Pantai Cemara Sadu Jambi - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Cemara Sadu Jambi – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Cemara Sadu salah satu wisata pantai unik di Tanjung Jabung Timur Jambi yang patut untuk dijelajahi. Pantai yang indah ini merupakan tempat migrasi burung dari Asia Timur dan Australia.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi; Kasus: Verifikasi lokasi

Tanah Andalas memiliki ciri khas alam yang unik. Bukan hanya karena deretan pegunungan di tengahnya, tapi pantainya juga tak kalah megah. Di salah satu provinsi terbesar yaitu Jambi, terdapat sebuah pantai yang unik. Tempat ini adalah pantai Cemara Sadu.

Tempat wisata ini terkenal sebagai tempat migrasi berbagai jenis burung dari seluruh dunia. Tak ayal, fenomena ini menjadi nilai tambah bagi wisatawan yang ingin singgah ke sana sekadar untuk menghabiskan waktu luang. Apalagi, ada berbagai hal lain yang menarik pengunjung untuk datang ke sana.

Letaknya yang berada di dekat salah satu taman nasional terbesar di nusantara, bahkan di seluruh Asia Tenggara, membuat kunjungannya semakin menarik. Tidak jarang orang datang ke sana hanya untuk berburu foto. Pasalnya, panorama yang ditawarkan membuat rugi siapa saja yang datang jika tidak melakukan aktivitas tersebut.

Daya tarik Pantai Cemara Sadu

Obyek wisata Pantai Cemara JambiKredit gambar: Twitter Cipto Dwi Handono

1. Migrasi burung di seluruh dunia

Ini adalah daya tarik utama yang membuat orang tertarik untuk datang ke sana. Saat berkunjung ke tempat tersebut, pengunjung dapat langsung melihat berbagai jenis burung yang bermigrasi dari tempat asalnya. Gerombolan hewan ini pasti datang dari negara-negara utara, seperti China dan Rusia.

Namun perlu diperhatikan bahwa wisatawan yang berkunjung tidak selalu dapat menikmati fenomena alam tersebut. Memang migrasi hanya terjadi ketika negara asal hewan ini masih musim dingin. Biasanya hal ini terjadi pada akhir tahun hingga beberapa waktu setelah awal tahun, yaitu sekitar bulan Desember hingga Mei.

Ada puluhan jenis burung yang bisa dilihat oleh warga sekitar dan juga siapa saja yang berwisata ke pantai Cemara Sadu. Kawanan satwa liar telah terbang bermil-mil jauhnya dari asalnya untuk mencari suhu yang tepat untuk mencari makanan dan juga untuk berkembang biak tentunya. Tidak jarang mereka melahirkan di tempat-tempat migrasinya karena sesuai dengan bayinya.

Menurut temuan para peneliti, zona pesisir wilayah Sadu memang menjadi persinggahan ternak selama beberapa dekade. Dengan kondisi dan bentuk bentang alam yang landai dan juga hamparan pasir yang cukup luas, memang cocok bagi sekawanan burung untuk singgah sejenak.

Kawasan Pantai Cemara di kawasan Sadu merupakan bagian dari rangkaian jalur terbang dari Asia Timur menuju daratan Australia. Ini bukti bahwa salah satu tempat di nusantara ini masih dianggap asri dan wajib dijaga keasliannya.

2. Kondisi Alam Pantai Cemara Sadu

Karena lokasi tersebut merupakan salah satu tempat persinggahan burung dari berbagai belahan dunia, maka pemerintah setempat belum mengupayakan pengembangan kawasan wisata tersebut. Diperkirakan kawasan tersebut masih akan digunakan oleh hewan-hewan tersebut untuk menetap sementara selama beberapa bulan.

Pemerintah setempat khawatir jika pembangunan kecil-kecilan dilakukan di beberapa tempat di sana, fenomena indah itu akan hilang. Burung-burung tidak lagi tertarik menggunakannya sebagai habitat sementara. Ini akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar, karena inilah yang membuat domain ini populer.

Langkah ini membuat situasi di sana masih relatif alami di tangan manusia. Pasirnya masih murni di sana dan Anda tidak melihat sedikit pun sampah berserakan. Area pasirnya juga cukup luas sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain dengan leluasa. Namun tetap harus diperhatikan agar aktivitas pribadi tidak mengganggu keberadaan hewan.

Panorama Pantai Cemara Sadu juga menarik banyak orang untuk menjernihkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari. Hal ini tidak mengherankan karena banyak tumbuhan alami yang tumbuh disekitarnya yang membuat suasana menjadi sejuk. Dengan semua elemen yang ada, pemandangan tersebut memang sangat indah. Bahkan tak jarang disamakan dengan tempat di luar negeri.

3. Vegetasi di sekitar pantai

Keunikan tempat wisata ini sama dengan namanya. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai pohon pinus yang tidak hanya menjadi ciri khas pantai, tetapi juga lingkungan sekitarnya. Tumbuhan ini banyak hidup di sana dan menghiasi lingkungan sekitar destinasi wisata.

4. Pasir coklat menggoda

Pasir yang terdapat di tempat wisata ini berwarna coklat tua yang seringkali terlihat hitam. Hal ini menambah eksotisme kawasan tersebut. Dengan luas hampir 500 hektar, sangat luas untuk dijadikan arena bermain bagi para wisatawan yang lalu lalang. Pengunjung bisa leluasa bermain pasir.

