Ratusan peserta mengikuti kompetisi bahasa dan sastra 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Ratusan peserta mengikuti kompetisi bahasa dan sastra 2022

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan siswa dari berbagai tingkat pendidikan ikut serta Lomba Bahasa dan Sastra 2022 Diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kakulturn) Kota Jogja di Taman Pintar, Senin (22/822). Mereka berkompetisi dalam pakaian tradisional di sejumlah kategori kompetitif.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kakulturn) Kota Jogja Yetti Martanti mengatakan kompetisi diadakan dengan tujuan untuk melestarikan tradisi sastra dan mendekatkannya kepada generasi muda. Kelompok sasaran dari kompetisi ini adalah anak-anak muda dari tingkat SD, SMP dan SMK serta masyarakat umum.

BACA JUGA: Cegah Tsunami, Perkuat Sabuk Hijau Bandara YIA

“Seperangkat agenda Lomba Bahasa dan Sastra 2022 merupakan bagian dari kegiatan pengembangan dan pengembangan bahasa dan sastra,” kata Yetti.

Lomba berlangsung dalam beberapa kategori yaitu Macapat di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK; Mendengarkan jenjang SD, SMP dan SMA/SMK; Transkripsi di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK; Baca Geguritan jenjang SD, SMP dan SMA/SMK; sesora jenjang SMP dan SMA/SMK; dan kompetisi untuk acara sekolah/profesional dan masyarakat umum dan mendongeng tingkat umum.

“Total peserta 545 orang, 90 orang akan melaju ke babak final. Secara khusus, kami menyertakan 54 juri yang terdiri dari penulis, sarjana humaniora, praktisi, pendidik, dan elemen media massa. Partisipasi masyarakat pada ajang tahun ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 382 peserta,” ujarnya.

Kepala Bagian Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta (Kundha Kakulturn), Immawati Retno menjelaskan, para kontestan dalam kompetisi ini melalui proses seleksi dua tahap. Tahap pertama dilakukan untuk menyeleksi lima besar nominasi dari masing-masing kompetisi, beberapa di antaranya dilakukan di Taman Pintar pada 8-10 Agustus 2022.

“Khusus untuk seleksi tahap pertama, seleksi akan dilakukan secara live pada hari Senin [22/8/2022] setelah dibuka,” ujarnya.

BACA JUGA: Sportourism, Sport and Tourism to Net International Markets

Seleksi tahap kedua berupa live performance oleh lima nominator dari masing-masing kompetisi. Berlangsung mulai Senin, 22 Agustus 2022 hingga Kamis, 25 Agustus 2022 di area Pythagoras Hall dan taman bermain Jogha Smart Park. Selain itu, tiga peserta teratas maju ke kompetisi tingkat do-it-yourself pada bulan September.

“Kecuali lomba mendongeng yang hanya di tingkat Kota Jogja,” pungkasnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button