Sumedang dianggap sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional - WisataHits
Jawa Barat

Sumedang dianggap sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional

Bisnis.comSUMEDANG – Tim Eksplorasi Investasi Jabar Bisnis Indonesia memulai perjalanan jurnalistiknya yang ditandai dengan pelepasan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Selasa (23/8/2022) di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Dalam itinerary, Kabupaten Sumedang merupakan salah satu daerah yang sedang dijajaki untuk potensi investasi bersama dengan beberapa daerah lainnya seperti Subang, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran hingga Kabupaten Garut.

Kabupaten Sumedang akan menjadi daerah pertama yang dijajaki mengingat potensi yang signifikan baik dari sektor industri maupun pariwisata.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan Sumedang memiliki potensi penuh mengingat letaknya yang berada di pusaran obyek transportasi vital. Dari sisi udara dekat dengan Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat, dari tepi laut dekat dengan pelabuhan Patimban dan dari sisi darat dekat dengan pintu masuk Tol Cisumbawu.

“Di industri kita punya potensi besar, di pariwisata kita tidak kalah bersaing,” kata Dony.

Selain itu, ada juga Kawasan Pusat Wisata Jatigede. Di bendungan yang menjadi tujuan wisata populer itu, kini terdapat berbagai fasilitas wisata unggulan.

“Jatigede juga perlu dijajaki karena ada kawasan yang didesain langsung oleh Gubernur Kang Emil,” jelasnya.

Menurutnya, kawasan Buahdua-Ujungjaya-Tomo (Butom) dibagi menjadi tiga wilayah yang akan dieksplorasi di Sumedang. Pasalnya, menurut Dony, ketiga wilayah tersebut berpotensi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga untuk menopang Indonesia.

“Para ahli dan pengamat menilai kawasan Butom sudah lengkap, sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengubahnya menjadi kawasan industri,” tambahnya.

Tur Investasi Jabar diselenggarakan oleh perwakilan Bisnis Indonesia dari Bandung, berkat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo Jabar), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP Jabar), Bank Kantor Perwakilan Jabar Indonesia, PT Migas Utama Jabar, Bank BJB, PT Jamkrida Jawa Barat, PT IBRM dan Pemerintah Kabupaten Sumedang. (K34)

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: bandung.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button