Disbudpar Jatim Gelar Seleksi Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Disbudpar Jatim Gelar Seleksi Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022

Optimis bangkitnya pariwisata di Jawa Timur

Minggu: 06 November 2022 : 09:20:19


Sekdaprov Jatim Adhy Karyono usai pembukaan pemilihan Duta Wisata Raka Raki 2022 Jatim (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya – Pariwisata Jawa Timur optimis bangkit dan menyambut gaya hidup baru dengan masyarakat era 5.0. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur tidak hanya menciptakan masyarakat berbasis kemajuan informasi dan teknologi, namun pada Sabtu (11/3/2022) memilih Raka Raki Duta Wisata Jatim yang diselenggarakan pada 2022. Malam.

Acara yang digelar di Grand City Convention and Exhibition Surabaya 3-6 November 2022 itu tidak hanya dihadiri banyak peserta dan pendukung, namun juga Sekda mewakili Gubernur Jatim Khofifah dan Forkopimda.

“Pemilu Raka Raki tahun ini yang ke-27 dan akan diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Jawa Timur. Mereka adalah generasi muda yang menjadi aset juga bagi perkembangan pariwisata di Jawa Timur,” kata Sinarto dalam sambutannya.

Indonesia saat ini sedang menuju cara hidup baru, Society 5.0, katanya. Di era Society 5.0, yang menciptakan masyarakat yang berpusat pada manusia dan didasarkan pada kemajuan teknologi informasi.

Menyongsong era 5.0 yang akan datang, generasi muda sebagai sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas perlu diperkenalkan untuk mengembangkan potensinya. Mereka akan berperan dalam memulihkan perekonomian setelah dilanda pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah optimalisasi seluruh sektor pariwisata sebagai sektor lintas sektoral.

“Dalam rangka revitalisasi pariwisata pascapandemi dan kebangkitan industri kreatif, keterlibatan aktif seluruh komponen masyarakat lokal menjadi penting. Salah satu komponen komunitas yang dikenal luas karena potensi kreatifnya yang luar biasa dan keterhubungannya yang terbuka dengan dunia teknologi dan informasi adalah Generasi Milenial atau Generasi Z,” jelasnya.

Keberadaan generasi milenial atau Generasi Z di era digitalisasi tidak hanya dibidik sebagai pasar pariwisata yang potensial baik di luar negeri maupun di dalam negeri, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai saluran periklanan yang efektif untuk mempromosikan tempat wisata “instagramable” berbasis digitalisasi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah, mengatakan raka-raki itu sejalan dengan optimisme Jatim Bangkit, termasuk kebangkitan pariwisata Indonesia. Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan KBRI Khofifah, penghargaan diberikan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022.

“Acara ini menyampaikan pesan dari Gubernur Khofifah dan Pemprov Jatim dan sangat bagus. Ini sejalan dengan semangat Pemprov Jatim: optimis, Jatim pulih, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” kata Adhy.

Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022 diikuti oleh Duta Pariwisata dari 35 kabupaten/kota dengan jumlah peserta 70 (tujuh puluh) orang dan 3 (tiga) orang Duta Wisata dari kabupaten/kota non peserta, antara lain: Cab Sumenep Cab Kabupaten Pacitan . Bondowoso Tahapan Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 adalah sebagai berikut: 1. Pendaftaran Peserta – 3 November 2022 – Pendaftaran Duta Wisata Kabupaten/Kota Jatim pada Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 2 .

Karantina Peserta Duta Wisata – 3 – 4 November 2022 – Karantina merupakan fase dalam pembentukan dan peningkatan wawasan kepribadian dan karakter sebagai Duta Wisata. Masa karantina menjadi poin dalam pemilihan 10 besar nilai finalis Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022.

3. Malam Grand Final – 5 November 2022 – Sebagai ajang penetapan pemenang Raka Raki Duta Wisata 2022 Jatim, dengan kategori antara lain: Jatim Raka Raki 2022 Deputi I Raka Raki Jatim Deputi II Raka Raki Timur Jawa Deputi III Raka Raki Jawa Timur Deputi IV Raka Raki Jatim Raka Raki Berbakat Raka Raki Berpakaian Terbaik Raka Raki Intelijen Raka Raki Favorit Raka Raki Persahabatan

4. Penutup – 6 November 2022 – Rangkaian kegiatan final pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 dan pelepasan peserta Raka Raki Duta Wisata Jatim 2022 kembali ke kabupaten/kota masing-masing. Kriteria penjurian pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 meliputi beberapa aspek, antara lain wawasan mendalam tentang isu pariwisata dan budaya global, keterampilan komunikasi, prestasi, kreativitas dan inovasi dalam pengembangan pariwisata, dan pemikiran dinamis generasi muda Jawa Timur di dunia. pengembangan pariwisata dan budaya daerah di Jawa Timur.

“Harapan besar kami dengan terpilihnya Duta Wisata Raka Raki Jatim pada tahun 2022 nanti, kita bisa lebih optimal dikuatkan sebagai garda terdepan dalam promosi pariwisata Jatim selama menjabat. Pasca pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi para Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 untuk lebih cepat pulih dan menstabilkan perekonomian di sektor pariwisata kembali serta mampu bersaing dengan destinasi wisata lainnya,” ujar Sinarto, Head of East Disbudpar Jawa.

Dengan pemikiran yang dinamis, komunikasi yang fleksibel dan interaktif, kinerja yang menarik, penguasaan dan penggunaan digitalisasi (media sosial), jaringan komunitas yang luas dan bekerja sama dengan instansi terkait untuk mempromosikan pariwisata di Jawa Timur. Selain itu, Ajang Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 merupakan tiket emas bagi para pemenang untuk memajukan karir dan bersaing dalam ajang pemilihan di tingkat nasional dan internasional. Optimis, Jatim bangkit, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Wisata Jaya yang Menakjubkan. (info/rls/merah)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar, sebagaimana diatur dalam UU ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button