Pantai Manikin, pantai indah dengan deretan pepohonan hijau di Kupang - WisataHits
wisatahits

Pantai Manikin, pantai indah dengan deretan pepohonan hijau di Kupang

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tarus, tetangga. Kupang Center, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai ini tercatat sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan, anak muda, orang tua dan anak kecil. Hal ini dikarenakan banyak sekali hal menarik yang ditawarkan tempat ini. Pantai Manikin dengan berbagai keunikan dan keindahannya sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Anda dapat dengan mudah menemukan Pantai Manikin dengan mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki keindahan yang hampir sama dengan sejumlah pantai indah lainnya di Bali. Pantai sudah ramai, baik dengan turis maupun penduduk yang tinggal di dekatnya.

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Manikin membuat wisatawan terpukau dengan pesonanya. Keeksotisannya berhasil menarik perhatian wisatawan, sehingga destinasi wisata bernuansa alam selalu ramai dikunjungi wisatawan atau penduduk lokal. Lebih ramai, terutama pada hari libur dan akhir pekan.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Manikin

Model Atraksi PantaiKredit gambar: Petualangan Google Maps 18

1. Pohon hijau hasil dari penanaman seribu pohon

Pantai Manikin, andalan NTT, menarik perhatian pemerintah setempat. Hal ini dibuktikan dengan promosi gerakan berupa penanaman seribu pohon yang dilakukan lebih dari 11 tahun lalu. Saat itu, pemerintah daerah dibantu oleh LSM OICA.

Ada beberapa jenis pohon yang ditanam di pesisir pantai antara lain turi, palem, asam jawa dan kayu ulin. Pepohonan ditanam di sepanjang garis pantai dan berperan penting dalam pertahanan alam terhadap abrasi yang dapat disebabkan oleh ombak yang kuat.

Selain banyaknya pepohonan, wisatawan juga bisa melihat seperti apa proses pembuatan perahu nelayan. Proses pembuatan perahu dilakukan oleh warga sekitar. Bahkan ada perahu nelayan yang ditambatkan di muara dan bisa dijadikan spot foto yang bagus.

2. Memiliki pandangan yang baik

Pemandangan indah Pantai Manikin tidak hanya terlihat saat air sedang tinggi akibat deburan ombak di hamparan pasir pantai. Namun, meski air sedang surut, panorama pantainya terlihat sangat eksotis.

Sepanjang jalan pantai, pemandangan yang disajikan adalah desa dan persawahan. Setibanya di sana, wisatawan akan disambut oleh lautan biru yang berpadu dengan langit baru.

Selain itu, terdapat perbukitan yang semakin menambah keindahan panoramanya. Garis pantai yang membentang sekitar 3 km juga sangat indah. Garis pantai ini juga memiliki karang dan juga potongan batu akik dengan jumlah jutaan dan ukuran yang berbeda-beda.

Kemudian ada juga tanggul alam yang terdapat di sebagian garis pantai. Tanggul merupakan barisan pepohonan yang berfungsi untuk mencegah resiko erosi yang penyebabnya adalah pada saat gelombang laut sedang tinggi.

3. Rumah bagi banyak jenis hewan laut

Perairan Pantai Manikin dijadikan sebagai habitat berbagai jenis hewan laut, salah satunya mamalia paus. Bahkan, perairan laut ini juga dijadikan sebagai habitat buaya air asin. Buaya ini memiliki jenis yang berbeda dengan jenis buaya lainnya karena cara makannya.

Cara makannya adalah dengan makan banyak ikan dari perairan pantai. Meskipun buaya air asin ini hidup di perairan laut, wisatawan tidak akan direpotkan karena buaya air asin ini umumnya menghindari kontak langsung dengan wisatawan.

Di pantai ini Anda juga bisa melihat aktivitas memancing warga sekitar. Kegiatan ini biasanya dilakukan di kawasan Pulau Kera, Pulau Semau dan Tanjung Sulamu saat matahari terbit.

Alamat dan rute perjalanan menuju pantai

Alamat pantai modelKredit gambar: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Lokasi Pantai Manikin berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Kupang. Tempat yang terletak di Desa Tarus, Kecamatan Kupang Tengah ini bisa dikunjungi dengan menyeberanginya menggunakan perahu. Letaknya cukup dekat dengan Pantai Lasiana dan Pantai Nunsui.

Jaraknya cukup dekat dengan pusat kota Kupang, yaitu sekitar 13 km. Wisatawan dapat menempuh jalan dari Larantuka menuju Tanjung Perak Surabaya, sekitar 2100 km. Perjalanan perahu menuju lokasi wisata memakan waktu 1 hari 15 jam.