5. Suasana sepi dan tenteram

Kawasan tersebut belum dikembangkan lebih lanjut oleh pihak sekitar. Selain untuk menjaga karakter alamnya, juga karena kondisinya yang cukup jauh dari pemukiman manusia. Namun, hal ini semakin menarik untuk dikunjungi karena wisatawan dapat menikmatinya dengan leluasa dalam kondisi yang sangat tenang dan tentram.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Sadu Jambi

Alamat Wisata Pantai CemaraKredit gambar: Twitter Perjalanan

Salah satu destinasi wisata di Pulau Sumatera ini terletak di sebuah desa kecil bernama Sungai Cemara. Terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tepatnya di Kecamatan Sadu, Jambi. Itulah mengapa tempat tersebut dinamakan Pantai Cemara Sadu. Karena letaknya, akses menuju ke sana bisa melalui laut atau darat.

Pantai ini berada di sebelah Taman Nasional Berbak yang merupakan cagar alam lahan basah terbesar di Asia Tenggara. Sebagian besar kawasan konservasi didominasi oleh hutan rawa, sehingga jenis tanahnya adalah gambut. Sebenarnya ada juga pantai yang banyak dikunjungi burung dari luar daerah, namun tujuan persinggahan mereka selalu Pantai Cemara.

Karena letaknya di pesisir timur pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan provinsi kepulauan Riau serta dekat rawa-rawa membuat garis luarnya lembut. Ini harus diperhitungkan saat memutuskan apakah akan mengunjungi tujuan ini melalui darat.

Hal ini karena infrastruktur untuk berwisata ke wilayah tersebut belum sepenuhnya terbangun. Jika Anda berasal dari ibu kota provinsi Jambi, Anda wajib menuju kawasan Nipah Panjang. Tempatnya berada di lingkungan yang sama dengan objek wisata.

Pengunjung dapat menempuhnya dengan berbagai moda transportasi, baik pribadi maupun umum. Jika sudah sampai di sana, perjalanan harus dilanjutkan melalui jalur air. Memang pantai ini berada di daerah berawa dan sangat sulit menggunakan transportasi darat untuk menuju ke titik wisata.

Untuk mengakses seluruh kawasan wisata, pengunjung tidak perlu membayar apapun. Karena lokasinya masih dalam pengembangan, pemerintah setempat belum membangun infrastruktur yang memadai di sana sehingga siapapun yang ingin berkunjung ke tempat tersebut bisa singgah ke sana dengan leluasa tanpa harus khawatir dengan biaya masuk.

Tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi destinasi tersebut, namun pastikan untuk tidak berkunjung saat hari sudah gelap. Hal ini dikarenakan belum adanya infrastruktur yang lengkap, sehingga orang yang singgah di situ hanya melihat kondisi secara samar-samar.

Aktivitas Menarik Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Cemara Sadu

Aktivitas wisata di pantai CemaraKredit gambar: Facebook Jambi, berliburlah.

1. Ambil potret

Ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke objek wisata alam ini. Karena keadaannya yang masih sangat alami, banyak hal yang bisa menjadi objek untuk memotret wisatawan yang sering mengunjunginya. Selain itu, fenomena migrasi yang menjadi ciri khas objek ini juga bisa menjadi background yang cocok untuk gambar yang Anda ambil.

2. Berjalan-jalan di pantai

Selain berfoto cantik, pengunjung juga bisa menikmati keseluruhan kawasan wisata dengan berjalan-jalan menikmati keindahan alamnya. Hamparan pasir yang lembut dan sejuknya angin yang berhembus membuat kegiatan ini wajib dilakukan. Akan sangat rugi jika pengunjung tidak menikmati semua sisi tempat tersebut.

Banyak hal yang bisa dieksplorasi di pantai cantik ini. Selain pasir, pepohonan yang tumbuh di sekitarnya juga menjadi objek yang indah untuk dinikmati. Pengunjung bisa berjalan melewati kawasan pohon cemara yang hidup di sekitar pantai. Sungguh pengalaman yang luar biasa saat berlibur di tempat wisata di pesisir timur Sumatera ini.

3. Berlindung di bawah naungan pohon pinus

Karena banyaknya pohon yang tumbuh disekitarnya, pengunjung dapat menggunakannya untuk berteduh dan menikmati suasana. Kegiatan ini sendiri dapat menjernihkan pikiran dan merilekskan tubuh. Suasana eksotis Pantai Jambi yang sangat hangat memberikan sensasi rekreasi bahari yang luar biasa bagi setiap orang.

4. Kamp

Meski tidak ada penginapan di sekitar pantai, pengunjung bisa bermalam di sana dengan mendirikan tenda bersama teman atau kerabat lainnya. Kegiatan camping memang menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati kehidupan malam di pantai Cemara kawasan Sadu.

Jika Anda sudah menyiapkan tenda kemah, kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat api unggun. Menikmati kehangatan bersama orang-orang spesial yang juga hadir bersama ini memang menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Pada saat yang sama, wisatawan dapat memasak dan menyiapkan minuman panas untuk dikonsumsi oleh rombongan yang berpartisipasi. Dengan cara ini, pengalaman rekreasi menjadi lebih indah dan tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cemara Sadu

Fasilitas Wisata Pantai CemaraKredit gambar: Facebook Iwan Londo

Tempat ini masih kekurangan fasilitas yang memadai seperti destinasi wisata sejenis lainnya. Lokasinya memang cocok bagi mereka yang ingin menjelajahi kawasan yang masih alami dan asli. Namun, setidaknya ada perahu penduduk yang tinggal di sekitar Sungai Cemara untuk orang datang dan pergi.

Keindahan Jambi bisa ditemukan dalam banyak hal, tidak hanya di hutan konservasi. Di pesisir pantai juga terdapat jutaan keindahan alam yang bisa dinikmati masyarakat. Pantai Cemara Sadu adalah salah satu dari banyak tempat di sepanjang pantainya yang akan Anda lewatkan jika tidak mengunjunginya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button