Dear travelers, di kaki Gunung Salak di Pamijahan ada agrowisata yang dijamin bisa menenangkan hati. - WisataHits
Jawa Barat

Dear travelers, di kaki Gunung Salak di Pamijahan ada agrowisata yang dijamin bisa menenangkan hati.

SuaraBogor.id – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana bertujuan untuk mengembangkan usaha agrowisata di kaki Gunung Salak di Desa Purwabakti, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tentunya hal ini bisa dimanfaatkan wisatawan asal Jabodetabek untuk mengunjungi wisata alam di kaki Gunung Salak yang terletak di Pamijahan, Bogor.

Ketua Bumdes Bhakti Kencana, Herdiansyah alias Ayong, mengatakan pihaknya menandatangani perjanjian kerja sama dengan Star Energy Geothermal Salak (SEGS), Ltd mulai tahun ini untuk membentuk unit usaha agrowisata seperti tempat wisata dalam lima tahun ke depan.

“Apa yang ditampung, seperti Pelatihan pengurus Bumdes, pengurus pariwisata, pelatihan pengurus homestay, semuanya dibiayai oleh SEGS,” kata Ayong.

Baca Juga: Sambut Akhir Tahun, Village Resort Bogor By Waringin Hospitality Hadirkan Hawaii Night Party Tahun Baru

Menurutnya, kerjasama ini bukan yang pertama kali terjalin. Pasalnya, Bhakti Kencana merupakan salah satu dari enam bumdes yang dibentuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak pada 2018 lalu.

Bhakti Kencana bahkan mendapat dukungan berupa mesin pendingin biji kopi dan mesin pengupas kopi basah pada 2021 berkat perkembangannya yang pesat dibanding lima bumdes lainnya, ujarnya.

Sementara itu, Nungki Nursasongko, Kepala Kebijakan, Pemerintahan dan Urusan Publik di Star Energy Geothermal, Star Energy Geothermal Salak, Ltd. dirancang untuk memberikan dampak positif dalam pelaksanaan program pengembangan masyarakat.

“Semua ini berfungsi untuk menciptakan dan mendukung kehidupan dan mata pencaharian masyarakat di sekitar wilayah operasi kami. Kami berharap inovasi ekonomi yang dirintis bersama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana Kecamatan Pamijahan ini dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bogor dan Jawa Barat,” ujar Nungki.

Terasering Cisalada dikenal sebagai unit usaha agrowisata terbaru yang dikembangkan oleh Bumdes Bhakti Kencana. Terbentuknya wisata tematik berbasis budaya berhasil menjadikan Desa Purwabakti sebagai tuan rumah Jambore Wisata Desa 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Baca Juga: 5 Negara Paling Ramah di Dunia Tahun 2022, Indonesia Raih Posisi Kedua!

Bagi Bumdes Bhakti Kencana, Terasering Cisalada merupakan mesin baru penghasil keuntungan di sektor pariwisata. Sejauh ini, Bumdes mencatat ada 16 destinasi wisata yang dikelola masyarakat desa.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button