Curug Bidadari, air terjun yang mempesona di Sentul Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Bidadari, air terjun yang mempesona di Sentul Bogor

Curug Bidadari adalah salah satu air terjun terindah di Sentul Paradise Park Bogor. Destinasi rekreasi yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan fasilitas lengkap.

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bogor memiliki berbagai tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata Anda. Salah satunya Curug Bidadari di kawasan Sentul, Bogor yang wajib dikunjungi.

Tempat wisata ini memiliki keindahan dan keunikan yang tidak dapat ditemukan di destinasi lainnya. Liburan ke sana tentu akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Air terjun atau air terjun ini disebut bidadari karena sering kali ada pelangi di atasnya. Percikan air terjun yang mengalir hampir selalu menciptakan fenomena pelangi. Pelangi dianggap sebagai jalan bagi bidadari yang ingin mandi menikmati air terjun.

Objek wisata air terjun Sentul Angel

Atraksi Air Terjun BidadariKredit gambar: Twitter Kami & Bogor

Tempat wisata yang luasnya lebih dari 6000 km2 ini memiliki beberapa hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Destinasi yang kini menjadi primadona di kawasan ini memiliki keindahan alam yang disuguhkan dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang datang ke sini.

1. Panorama alam yang indah bak surga

Keindahan tempat wisata ini selalu bisa memukau siapa saja yang datang. Keindahan alam yang mengelilinginya membuat pengunjung semakin terpukau untuk berkunjung.

Panorama alam tempat ini menampilkan kolaborasi antara air terjun, pepohonan di sekitarnya dan wisata air di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa panorama yang terjadi akan memukau mata orang yang melihatnya dengan keindahannya.

Pemandangan menjadi lebih indah ketika pelangi muncul saat matahari bersinar. Air terjun ini menghasilkan beberapa percikan air. Tetesan air yang jatuh menyebar akan memantulkan sinar matahari membentuk pelangi

2. Air tawar dan dingin

Meski sebagian besar fasilitas Curug Bidadari adalah buatan manusia, namun air yang mengalir di sini masih alami. Tidak seperti tempat wisata air lainnya, air di sini selalu murni tanpa campuran bahan kimia.

Pengunjung akan merasakan sensasi sejuk dari air yang ada. Kunjungan wisata ini tidak akan lengkap jika tidak merasakan air yang mengalir melewatinya. Sensasi pendinginan alami dapat dengan mudah dirasakan saat pertama kali mencobanya. Tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hulu sungai yang mengalir ke air terjun ini adalah Sungai Cikeas yang berasal dari Gunung Gelis. Daerah ini disebut Bukit Pelangi karena tujuan wisata ini.

3. Keindahan batu di bawah air terjun

Curug Bidadari terkenal dengan keberadaan bebatuan di kaki air terjun. Batunya cukup besar. Ini adalah ikon dari tujuan eksotis ini. Pengelola telah menambahkan jembatan di dekat batu sehingga pengunjung dapat mendekatinya ketika ingin mengaksesnya.

Batu itu sudah ada sejak lama. Padahal, batu ini berada di bawah tanah dari kolam di sekitar air terjun. Sebelum pembangunan tempat ini, batu itu masih terkubur dalam-dalam di bawah air.

Pengelola mengangkat batu agar pengunjung bisa menikmati air terjun dengan lebih nyaman. Batu split yang tampak eksotis memang menjadi jalur bagi pengunjung untuk langsung menyentuh air terjun.

4. Berbagai wahana menarik

Tempat wisata ini menawarkan beberapa wahana yang bisa dicoba pengunjung. Berbeda dengan wisata sejenis lainnya, destinasi di Bogor ini tidak hanya menawarkan pengalaman berada di air terjun yang indah dan eksotis.

Di sekitar cekungan air yang berada persis di bawah air terjun sudah dipasang pengelola. Kolam renang di sekitar air terjun didesain sebagai pantai pasir putih yang indah. Pasir di sini didatangkan langsung dari Pulau Belitung. Keunikannya akan memukau setiap orang yang datang melihatnya.

Hamparan pasir putih seperti pantai lautan membentang sekitar 150 meter. Kolam renang tidak hanya tersedia untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak.

Di sisi kiri ada kolam renang yang cocok untuk anak-anak. Kedalamannya hanya sekitar 30 cm. Sedangkan kolam dewasanya sendiri memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Terdapat berbagai fasilitas seperti pelampung, sepeda air, perosotan seperti waterpark.

Padahal, Curug Bidadari sebenarnya berada di taman air Sentul Paradise Park. Seluncuran air yang khas terletak di ujung kolam yang menyegarkan. Bermain di air yang sejuk merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat berkumpul bersama keluarga, teman atau kerabat lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi wisata air terjun Bidadari

Lokasi air terjun BidadariKredit Gambar: Instagram Mengerang

Destinasi pilihan saat datang ke Bogor terletak di Jalan Sentul Paradise Park. Lokasinya berada di sebuah desa bernama Bojong Koneng, yang menjadi asal mula nama tempat wisata ini sebelumnya. Sebelum disebut Curug Bidadari, sirkuit ini disebut Curug Bojong Koneng sesuai dengan desa tempatnya berada.