Rute yang bisa dilalui adalah dari Jalan Timor Raya dengan jarak tempuh 1,9 km. Tidak perlu khawatir karena jalannya sudah beraspal. Dari jalan raya bisa masuk melalui jalan samping SD atau di depan cabang BRI Tarus.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati kawasan perkampungan penduduk sekitar dan hamparan persawahan yang hijau. Sesampainya di pantai, Anda akan disambut oleh perbukitan yang sangat indah.

Biaya masuk ke Pantai Manikin

Biaya masuk ke pantai modelKredit gambar: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Untuk bisa memasuki kawasan Pantai Manikin yang sangat menggiurkan ini, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah per orang. Anda juga harus membayar 2000 rupee jika Anda membawa sepeda motor. Sedangkan jika Anda membawa mobil, Anda harus membayar 5.000 rupee.

Pantai indah ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Sedangkan untuk harga tiket wisata pantai yaitu 15.000 per orang. Harga tiket masuk dapat berubah saat liburan disesuaikan dengan aturan dan kebijakan pengelola pantai.

Aktivitas Seru di Pantai Manikin

Kegiatan pantai dummy yang menyenangkanKredit gambar: Petualangan Google Maps 18

1. Perburuan Foto Instagram

Pantai Manikin memiliki beragam background foto dengan nuansa alam yang cukup menarik. Anda bisa mengambil foto dengan menggunakan background berupa pemandangan laut yang biru, langit biru dengan awan putih dan ditambah dengan pasir pantai yang putih bersih.

Selain itu juga dilengkapi dengan tanggul alam yang tidak selalu ditemukan di pantai lain. Bahkan di sore hari, pemandangan pantai yang dihiasi sunset membuat banyak wisatawan takjub. Ini karena warna langit yang jingga membuat bidikan terlihat eksotis.

Perahu milik nelayan yang terparkir di pinggir pantai menambah eksotisme pemandangan. Saking cantiknya, lokasi pantai ini sering dijadikan spot foto prewedding.

2. Jalan-jalan di kawasan Pematang Sawah

Sebelum sampai di Pantai Manikin, Anda akan melewati kawasan pemukiman dan hamparan persawahan yang hijau. Anda harus berhenti di situ dan berjalan melewati persawahan. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang sayang untuk dilewatkan. Namun, aktivitas ini paling baik dilakukan saat cuaca cerah.

3. Bersantai di pantai

Keberadaan pepohonan yang sangat banyak di Pantai Manikin tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Pasalnya, wisatawan bisa bersantai di tepi pantai yang rindang dengan udara segar dari pepohonan. Anda bisa membawa tikar sendiri karena pantai ini cocok untuk piknik.

Pantai ini cukup direkomendasikan bagi wisatawan yang membutuhkan tempat untuk menyegarkan kembali semangat mendung. Sambil bersantai, Anda bisa merasakan semilir angin pantai, menyaksikan perahu nelayan berlalu lalang, dan mendengarkan suara deburan ombak.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas pantai manekinKredit gambar: Petualangan Google Maps 18

Adapun fasilitas Pantai Manikin sudah terdapat area parkir, wisata kuliner, berbagai spot foto menarik untuk toilet dan kamar mandi. Sejumlah fasilitas tersebut cukup memadai sehingga wisatawan bisa menggunakannya saat datang ke tempat tersebut. Saat liburan, wisatawan bisa mengikuti wisata memasak aneka makanan seperti ubi rebus, jagung bakar, dan pisang rebus.

Ada juga perahu nelayan yang bersandar di pantai. Perahu dapat digunakan sebagai latar belakang foto. Terdapat tanggul alami yang berperan sebagai pencegah erosi yang disebabkan oleh gelombang pantai pada saat air pasang. Tanggul tersebut berisi berbagai jenis pohon rindang.

Semua fasilitas yang bisa Anda nikmati di pantai ini membuat aktivitas liburan Anda semakin nyaman. Selama ini pengelola pariwisata terus merencanakan pembangunan atau pengembangan fasilitas agar lebih baik dan lebih lengkap. Wisatawan juga didorong untuk menggunakan fasilitas dengan benar.

Keunikan Pantai Manikin sangat menarik untuk mengisi liburan Anda. Selain itu, terdapat urukan alam berupa berbagai jenis pohon yang membuat suasana semakin sejuk. Bahkan di kawasan pantai ini tidak hanya terdapat pasir, tetapi juga bebatuan dengan warna dan jenis yang berbeda-beda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button