Sekdaprov Jatim Hadiri Grand Final Lomba Sapi Tradisional Madura - WisataHits
Jawa Timur

Sekdaprov Jatim Hadiri Grand Final Lomba Sapi Tradisional Madura

Minggu 16 Oktober 2022 | 16:24 WIB

| penulis:

Buku Catatan: Kuznadi

Surabaya, InfoPublik – Sekda Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Grand Final tradisional Karapan Sapi yang diselenggarakan dalam rangkaian acara RP 77 Moch. Kabupaten Noer Bangkalan, Minggu (16/1022).

Adhy mengatakan Karapan Sapi merupakan produk budaya dan seni yang eksotis serta warisan leluhur masyarakat Madura untuk menambah keceriaan dan hiburan pasca panen padi. Kini semakin membanggakan dan akan meningkatkan harkat dan martabat pemilik sapi di masyarakat, sehingga harus dilestarikan.

“Kita semua harus berpartisipasi bersama-sama agar kegiatan Karapan Sapi menjadi tontonan yang menarik, unik dan berharga yang dapat dijual kepada wisatawan mancanegara sehingga dapat memicu peningkatan kunjungan wisatawan, perekonomian dan kesejahteraan. Selamat berlomba, sportif dan bertanggung jawab,” lanjut Sekda Adhy.

Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan (Bakorwil) M. Gunawan Saleh melaporkan kegiatan ini diikuti oleh para pemenang hasil seleksi Karapan Sapi tingkat kabupaten se-Madura tahun 2020, yang dikarenakan Covid pada 2 (dua) Tahun molor -19.

Ada 24 pasang sapi yang berasal dari Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep dengan masing-masing 6 pasang.

“Ada syarat tambahan yang harus dipenuhi oleh peserta Karapan Sapi yaitu mendapat rekomendasi dari petugas veteriner, sertifikat kesehatan hewan dan sertifikat vaksinasi, minimal vaksin pertama. Jadi semua sudah memenuhi syarat dan layak mengikuti kompetisi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka melestarikan seni budaya di Pulau Madura dan untuk mengisi kalender wisata tahunan dalam mengembangkan budaya daerah dan pariwisata di Jawa Timur.

“Tidak hanya itu, tetapi juga memberikan peluang kepada para pelaku usaha untuk memperkuat perekonomian dan meningkatkan perekonomian masyarakat Madura sehingga dapat mendukung orang-orang optimis di Jatim untuk bangkit lebih cepat,” pungkasnya. (MC Diskominfo Provinsi Jawa Timur/non-idc)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button