Wisata ini terletak di kecamatan Babakan Madang. Wisata alam ini menjadi pilihan yang tepat saat berkunjung ke Bogor, Jawa Barat. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Jakarta. Pengunjung bisa berjalan antara 2 hingga 3 jam tergantung kondisi jalan apakah macet atau tidak.

Jarak sirkuit Sentul yang menjadi kebanggaan Indonesia ini sekitar 20 kilometer. Jaraknya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah jika menggunakan mobil. Pengunjung hanya perlu menyeberang jalan tol dan keluar dari tol Sentul Selatan. Setelah keluar, langsung belok kiri ke Jungle Land Sentul atau sering disebut Sentul Nirwana.

Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan perempatan dan belok kiri yang merupakan jalur menurun. Setelah berjalan beberapa saat, Anda akan menemukan pertigaan jalan dan pengunjung harus mengambil jalur yang benar menuju Rainbow Hills.

Setelah itu Anda akan menemukan terowongan kecil dan sampai di pertigaan.Ada sebuah tanda, lalu ikuti saja jalan menuju Danau Cikeas sampai Anda menemukan tanda yang lain. Belok kiri saja menuju lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bidadari Bogor

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bidadari BogorKredit Gambar: Instagram Dicky Pratama Sadikin

Untuk mendapatkan akses ke kunjungan, Anda harus membayar sejumlah biaya tertentu. Namun, tidak perlu khawatir karena biayanya relatif sama dengan wahana wisata sejenis. Tiket masuk di sini bervariasi menurut hari. Dari Senin hingga Jumat, pengunjung hanya perlu membayar Rp25.000 untuk membeli tiket masuk.

Sedangkan untuk weekend, Sabtu dan Minggu harga tiket naik menjadi Rp 40.000, jika ada masa libur seperti akhir tahun, tiket masuk naik lagi menjadi Rp 50.000. Semua wisatawan wajib memiliki tiket, ini juga berlaku untuk anak kecil yang sudah mencapai usia 5 tahun.

Tempat wisata kebanggaan Sentul Bogor ini buka dari pagi hingga malam. Wisata bahari buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.30 WIB. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir.

Tarif parkir di tempat-tempat ini cukup murah karena hampir sama dengan yang ada di tempat wisata sejenis. Untuk mobil, Anda perlu membayar Rp 10.000, sedangkan sepeda motor roda dua membutuhkan ongkos Rp 4.000 saja sebagai biaya parkir.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Bidadari

Aktivitas di Air Terjun BidadariKredit gambar: Google Maps Antonio Bruce Tius

1. Menikmati keindahan alam di sekitar air terjun

Berkunjung ke tempat yang sangat indah tentunya tidak lengkap jika tidak menikmatinya sambil jalan-jalan. Lokasinya cukup cocok bagi wisatawan yang ingin berkeliling menikmati alam sekitar.

Alam di sekitar wisata air terjun populer ini begitu indah sehingga bisa membuat hati tentram dan liburan menjadi semakin berkesan. Keindahan alam berpadu dengan keindahan air terjun. Suasana semakin menarik ketika pelangi muncul tepat di samping air terjun yang mengalir cukup deras.

2. Bermain air

Ini adalah kegiatan wajib ketika Anda datang ke tempat wisata yang unik. Konsep sirkuit ini memang didesain sebagai waterpark atau waterboom. Pengunjung yang datang memang bisa leluasa menikmati air yang mengalir melewatinya.

Kolam di sekitar Curug Bidadari juga memiliki hamparan pasir putih alami yang membuat suasana cocok untuk bermain air. Wisatawan juga merasakan mandi secara tidak langsung dengan airnya yang menyegarkan.

3. Manfaatkan wahana yang tersedia

Berbagai wahana tersedia seperti flying fox dan perahu tangan. Pengunjung dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada. Tentu saja, ini adalah kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan ketika datang ke tujuan yang luar biasa ini.

Pengunjung tidak akan bosan menghabiskan waktu di sini. Ada juga kolam renang yang dibuat untuk anak kecil dengan kedalaman hanya 30 cm. Tentunya hal ini memungkinkan semua orang untuk menikmati air terjun dengan aman dan nyaman.

4. Ambil foto Ria

Kegiatan ini wajib dilakukan jika Anda berkunjung ke tempat tujuan. Banyak titik di tempat ini yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen. Panorama yang ada dapat membuat pengambilan gambar menjadi lebih indah dan sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang tersedia di Curug Bidadari Sentul

Fasilitas Air Terjun Sentuli BidadariKredit gambar: Google Maps Tri Adinugroho

Pengelola menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Tidak hanya tempat parkir dan kamar mandi, tempat ini juga menawarkan berbagai persewaan seperti pelampung.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan yang disajikan di aula kuliner. Ada juga flying fox dan tempat terapi ikan-ikan kecil yang memakan kotoran di kakinya. Berbagai hal bisa dinikmati pengunjung.

Curug Bidadari di Sentul Bogor tidak hanya menyimpan keindahannya yang luar biasa. Berbagai hal ada di sini dan tersedia untuk pengunjung. Rasanya kurang lengkap jika mengunjungi kawasan Sentul tanpa mengunjungi tempat wisata yang menakjubkan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button