Longsor akibat gempa menutupi Jalan Nasional Puncak Cianjur-Bogor yang dialihkan ke Hanjawar Junction - WisataHits
Jawa Barat

Longsor akibat gempa menutupi Jalan Nasional Puncak Cianjur-Bogor yang dialihkan ke Hanjawar Junction

Jalan Raya Cugenang, Cianjur, akses Cianjur via Puncak ditutup akibat longsor akibat gempa Cianjur. Rute Cianjur-Bandur dialihkan pada Senin (21/11/2022). (Sumber: Istimewa)

penulis : Danang Suryo | Penerbit : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV – Akses atau pintu masuk Bogor ke kawasan Cianjur atau Puncak masih ditutup untuk angkutan umum. Pasalnya material longsor dengan dimensi M 5,6 akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) memenuhi akses tersebut kemarin.

Kepala Satuan Lalu Lintas Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, pengalihan arus kendaraan di kawasan Puncak Cianjur-Bogor masih terus dilakukan.

“[Pengalihan arus lalu lintas]masih berlangsung,” kata Dicky seperti dikutip Kompas.com, Selasa (22/11).

Baca juga: Gempa susulan di Cianjur terjadi 136 kali hingga Selasa sore, terbesar M 4,2

Longsor diketahui masih menutupi akses jalan dari Puncak Bogor hingga Cianjur. Saat ini, petugas gabungan masih melakukan pembersihan di sekitar lokasi.

Jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua hingga roda empat. Polisi terus mengalihkan lalu lintas ke Cibubur-Jonggol.

Dicky mengimbau masyarakat yang ingin melintasi kawasan dari Puncak Bogor menuju Kota Cianjur atau Bandung untuk menempuh jalur lain.

Baca juga: BMKG: Gempa susulan Cianjur diperkirakan akan berkurang atau berhenti dalam 4 hari

Jalur alternatif yang dibuka adalah Cibubur, Jonggol Transyogi atau jalan via Ciawi, Sukabumi dan Cianjur. Rute ini akan menembus kawasan Cikalong hingga Bandung.

Sementara warga sekitar atau pengendara yang ingin ke tempat wisata di Puncak Bogor tetap bisa melakukannya. Kawasan wisata di sana tidak ditutup.

“(Yang mau ke Cianjur Kota atau Bandung) kita redirect ke Simpang Hanjawar,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Staf Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan, longsor menutup akses menuju Cianjur melalui Puncak.

Baca Juga : Terbaru! 151 korban gempa Cianjur masih dalam pencarian dan identifikasi

Jalan yang tertimbun longsor itu berada di Jalan Raya Cugenang, Cianjur.

“Kami sedang berkoordinasi dengan (BPBD) Cianjur. Anggota juga telah mengunjungi situs tersebut dan kami akan mengabari Anda tentang hasil perawatannya,” tambahnya, seperti dikutip Kompas.com, Senin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button