Perwakilan Blitar dan Gresik Terpilih Jadi Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 – Kempalan.com - WisataHits
Jawa Timur

Perwakilan Blitar dan Gresik Terpilih Jadi Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022 – Kempalan.com

KEMPALAN SURABAYA: Akhirnya, perwakilan Kota Blitar Muhammad Rizal Afandi dan Kabupaten Gresik Yoraisa Ghany Setiawan ditunjuk sebagai Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022. Pada babak grand final di Convention Hall Grand City Kota Surabaya pada Sabtu malam (5/11) keduanya berhasil mengalahkan wakil kabupaten dan kota lainnya di Jawa Timur.

Saat pemenang diumumkan, mereka berdua tampak bahagia. Baik M Rizal maupun Yoraisa tidak bisa menyembunyikan perasaan mereka. Bahkan, Yoraisa yang kini tercatat sebagai mahasiswa teknik industri Universitas Airlangga (Unair) itu meneteskan air mata. Beberapa kali alumnus SMA Muhammadiyah 10 Gresik itu terlihat menyeka air mata sebelum akhirnya mengenakan selendang Raka Raki Duta Wisata Jatim 2022.

Ketua Tim Mobilisasi PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak kemudian menyerahkan piala dan piagam kepada M. Rizal dan Yoraisa. Senyum muncul di kedua wajah.

BACA JUGA: Disbudpar Jatim Gelar Seleksi Duta Wisata Raka Raki Jatim 2022

M. Rizal Afandi sendiri kini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya Malang bidang ekonomi, budaya dan seni Jawa Timur untuk menghadiri acara ini.

Muhammad Rizal Afandi, perwakilan Kota Blitar yang terpilih sebagai Duta Wisata Raka Jatim 2022 (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, M Rizal telah menghasilkan sebuah pertunjukan yang bisa dibanggakan. Pemuda Scorpio ini menjadi finalis Duta Pangan Jatim 2019 dan pemenang Manhut Jatim 2020.

Sedangkan Yoraisa Yuk Gresik tahun 2021. Putri dari pasangan suami istri Yan Setiawan dan Yetti Kurnia Indah ini juga menorehkan sejumlah prestasi membanggakan selama masa sekolahnya. Diantaranya meraih medali perak di World Innovative Science Project Olympiad (WISPO) 2020. Ia juga meraih Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 dan terpilih sebagai The Best Project Group di 5th Istanbul Youth Summit 2022 .

Selain Gresik, lima besar Raki Jatim 2022 adalah wakil Kabupaten Sidoarjo, Ponorogo, Jember, dan Kediri. Sedangkan untuk lima besar Raka wakil dari Kota Blitar, Kota Malang, Kabupaten Malang, Bojonegoro dan Kabupaten Jember.

Pj Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Sinarto menjelaskan, acara raka raki di Jatim merupakan upaya untuk melibatkan masyarakat. Selain itu, sebagai wadah kreativitas generasi muda, yang secara aktif dan dinamis berkomitmen untuk pengembangan pariwisata dan budaya di Jawa Timur.

Konon Jawa Timur adalah daerah yang sangat luas, sangat banyak penduduknya dan pariwisatanya sangat besar. Oleh karena itu, tentunya membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) untuk terlibat dalam pengembangan dan pertumbuhan Jawa Timur lebih lanjut. Meningkatkan potensi pariwisata dan budaya Jawa Timur.

Yoraisa Ghany Setiawan, perwakilan Kabupaten Gresik yang diangkat menjadi Raki Duta Wisata Jatim 2022 (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono yang hadir atas nama Gubernur Khofifah Indar Parawansa membuka acara Grand Final Raka Raki Duta Pariwisata Jatim 2022. Ia mengatakan Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan salam hangat kepada para peserta dan mengucapkan selamat.

Ia mengatakan, acara Raka Raki sesuai dengan optimisme Jatim Bangkit, termasuk kebangkitan pariwisata Indonesia. Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan KBRI Khofifah, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur tahun 2022.

“Acara ini sangat baik untuk menyampaikan pesan kepada Gubernur Khofifah dan Pemprov Jatim. Ini sejalan dengan semangat Pemprov Jatim, optimis, Jatim bangkit, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” kata Adhy Karyono.

Ia juga menyebutkan salah satu sektor penunjang perekonomian Jawa Timur yang berkembang sangat pesat, pariwisata. Bahkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Timur kini meningkat setelah dua tahun lumpuh akibat pandemi Covid-19.

“Kemarin Januari-September 2021 sampai September 2022 jumlah kunjungan wisatawan ke Jatim meningkat lebih dari 5.000 persen. Ini tentu menjadi indikator bahwa ekonomi bergerak dan itu perlu diserap,” kata Adhy.

Oleh karena itu, ia berharap Raka Raki yang terpilih nantinya mampu mengembangkan pariwisata di Jawa Timur dan mengimplementasikan IKI, yaitu karakter manusia yang memiliki inisiatif, kerjasama dan inovasi.

Bersama Arumi Bachsin, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono dan Pj Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Sinarto, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, anggota Forkopimda Jatim, Ketua Yayasan Putri Indonesia Jatim serta undangan dari Pemkab/ Kabupaten se-Jawa Timur. Hadir pula perwakilan duta pariwisata dari beberapa provinsi di Indonesia. (Dwi Arifin)

Editor: Ayah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button