Kerjasama untuk pariwisata berkelanjutan, Sandiaga Uno dan Qlue hadirkan Bioniqa - WisataHits
Jawa Tengah

Kerjasama untuk pariwisata berkelanjutan, Sandiaga Uno dan Qlue hadirkan Bioniqa

TEMPO.CO, jakarta – Indonesia mulai bergerak menuju pembangunan pariwisata berkelanjutan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah kerjasama dengan Qlue yang saat ini sedang mengembangkan teknologi untuk pariwisata berkelanjutan.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Qlue yang dikenal sebagai pengembang smart city fokus mengembangkan pariwisata berkelanjutan. “Ternyata Qlue punya produk (bernama) Bioniqa. Jadi ini sangat menarik,” ujarnya dalam keterangannya, Senin, 12 Desember 2022.

Bioniqa adalah perangkat fotobioreaktor berbasis IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligent) yang dapat menggunakan material
sumber daya alam seperti mikroalga untuk mengurangi karbon dioksida dan melepaskan oksigen dalam jumlah besar ke atmosfer untuk meningkatkan kualitas udara. Alat ini dihadirkan pada Jakarta Innovation Day 2022 September lalu.

Menurut Sandiaga, fungsi Bioniqa sesuai dengan pengelolaan pariwisata berkelanjutan yang sangat dekat dengan kualitas udara. “Tentunya dengan Bioniqa ini kita bisa cepat memperbaiki kualitas udara di destinasi wisata kita,” ujarnya.

CEO dan co-founder Qlue Rama Aditya menjelaskan bahwa Bioniqa yang menyerap karbondioksida di udara juga bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut. pengurangan karbon; “Pengurangan Karbon Dioksida. Penyeimbangan CO2 dalam perangkat Bioniqa setara dengan penanaman 100 pohon beringin.

“Jadi itu mungkin benar-benar ada hubungannya dengan itu jejak karbonbisa diseimbangkan dengan alat ini,” kata Rama.

Rama mengatakan, alat ini bisa dipasang di dalam maupun di luar ruangan. “Kalau dipasang di dalam ruangan bisa menggunakan sinar matahari buatan, dan kalau di luar alat ini otomatis menggunakan sinar matahari untuk fotosintesis alga,” ujarnya.

Kerja sama antara Kemenparekraf dan Qlue ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang diparaf MP Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, dengan Rama Aditya mewakili Qlue disaksikan oleh Sandiaga.

Pariwisata Berkelanjutan

Pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep perjalanan yang dapat memberikan dampak lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi yang berkelanjutan untuk masa kini dan masa depan bagi penduduk setempat dan wisatawan.

Pembangunan pariwisata dengan konsep ini seharusnya tidak hanya melacak jumlah wisatawan, tetapi juga memperhitungkan efek jangka panjang. Terutama untuk lingkungan.

Menurut Sustainable Development Goals (SDGs), terdapat empat pilar pariwisata berkelanjutan, yaitu pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan, mampu menjaga tingkat kepuasan wisatawan dan menjamin keamanan masyarakat lokal di daerah tujuan wisata, serta eksploitasi ekonomi. bagi masyarakat adat, pelestarian budaya bagi masyarakat dan pengunjung, dan pelestarian lingkungan.

Baca juga: 5 destinasi ini telah menerapkan pariwisata berkelanjutan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button