Bukan Jogja yang memiliki desa wisata terbaik di Indonesia, melainkan provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan - WisataHits
Jawa Timur

Bukan Jogja yang memiliki desa wisata terbaik di Indonesia, melainkan provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan

Jaringan Probolinggo Jawa Timur – Top 50 Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif/Kepala Badan Pariwisata Industri Kreatif. Sandiaga Uno.

50 Desa Wisata Terbaik ADWI Tahun 2022 diakui sebagai tempat wisata desa terbaik setelah melalui proses kurasi terhadap 500 desa wisata. Kemudian dipersempit menjadi 300 desa liburan hingga tersisa 100 desa liburan dan diseleksi lagi menjadi 50 desa liburan.

Tahun ini (2022) tercatat 3.416 desa liburan sebagai peserta ADWI. Mereka berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Destinasi desa liburan begitu banyak sehingga baru 1.831 yang ikut dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

Selain itu, desa wisata memasuki tahap kunjungan dan evaluasi lapangan. Kunjungan ke 50 desa liburan terbaik, mulai akhir Mei hingga September 2022.

Kunjungan pertama pada 24 Mei di Desa Wisata Keris atau Desa Wisata Aeng Tong-tong di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selanjutnya mengunjungi Kepulauan Riau, kemudian Jawa Timur, Bali dan Jawa Barat.

Pendaftaran ADWI 2022 dimulai 19 Februari – 32 Maret 2022. Peserta mendaftar di website Jadesta dan melengkapi 7 aspek penilaian serta dokumen pendukung. Peserta memiliki waktu hingga 7 April 2022 untuk melengkapi dokumen.

Kategori evaluasi ADWI 2022 terdiri dari 7 aspek. Pertama, daya tarik wisata, keunikan dan keaslian produk wisata yang beragam dan kreatif.

Kedua, berupa homestay yang dinilai sebagai standar kualitas pelayanan dan pelestarian desain arsitektur budaya lokal.

Ketiga, penilaian digital dan kreatif meliputi percepatan percepatan transformasi digital, serta penciptaan dan kepemilikan konten kreatif.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button