gratis. Dilengkapi dengan pemandu yang menjelaskan sejarah tempat dan bangunan yang dilintasi.

Meski gratis, Surabaya Heritage Track memiliki kuota terbatas karena hanya ada satu armada bus. Durasi perjalanan Surabaya Heritage Track adalah 1 hingga 1,5 jam. Harap dicatat bahwa Surabaya Heritage Track menawarkan rute yang berbeda tergantung pada hari dan waktunya.

KUNJUNGAN REGULER
Senin kamis
Surabaya – Kota Pahlawan
(Monumen Pahlawan – PTPN XI)
10:00 – 11:00
Surabaya – Kota perdagangan
(Kelenteng Hok Ang Kiong – Bank Escompto)
13:00 – 14:00
Surabaya pada masa pendudukan Belanda
(Kantor Pos Kebonrojo – Gereja Kepanjen – Ex. De Javasche Bank)
15:00 – 16:30
Jumat Sabtu
Jelajahi Surabaya
(De Simpangsche Societeit – Ex. De Javasche Bank)
10:00 – 11:30
Surabaya – kota pahlawan
(Monumen Pahlawan – PTPN XI)
13:00 – 14:30
babad surabaya
(Kampung Kraton – De Simpangsche Societeit – Cak Durationm)
15:00 – 16:30

Nikmati kopi di Café Tanamera House Of Sampoerna

Rumah Kopi Plantera SampoernaSelain mengunjungi museum, ada juga kafe dengan berbagai macam kopi dan hidangan.

Lelah setelah berjalan? Jangan khawatir karena ada kafe yang terletak di sebelah galeri seni. Kafe bernama Tanamera ini buka mulai pukul 09:00 hingga 19:00.

Pengunjung bisa menikmati kopi dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Rp 35.000,00. Selain kopi, ada juga makanan dengan kisaran harga Rp 70.000,00. Pada hari dan waktu tertentu juga ada pertunjukan live music.

Kafe ini mengusung tema klasik namun hadir dengan tampilan yang modern. Pada dinding kafe terdapat lukisan klasik dan modern yang memperindah suasana kafe.

Beli oleh-oleh

Saudara atau teman meminta hadiah? Jangan khawatir karena ada tempat untuk membeli oleh-oleh di museum. Pengunjung dapat membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Surabaya. Mulai dari baju, sepatu, mug, tas, dll. yang berada di lantai pertama museum. Sedangkan di lantai dua, terdapat berbagai kain batik Indonesia.

Mengambil gambar

Setiap liburan rasanya tidak lengkap jika tidak berfoto. Museum House of Sampoerna menawarkan berbagai spot foto menarik.

Mulai dari kolam ikan di depan pintu masuk hingga berfoto dengan replikanya. Berfoto di Tanamera Cafe juga bisa menghasilkan beberapa foto yang menarik lho.

Lokasi House Of Sampoerna

Museum Rumah Sampoerna terletak di kawasan lama Surabaya. Tepatnya di Jalan Taman Sampoerna no. 6 Surabaya dari Kantin adat di sebelah utara Krembangan. Ada banyak tempat wisata dengan tema sejarah dan religi di sekitar museum.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button