Jalur Puncak Cianjur-Bogor tidak dibuka untuk umum, lalu lintas dialihkan ke pertigaan Hanjawar - WisataHits
Jawa Barat

Jalur Puncak Cianjur-Bogor tidak dibuka untuk umum, lalu lintas dialihkan ke pertigaan Hanjawar

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com – Akses jalan nasional yang menghubungkan Bogor dengan Cianjur atau kawasan Puncak belum dapat dibuka untuk angkutan umum.

Pasalnya, jalan nasional di perbatasan Puncak Cianjur-Bogor masih dipenuhi material longsor akibat gempa bermagnitudo 5,6 pada Senin sore (21 November 2022).

Hingga Selasa malam (22/11/2022), lalu lintas kendaraan menuju Kota Cianjur dan Bandung tidak bisa melintas.

Baca Juga: Jalur Puncak Cianjur-Bogor Dibuka, Kendaraan Bisa Lewat

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, pengalihan arus kendaraan di kawasan Puncak Cianjur-Bogor masih berlaku.

“[Rute arus lalu lintas]sedang berlangsung,” kata Dicky saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa.

Dicky menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas itu sebagai upaya meminimalisasi penumpukan kendaraan akibat longsor di Jalan Raya Cugenang, Kabupaten Cianjur, Senin sore.

Bencana tanah longsor menutup akses jalan dari Puncak Bogor menuju Cianjur. Meski Perwira Gabungan sudah membukanya dengan alat berat.

Baca Juga: Gempa Cianjur Terbaru: 40 Rumah Rusak di Bogor, 2 Luka

Namun, angkutan umum belum dibuka karena kondisi material longsor belum dibersihkan secara menyeluruh sehingga membuat jalan menjadi licin.

Selama ini jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Karena itu, pihaknya masih harus mengambil alih pengalihan arus lalu lintas. Kini arah jalan dari Cianjur Kota menuju Bandung dialihkan melalui Cibubur-Jonggol.

Dia meminta masyarakat yang akan menuju Kota Cianjur atau Bandung melalui kawasan Puncak Bogor untuk mengambil jalur alternatif melalui jalan Cibubur, Jonggol Transyogi atau jalan Ciawi, Sukabumi, Cianjur.

Jalur alternatif lurus melewati kawasan Cikalong menuju Bandung.

Dicky mengimbau karena masyarakat yang menuju Cianjur atau Bandung bisa mengambil jalur alternatif yang diinstruksikan petugas.

Pihaknya akan membalikkan arus kendaraan yang menuju Kota Cianjur atau Bandung.

Sementara warga lokal atau pengendara yang ingin ke tempat wisata di Puncak Bogor masih bisa. Kawasan wisata di sana tidak ditutup.

“(Yang mau ke Cianjur Kota atau Bandung) kita redirect ke Simpang Hanjawar,” jelasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button