Kenalkan Potensi Desa Wisata, Dinas Pariwisata Jogja, Pilih Mas dan Mbak Kamwis - WisataHits
Yogyakarta

Kenalkan Potensi Desa Wisata, Dinas Pariwisata Jogja, Pilih Mas dan Mbak Kamwis

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja membentuk dan memilih Mas dan Ibu Kampung Wisata (Kamwis) untuk menampilkan potensi desa di daerahnya. Sebanyak 18 Mas dan Mbak Kamwis telah terpilih dan akan dilantik pada akhir November mendatang untuk menyambut musim liburan akhir tahun.

Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan Mas dan Bu Kamwis sama-sama akan hadir duta merek dari salah satu desa wisata. Mereka diharapkan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan potensi desa liburan.

BACA JUGA: Jalur DAMRI YIA-Palbabang diperpanjang hingga Makam Raja-Raja

“Ini juga semacam roda pembaharuan, karena pengelola di desa liburan sudah tua dan terus berjalan. Bersama ibu dan adik ini, kami membuat pembaharuan yang bisa menjadi penerus dari pengelolaan desa liburan,” ujarnya. Wahyu, Selasa (15/11/2022).

Mas dan Mbak Kamwis bertugas memperkenalkan potensi desa masing-masing kepada pengunjung desa wisata. Mereka juga bisa menjadi resepsionis saat kegiatan berlangsung di desa liburan. Mereka diharapkan memahami potensi dan sejarah desa wisata di setiap lokasi.

“Pada liburan akhir tahun, kami juga akan menempatkan mereka di tempat-tempat yang dapat memberikan informasi kepada pengunjung tentang pariwisata keramahan Mereka terus membaik,” katanya.

BACA JUGA: Warga Yogyakarta! Ada 3.914 tawaran pekerjaan di Virtual Job Fair 2022

Koordinator Desa Wisata Warungboto Purnomo mengatakan proses pemilihan Mas dan Mbak Kamwis sudah selesai akhir pekan lalu. Sebanyak 11 peserta yang mengikuti proses seleksi diseleksi melalui tes tertulis dan wawancara. Mereka juga diminta menyampaikan program kerja jika terpilih menjadi Mas dan Mbak Kamwis Warungboto.

“Aspek yang kami nilai meliputi kepribadian, bakat, kreativitas dan kepemimpinan, serta pengetahuan tentang pariwisata. Ini merupakan angin segar bagi desa wisata di Jogja dan terobosan yang baik dalam menarik minat generasi muda untuk pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button